Aku dan Senam Hamil >,<

waktu dulu belom hamil, sering liat di tipi2 kalo ibu hamil itu pasti ngelakuin senam hamil…dan ngeliatnya lucuuuuuu banget , gi buncit buled gitu trus senam.,..hihi pengen nyoba deh pas lagi hamil :p ditambah badan brasa kaku…napas engap n berat (brasa ga banget gitu XD) jadi deh gugling mule kapan senam hamil bisa dilakuin n dimana RS yg nyediain senam hamil di Tangerang yg lumayan deket rumah…ternyata senam hamil dah bisa dilakuin dari mule trimester 2 (ini kata mbah gugle) waktu gugling dah bulan ke-5 so smangat deh mau mule kelasnya…dicari2 ada 2 RS yg ada kelas senam hamilnya… RS Melati di jl.merdeka Tangerang ma di Hermina Tangerang…

nah…sebelom belanja bulanan, ngecek dlu nih mampir ke RS Melati yg kata mbah gugle biayanya cuma 10rb ajah, jauh lebih murah drpd Hermina yg 25rb kkk (tetep ga mau rugi) :D…nanya2 soal senam hamil…eh ternyata mereka lagi renovasi gedung, so kelas senam hamil sementara ditiadakan…akhirnya diputusin deh bakal di Hermina aja..karna lumayan jauh akhirnya nunggu jadwal kerja ayah yg sesuai n bisa nganterin…n akhirnya baru kesampean stelah masuk bulan ke-6 huhuhu telat ga ya baru ngikut sekarang pikirku…

nah trus nelp deh daftar ke Hermina..karna sebelomnya aq dah pernah cek ke Hermina pas hamil anak pertama & kedua…termasuk periksa hamil dedek yg sekarang pas awal2 hamil di minggu ke-11…dataku dah ada disitu..yap ternyata sesi 1 penuh sodara2…dapetnya sesi 2…oke baiklah…asal masih bisa ikut…

Di Hermina jadwal senam hamilnya tiap sabtu bunda^^ ada 2 sesi…sesi 1 dari mule jam 10.00-11.00 sesi 2 dimule jam 11.00-12.00. Buat Pasien Hermina Rp 15.000,-; buat pasien luar Hermina Rp 25.000,- ^^

Begini alurnya kalo pengen ikutan senam hamil di Hermina

Daftar senam sehari sebelumnya by phone, nanti kita akan dikasih nomor.
Sabtu paginya, kita datang ke bagian pendaftaran, nanti dikasih kertas bukti kita udah daftar sebelumnya, lalu bayar ke kasir.
Trus kita ke bagian timbang BB dan ukur tensi, kemudian langsung ke ruangan senam hamil. Ganti baju ke seragam senam, lalu senam selama 1jam meliputi senam yoga, pilates, dan hypnotherapy dengan panduan seorang bisan. Setelah selesai senam, bidan akan mendatangi kita satu persatu, diraba bagian kepala babynya apa sudah di posisi bawah, lalu dipasangi alat doppler untuk mendengarkan dan mengukur detak jantung sang baby, kita juga bisa sekalian konsultasi mengenai keluhan atau apapun mengenai kehamilan kita. Selesai itu, kita ganti baju, ambil minum dan snack, lalu pulang deeeehhhh.

Senam Hamil 1 (2 Maret 2013) usia kehamilan 24 minggu

semangat doooong akhirnya hari Sabtu dianter ayah..waktu itu ayah kerja shift 2 masuk jam 12 siang …jadi bisa anter doang, pulang sendiri pake angkot …ga masalah hehe…kasian ayah malemnya kurang tidur krna baru plg jam 1an..pagi2 harus nganter bunbun huhuhu makasi banyak sayang….eh pas dianter, pas deket hermina ban motor bocor lagi …awalnya kepikiran buat batalin senamnya…tp ayah bilang bunda masuk aja,biar aq yg cari sendiri tempat tambal ban’n…kasian banget ngeliat ayah dorong2 nenteng motor sendiri nyari tukang tambal…pengen nangis…sedih..

