Aku dan Hypnobirthing :”)

Kalo dari artikel2 yg dah kuposting sebelomnya2, isinya kebanyakan teori, skarang mau coba posting hypnobirthing berdasarkan persepsi aq

Aq belajar hypnobirthing dari buku “Melahirkan Tanpa Rasa Sakit” dan “Mencerdaskan Anak Sejak Dalam Kandungan” baca n praktek lewat CD…bisa juga yg mau ikut kelas hypnobirthing…tp biayanya mpe 800rb

Inti dari #Hypnobirthing , yaitu agar ibu hamil menjalani kehamilan dengan tenang, ikhlas dan nyaman sampai melahirkan..Jadi #Hypnobirthing bagus jika dilatih sejak awal kehamilan (trimester 1) agar ibu tetap tenang dan rileks, demi kesehatan ESQ janin. Tetapi tdk ada kata terlambat jika ibu baru memulai saat kehamilan di trimester akhir, yg penting cukup waktu utk berlatih & belum lahir🙂 yg penting kudu komit…karna ga gampang lho bun nyisihin waktu buat relaksasi

Seperti judulnya, metode dasar memang berupa hipnosis dimana cara latihannya adalah relaksasi… tidur.. memejamkan mata…buat bisa mencapai relaksasi mendalam (masuk ke pikiran bawah sadar qta lebih dalem) bisa ditempuh dengan rangkaian fokus diri, bernafas rileks, relaksasi otot, relaksasi pikiran, lalu masukin afirmasi/sugesti positif qta soal kehamilan, dedek yg tumbuh sehat, sampe persalinan yg lancar. Awalnya emg agak susah fokus..tapi dengan komit yg tinggi, dilakuin sekali sehari (biasanya sebelom tidur)..InsyAllah bisa..jangan lupa tiap kali relaksasi dilakuin,,berdoa mohon kemudahan..berniat buat rileks saat ini dan seterusnya dalam hidup mpe persalinan berjalan lancar

Latihan Fokus Diri

Awalnya bisa melatih buat fokusin diri pake pendulum…pendulum itu bisa dibuat sendiri..kalo aq pake liontin digantung pake benang..di gantungin sejajar mata…trus qta merem dulu..tarik napas dalem dibuang lg…bgitu trus mpe krasa rileks..trus dibuka matanya n mule ngasih sugesti ke diri qta buat gerakin bandulnya ke kiri, kanan, muter kiri, muter kanan. Canggih lho karena ternyata kekuatan pikiran yang bisa mengatur sel2 dalam tubuh itu adalah benar… makanya pendulum/bandul bisa gerak dgn pikiran

fokusin pikiran juga bisa dilatih dengan duduk sila tangan di paha terbuka ke atas sambil merem, trus mule tarik nafas dalem berulang-ulang2 mpe mule kerasa rileks, trus mule tanemin sugesti ke diri kita buat gerakin tangan qta kemanapun dia mau..kalo aq biasanya lebih ngarahin ngasih energi positif ke dedek…AJAIB ..believe it or not…si kedua tangan bgerak ke arah perut…trus tanemin sugesti supaya ngasih energi positif ke dedek biar dedek sehat, sempurna, pinter, cerdas, tenang, dan positif…AJAIB lagi…kedua tangan tadi begerak muterin perut lho >,< kalo dah dirasa cukup ,diudahin deh latihan itu…kembaliin posisi tangan ke posisi semua dan kembaliin kesadaran qta ke posisi awal…trus buka mata…segerrrrrr rasanya.

Belajar menyingkirkan sampah energi dengan pendalaman relaksasi menggunakan gerakan lengan juga kita lakukan… buang sampah emosi jauh2..Karena sejak kecil, kita menyimpan sampah emosi yang kurang baik untuk energi tubuh sehingga pengaruh pada kesehatan fisik dan batin lho

Latihan Relaksasi Pikiran

Relaksasi pikiran ini buat ngebuang semua pikiran2 negatif ato beban2 yg ada..bisa dilakuin sambil berbaring…trus menatap ke satu titik secara trus menerus..tanpa sadar kelopak mata mule ngedip…mule lemes…mule berat…dan dalam hitungan ke-3 mata ditutup perlahan