Aq langsung masuk ke resepsionis meja registrasi…langsung bilang mau senam hamil trus dikasih kertas pendaftaran n langsung ke loket bayar…ternyata karna aq dah pernah berobat kesana n datanya dah terdaftar..bayarnya bukan 25rb tapi 15rb aja sodara2…yipppiiii ^_________^ dengan prasaan excited teramat sangat tapi juga sambil mikirin si ayah yg ban’n bocor T,T jalan deh ke tempat penimbangan badan , dicek berat n tensinya, BB = 55,95 dan tensi 110/70 …tensi normal tapi BB ku ga naek dari pas cek hamil 5 bulan kemaren…nampaknya smua berat badannya lari ke dedek…sehat banget anakku…

Beres timbang dan tensi, naek ke lante 2 ke ruang senam hamil…eh ternyata ada kursus pra persalinan dan aq ga tau ada kursus itu huhuhuhuhu rada sebel krna pas masuk udah masu selese…ternyata kursus persalinan diadain tiap sabtu minggu 1 dan 3 diantara sesi 1 dan 2…oke bertekad senam hamil suatu saat nanti harus kebagian kursus ini…

yg ikutan kursus ini banyak , beserta the suami jg boleh masuk…sempet sedih krna dateng sendirian tnpa ayah, sedang yg laen didampingin..tp gpp next kursus insyAllah bisa ^^ langsung bbm ayah soal status motor n keadaaannya, ternyata dah dapet tambal ban n telat masuk kantor (maap sayang T,T)…

trus ujug2 aq masuk ruangan telat dateng n terlihat perutku paling kecil dengan baju model anak mall bukan ibu hamil langsung duduk paling depan (pdahal kurus dah mau udahan) sempet diliatin dengan mata mlongo mule dari dokter, bidan, mpe ke ibu2 yg dateng XDDD,, n sempet ngerasa di judge dengan pandangan mata yg kyk ngomong “ini ngapain anak kecil masuk2 kelas ibu hamil hahahha” tapi cuek aja duduk sambil celingak-celinguk :p

ga lama kursus selese dan ibu2 hamil yg ikut sesi 1 beserta semua suami keluar, tinggal ibu2 sesi 2 dooong…dan mule ngecup matras masing2…ada beberapa yg ganti pakean…ada yg ga…aq putusin buat ganti seragam dari RS biar lebih apdol gitu, brasa senam hamilnya kkk…n ga lupa poto2 dulu sebelom senam hahahah (teteeeeep)IMG-20130302-00004

setelah pake seragam senam hamil Hermina n poto2 deh :p

ga lama ibu2 laen pada dateng n dasar nama2 emak2 kalo dah dikumpulin jadi heboh ahhahaha…ga lama dateng deh bu bidan…namanya bidan Cesilia. Bidan Cesilia ini doyan banget cerita, crita2 pengalaman2 dia soal melahirkan, dan gimana dia slama hamil slalu ngajak janinnya ngobrol, bisa mencegah autisme (yesssss…..ga salah brati aq, udah aq lakuin dari minggu ke-12 hehe). Senam hamilnya seru c…kalo aerobik loncat2an, nah senam hamil isinya pendinginan smua ma tarik napas…diiringin musik klasik lembut mule diajarin gerakan2 supaya badan ga kaku dan rileks…mule senam kepala (kanan kiri atas bawah), bahu, kaki, gerakan keseimbangan, gerakan anjing pipis hehe buat ngelenturin otot vagina n paha..trus lanjut gerakan punggung supaya ga sakit punggung trutama buat ibu2 yg dah hamil tua. caranya adalah dengan posisi merangkak tangan bertumpu ke matras, tarik napas, ngempisin perut sambil punggung atas dilengkungin ke atas trus buang napas sambil ngelengkungin punggung ke bawah dan pandangan ke depan…udahannya bner lho enak banget rasanya punggung kyk abis dipijet heheh..diajarin juga cara nungging supaya posisi dedek ga sungsang…caranya dengan sujud, tapi pipi, tangan, dan dada nempel ke matras..bgitu trus slama 5-10 menit tiap hari di rumah. Buat yg suka pusing2 n ngantuk pas hamil juga bisa dikurangin dengan cara sujud yg lamaaaaaaaa 5-10 menit. Nah…supaya posisi dedek cepet masuk panggul, diajarin senam jongkok, tapi cuma boleh dilakuin ma ibu2 yg dah hamil 36 minggu ke atas, jadi cuma ngeliatin doang…caranya berdiri tegak tangan di pinggang kaki jinjit ..tarik napas, trus pelan2 sambil jongkok ke bawah…paha dibuka selebar mungkin dengan posisi tetep jinjit…trus napas dibuang…trus naek lagi ke posisi bediri awal dengan tetep jinjit…sebaiknya dilakuin 100x per hari…wowwwwwww…banyak ajaūüėĄ ..diajarin juga cara ngeden, dengan cara berbaring trus kaki dibuka lebar, ditekuk ke atas ke arah badan kita, tangan sampe siku meluk paha, kepala diangkat ngadep ke ¬†arah posisi dedek dilahirin nanti, gigi ketemu gigi, mata terbuka dan dengan ga bersuara, mule tarik napas, tahan , ngeden sekencengnya kayak gi poop keras…percayalah…engaaaaaaap

selese senam hamil, diperiksa satu2 detak jantung bayi qta pake doppler, qta jg boleh tanya2 kalo ada yg mau ditanyain…trus dikasih snack…pulang deh ^^ bahagia abis senam laper dapet snack hahahha…makasi bu bidan, seneng banget ikutan senam di Hermina ^____^

Senam Hamil 2 (30 Maret 2013) usia kehamilan 28 minggu

karna ketagihan senam di Hermina, n akhirnya masuk usia 7 bulan..jadi berniat buat senam hamil tiap sabtu hhihihi…horeeee hari ini dianter jemput ayah plus ditungguin …senangnyaaa…semangat doooong akhirnya hari Sabtu dianter ayah..

Aq langsung masuk ke resepsionis meja registrasi, karna sminggu sebelomnya dah daftar by phone…langsung bilang mau senam hamil trus dikasih kertas pendaftaran n langsung ke loket bayar…15rb aja sodara2…yipppiiii ^_________^ ¬†jalan deh ke tempat penimbangan badan , dicek berat n tensinya, BB = 57,20 dan tensi 120/80 …wowwwww udah naek 7,2 kg , belom tau berat dedek brapa ..karna niat mau check up pas usg 4D nanti hehe…

trus langsung naek ke lante 2…aq pkir dah telat, dah buru2 jalan ma ayah..tergopoh2 naek tangga, krna perut juga dah membesar…ternyata sesi 1 blom mule..dah banyak ibu2 yg nunggu…aq ma ayah ngaso dulu di ruang tunggu, minum aer putih dr botol bekel minum yg qta bawa n berniat minta aer di galon Hermina hahahah, trus pengen poto2 (lagi2 narcis hihi) jadi dengan cueknya masuk ruangan senam hamil yg masih kosong pura2 naro buku di matras n di dalem poto2 hehe…trus kluar lagi ngasih potonya ke ayah buat dipajang di bb hahaha…entah knapa semenjak hamil, suka banget dipoto…

dr jadwal jam 10 skrang dah hampir jam 11 ..lama T,T bidan ditanya jg pada ga ngerti sapa yg isi…jd deh ibu2 masuk dluan ke ruang senam trmasuk aq…n aq duduk di matras yg dah ku cup pake buku td hehe..skrg mutusin ga ganti baju seragam, ribeud…kebetulan dah pake clana n baju longgar, jd cukup cihuy buat gerak2…ngobrol sana-sini ma ibu2…akhirnya jam stengah 12 br mule,,bidan yg harusnya tugas sakit, jd diganti ma bidan sisca…

Inti gerakan yg diajarkan sama…napas n kelenturan badan…aq agak kaget krna di awal senam..bidan sisca ngelakuin relaksasi…kupikir wah niy bidan bisa hypnobirthing…hore bisa praktekin hypno ku yg kulatih sendiri pake cd di rumah…ternyata ga sama2 banget…mirip lah…bidan sisca bilang , itu relaksasi dari yoga prenatal..okelah…lumayan bisa praktekin relaksasi ku..jadi lebih tenang n nyaman…kali ini bidan sisca mewanti2 supaya ga ngeden sebelum bukaan lengkap n ga pas kontraksi krna bisa pendarahan dan banyak robekan vagina so jaitannya banyak..so lama pulihnya…

Selese senam, dicek dedeknya pake doppler , denyut jantungnya 157…normal…trus dapet snack..pulang deh ^^ aq ma ayah lanjut ke pasar anyar, niat mau nyari karpet eh malah dapet box bayi hehe…

Senam Hamil 3 (06 April 2013) usia kehamilan 29 minggu

Senam hamil sekarang ayah cuma bisa anter doang…pulangnya sendiri krna ayah br pulang jam 8 pagi dan bakal masuk kantor lg jam 5 sore…so mendingan ayah bobo aja di rumah

karna dah daftar seminggu lalu abis senam hamil, Aq langsung masuk ke resepsionis meja registrasi, ke loket bayar…15rb…jalan deh ke tempat penimbangan badan , dicek berat n tensinya, BB = 57,00 dan tensi 120/80 …kok bb nya malah turun 2 ons T,T belom tau gmn dedek krna check up brikutnya baru tanggal 20 April 2013