Latihan Bernapas Rileks

Lalu belajar cara pernapasan yang rileks dan menenangkan tubuh… sebagai awal dari proses relaksasi hypnobirthing, karena ini sangat penting. Cara bernafas rileks…intinya tarik napas dalem sambil merem, rasain udara masuk seolah2 itu adalah energi positif yg masuk ke tubuh lewat dada ngalir ke perut dan ke seluruh tubuh, perut dikembungin,trus kluarin napas sambil bayangin kalo udara yg dikeluarin adalah energi negatif, ketegangan, beban pikiran, dan kesedihan…hembuskan nafas perlahan…bisa jiuga saat tarik nafas bilang “RI” trus pas hembusin nafas bilang “LEKS” atau bisa juga pas tarik nafas sambil mule ngitung “satu…dua…tiga..” trus pas selese hembusin nafas dijungnya qta sebut “satuuuuuuuu…” nafas brikutnya “duaaaaa…” begitu seterusnya

Latihan Relaksasi Otot

Latihan ini dilakuin serangkaian ya ma nafas rileks dan relaksasi pikiran supaya bisa mencapai relaksasi mendalam…justru dimulai dengan merasakan ketegangan otot yg biasa qta rasain…bisa dengan ngangkat kaki qta ke atas,,trus mule rasain ketegangan otot di paha,betis, kaki, perut, dada, tangan (kedua tangan dikepel),leher, kepala…nah abis itu mule dilepas ketegangannya dengan meniup napas (kaki yg tadinya dinaekin sama tangan yg dikepel dikembaliin ke posisi normal ya, sambil membayangkan ngelepas ketegangan mule dr kepala, leher, tangan, bahu, dada, perut, paha, betis, kaki, mpe ujung jari…rasain kenikmatan rileksnya otot…disatuin ma rileksnya napas…maka qta bisa masuk ke alam bawah sadar qta lebih dalem lagi (relaksasi mendalam)

Komunikasi dengan Janin

Dengan hypnobirthing, kita belajar juga untuk berkomunikasi dengan janin.. karena janin bisa jawab lho..Berkomunikasi dengan cara yang benar, tenang dan ikhlas sangat penting .. ditambah energi yang bersih sehingga si janin pun mau komunikasi.

Cara komunikasinya kalo aq biasa dengan berbaring miring ke kiri (secara ini posisi paling bagus buat dedek) bisa dengan posisi duduk, baring telentang, pokoknya posisinya yg paling nyaman buat qta.. trus mule merem…tarik napas dalem beberapa kali…bersugesti seolah2 masukin energi positif dan nyebarin ke seluruh tubuh,termasuk dedek…bersugesti “aku tenang…aku rileks…aku nyaman…aku bahagia”..bersugesti kalo dedek jg bisa ngerasain ketenangan dan kenyamanan itu….rileksasi otot mule dari kepala sampe ujung kaki…rileksasi pikiran..kalo ada pikiran laen masuk…jgn dilawan…cukup diarahkan ke arah relaksasi yg lg qta lakuin..ujung lidah juga diletakkan di belakang gigi atas, ditempelin ke langit2 mulut mpe ga jarang mpe nganga tuh mulut tp itu nandain kalo otot rahang dan mulut rileks…kalo otot rahang n mulut rileks, otot vagina juga rileks lho^^ nah dalam keadaan relaksasi mendalam itu bisa langsung ajak ngobrol dedeknya…kalo yg biasa ngehayal, bisa dibayangin kalo qta ada di tempat favorit qta yg tenaaaang…ato bisa juga bayangin ada gelembung yg keluar depan perut ato dada qta dan di dalemnya ada dedek…bayangin bayi utuh ya bun…obrolan bisa dimulai dengan kata2 “anakku sayang…” buat ngeyakinin, minta dedeknya nendang perut bunda kalo emang bisa ngerasain kehadiran bundanya dan bisa dilanjutin dengan nasihat2 supaya tumbuh sehat, pinter, ngebantu pas proses persalinan dll…jgn lupa sampein rasa trimakasih qta sama dedek krna dah dateng ke kehidupan qta..sampein kalo qta sayang sama dedek…selese komunikasi…minta dedeknya buat tidur dengan nyaman n tenang di rahim qta…trus tarik napas lagi…kembaliin kesadaran…n buka mata deh^^ Pada saat praktek komunikasi, sebagian besar bayinya malah langsung gerak2 ikut jawab lho… berarti dia senang khan🙂