Skarang senamnya barengan bidan Hegar^^ sama kayak bidan sisca , di awal pake relaksasi yoga prenatal n diakhir pake relaksasi total sambil tiduran..enaknya lampu juga dimatiin…jd rileks banget…gerakan2 laennya intinya sama cuma tergantung kreativitas bu bidan yg ngajar aja hehe…

selese senam di cek doppler, denyut jantung dedek 157, trus dikasih snack dan lanjut ada kursus prenatal sama salah satu dokter…para suami boleh masuk (sempet sedih , krna di ruangan itu cuma aq yg ga didampingin suami ato mamah, tp gpp^^) dan aq adalah satu2’n ibu hamil yg tampak semangat nyatet sepanjang kursus diberikan hehe…yg laen cuma ngedengerin sambil ngobrol ma suami…oia qta ntn video juga^^ ada video lahiran n IMD…paas diliat kepala dedek keluar dari vagina, trus dedeknya nangis kenceng bgt mgkn lagi penyesuaian..trus dengan dilap sekenanya, tanpa di lap tangan, idung, dan mulutnya…knapa gitu? supaya mempermudah dedek dapetin puting nti , bau puting dan bau cairan ketuban di tangannya itu sama lho…trus dedek di taro di tengah2 belahan payudara ibu…atasnya cukup diselimutin tapi ga perlu dibedong krna nti dedek kedinginan…kepalanya dikasih topi biar ga kedinginan…trus mule nih dedek gerak2 nyari puting lamaaaa mpe hampir sejam…akhirnya dapet puting dan ngenyot2 duuuuuuuuhhhhh pengen cepet2

selese video disetel…dibagiin snack trus pulang deh..

Senam Hamil 4 (13 April 2013) usia kehamilan 30 minggu

Senam hamil sekarang ayah dianter ayah, ditungguin mpe selese, n dianter pulang…mmmuah banget deh ayah >,< bner2 suami SIAGA…makasi ya sayang

karna dah daftar seminggu lalu abis senam hamil, Aq langsung masuk ke resepsionis meja registrasi, ke loket bayar…15rb…jalan deh ke tempat penimbangan badan , dicek berat n tensinya, BB = 57,15 dan tensi 110/80 …kok bb nya naek 1,5 ons yeayyyyyy mudah2an itu berat dedek ya nak¬†

Skarang senamnya barengan bidan Cesilia^^ yg seru dari bidan cesil adalah crita2 dia soal pengalaman slama dia nanganin bantu persalnan,,sangat tidak menganjurkan rumput fatimah (karena kontraksinya ga bagus n ga sejalan sama pembukaannya) ada banyak ibu yg akhirnya berujung kematian sereeeeem , dia jg ngejarin buat ngajak ngobrol dedek (dah tiap hr ini mah dr 11 minggu hehe)…trus sangat ga dianjurkan buat ngelus2 ¬†perut krna bisa ngerangsang kontraksi katanya…seru aja crita2’n

selese senam di cek doppler, denyut jantung dedek 146, alhamdulillah normal, abis dibagiin snack trus pulang deh..

Senam Hamil 5 (27 April 2013) usia kehamilan 33 minggu

Senam hamil sekarang ayah dianter ayah, tapi ga ditungguin n dianter plg krna ayah mau kerja lagi…gpp..dianter aja dah seneng bgt rasanya..langsung masuk ke resepsionis meja registrasi, ke loket bayar…15rb…jalan deh ke tempat penimbangan badan , dicek berat n tensinya, BB = 57,25 dan tensi 110/80 …yeayyy bb nya naek 1 ons yeayyyyyy mudah2an itu berat dedek ya nak¬†

Skarang senamnya barengan bidan Nia^^ nah bidan nia ini telaten ngawasin grakan2 qta,,,kalo ada yg salah langsung dibenerin posisinya…bisa relaksasi juga dimatiin lampunya…jadi rileeekkkkks bgt badannya

selese senam di cek doppler, denyut jantung dedek 155, alhamdulillah normal, abis dibagiin snack trus pulang deh..