Hypnobirthing Saat Persalinan

Saat proses awal kontraksi , selalu inget berdoa dan niat. tenangin pikiran. Pas Awal pembukaan, kontraksi masih dateng dengan tenggang waktu yg cukup lama sekitar 15-30 menit sekali. Siapin mental dan fisik. mulei dengan bernafas rileks, fokus, relaksasi otot, relaksasi pikiran, lalu setelah merasa rileks…coba masukin afirmasi positif ” Sebentar lagi aq bertemu anakku..biarkan ia lahir dengan sehat dan selamat…biarkan aq mendengar tangisannnya yg kuat…aku menghadapi proses persalinan ini dengan nyaman..Sensasi gerakan rahim kulewati tanpa kusadari…pembukaan berlangsung cepat dan lancar…aku tenang dan rileks selama proses kelahiran ini berlangsung…” Saat kontraksi makin kuat, pejamkan mata dan cobalah rileks dan mengucapkan afirmasi “aku bisa melewati sensasi ini…sama seperti ibuku melahirkan aq ke dunia..aku melewatinya dengan tenang…supaya anakku tetap sehat…” jangan lupa diselingin doa permohonan keselamatan. kalo mule ngerasa rileks saat kontraksi dan ngantuk, tidur aja gpp…buat simpen tenaga buat ngeden. Tapi kalo tetep sadar n ingin tetep berada pada kondisi rileks yg mendalam di sela2 kontraksi, bisa pejamkan mata walo tetep sadar akan sekeliling. tetep tenang dan rileks…lakuin bernafas rileks dengan cara menghitung nafas (seperti yg aq jabarin sebelumnya) dan bersugesti smua rasa sakit hilang ,dikeluarkan bersamaan dengan hembusan nafas..saat pembukaan sudah hampir lengkap, akan datang persaan pengen ngeden. Tahanlah..karna kalo dipaksakan ngeden sebelom bukaan lengkap, akan merobek vagina. Bisa dengan memposisikan badan nungging sepeti sujud..dada, tangan, pipi nempel ke kasur..trus tarik napas panjang dan buang dengan nafas pendek 4 kali. Nah saat pembukaan udah lengkap…berdoalah trus sambil persiapin niat…buka mata saat ngeden. Tekuk kaki ke atas ke arah badan kita, kedua tangan merangkul paha, kepala diangkat menghadap vagina qta, gigi ketemu gigi, Diiringin dengan nafas tratur, rasakan saat kontraksi dateng dan mule ngeden sekuat mungkin, masih dengan mata terbuka. tarik napas panjang saat kontraksi ilang, tetep tenang dan rileks…truskan ngeden sekuat tenaga saat kontraksi datang, rasakan kepala bayi anda mule keluar . Jika kepala udah mule keluar…saat menegluarkan bahu dan anggota tubuh bayi yg lainnya, jgn ngeden…cukup dengan napas panjang dan dibuang dengan nafas pendek berkali2…demikian diulang trus…nikmati smua prosesnya dan selamat jadi ibu ^^

Mungkin buat beberapa org, hypnobirthing ini ga bisa ngilangin rasa sakit pas melahirkan (tapi ada yg bisa lho tanpa rasa sakit), tapi dengan hypnobirthing, rasa sakit yg terasa tidak akan begitu kuat sampe membekas jd trauma. Tetep bertenaga saat pertama kalinya ketemu dedek^^

hypnobirthing sendiri udah banyak ngasih pengalaman2 lucu…tiap latihan relaksasi di rumah , tiap hari ngajak ngobrol dedek,,dan lucunya dedek slalu ngasih respon brupa tendangan di perut tiap diajak ngobrol…lucuuuu…ada lg yg lucu pas dipriksa doppler waktu senam hamil,,,dedek dicariin kemana2 ma bidan ga ktmu, mugkin lagi bobo ato pas tengkurep…akhirnya aq ajakin ngobrol dedek “nak…balik sebentar ya badannya,,mau dipriksa dlu jantungnya ma bu bidan,nti abis dipriksa boleh bobok lg deh…” abis itu aq taro tangan di prut dan langsung kerasa detak jantung dedek (yeayyyyy berhasil relaksasi aq slama ini)…mpe bu bidan berdecak kagum >,<

ini share2 pengalaman2 hypnobirthing ku aja…cuma yg hypnobirthing persalinan belom ngalamin…baru kujelasin dari buku digabung ma teknik2 yg sebagian kutau…kalo hypnobirthing selama kehamilan udah kulakuin…dan alhamdulillah jd orang yg lebih positif dan tenang…selama hamil pun ga ngalamin ato ngeluhin keluhan2 hamil berkepanjangan…semoga membantu^^

One thought on “Aku dan Hypnobirthing :”)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s