Senam Hamil 6 (04 Mei 2013) usia kehamilan 34 minggu

Senam hamil trakhir di Hermina…karna minggu depan dah siap2 ke cirebon buat melahirkan…sekarang ayah dianter ayah, ditunggui n dianter plg^^ senengnya lagi ayah mau ikutan kelas prenatal abis senam hamil…wlopun harus berkorban telat masuk kantor…makasi bgt sayang…makasiiiiiiii…smuanya bner2 ngasih support kasih sayang buat dedek n nda^^ langsung masuk ke resepsionis meja registrasi, ke loket bayar…15rb…jalan deh ke tempat penimbangan badan , dicek berat n tensinya, BB = 57 kg dan tensi 110/70 …bbnya turunūüė¶ mudah2an itu berat bunda ya nak

Skarang senamnya barengan bidan Cesilia lg^^ gerakan2 senam hamil aq dah hapal banget, sama crita bidan cesil dah pernah denger smua…tp tetep fun…entah knapa tiap senam hamil itu seneng…bagus buat efek psikologis ibu hamil…lebih seger, lebih sehat, lebih tenang

selese senam di cek doppler, denyut jantung dedek 153, alhamdulillah normal, ada yg lucu pas dipriksa doppler,,,dedek dicariin kemana2 ma bidan ga ktmu, mugkin lagi bobo ato pas tengkurep…akhirnya aq ajakin ngobrol dedek “nak…balik sebentar ya badannya,,mau dipriksa dlu jantungnya ma bu bidan,nti abis dipriksa boleh bobok lg deh…” abis itu aq taro tangan di prut dan langsung kerasa detak jantung dedek (yeayyyyy berhasil relaksasi aq slama ini) abis¬†dibagiin snack trus ikut kelas prenatal bareng ayah ^0^¬†

ayah seneng bgt dikasih liat video IMD…dan ayah bertekad mau jadi ayah ASI n pasang badan kalo misal pas mlahirkan nti IMD ga dilakuin hehehhe…makasi ya sayang…ayah jg bilang buat cariin videonya di YT n ditunjukkin ke mamah,,spaya mamah jg paham n dukung IMD^^

mungkin slama share soal senam hamil…kebanyakan crita soal aqnya hehe…ini beberapa gerakan senam hamil yg bisa dilakuin di rumah juga

Gerakan 1

  1. Posisi duduk bersila dengan menegakkan punggung, letakkan tangan di atas kaki seperti orang yang sedang bersemedi. Lakukan posisi ini untuk beberapa saat sambil mengatur pernafasan. Gerakan ini bisa dilakukan di atas matras, karpet, tikar, atau alas yang menurut anda lembut dan empuk lainnya.
  2. Posisi duduk di atas alas lembut seperti diatas dengan merenggangkan kedua kaki lurus ke depan. Langkah selanjutnya yaitu condongkan tubuh ke belakang dan bertumpu pada siku lengan yang diletakan di lantai. Lakukan gerakkan telapak kaki dengan menegakkan lalu mengarahkannya ke bawah hingga posisinya lurus dengan lutut. Gerakkan lainnya yaitu menggerakkan telapak kaki ke samping, lalu tegakkan lurus, ke samping lagi, ulangi gerakan ini sampai merasa cukup.
  3. Posisi tidur dengan satu bantal meyangga kepala, lalu angkat kedua lutut kaki menjadi seperti posisi melahirkan. Tarik nafas sedalam-dalamnya lewat mulut, tahan, dan mengejan, seperti saat anda sedang buang air besar. Jika anda merasa nafas sudah mau habis, keluarkan nafas anda kemudian tarik nafas kembali, dan ulangi proses ini sebanyak beberapa kali.    

Manfaat dari gerakan senam hamil diatas:

  1. Melemaskan otot-oto tubuh dan melancarkan peredara darah
  2. Tubuh merasa lebih rileks, segar dan bugar
  3. Mempermudah persalinan dan menjaga kesehatan janin       

Gerakan 2
 
1. Gerakan pertama yaitu posisi berdiri dan tangan di pinggang, gerakkan leher ke kanan dan kiri untuk meregangkan otot leher.


2. Gerakan sederhana dengan melakukan latihan dasar kaki dan menggerakkan telapak kaki ke depan dan ke belakang guna membantu sirkulasi vena dan mencegah pembengkakkan di kaki. 

3. Tidur telentang dengan satu kaki lurus dan satu kaki ditekuk kemudian dorong kembali ke depan. Lakukan bergantian dengan kaki lainnya. Gunanya untuk latihan dasar panggul. 

4. Pada gerakan ini yaitu berbaring dengan posisi miring. Angkatlah kaki perlahan-lahan lalu turunkan. Lakukan bergantian dengan kaki satunya. Gunanya untuk menguatkan otot paha. 


5. Selanjutnya berbaring telentang, kedua lutut dipegang dengan tangan, kemudian tarik nafas dan berlatih mengejan. 
6. Sikap merangkak, letakkan kepala di antara ke dua tangan, lalu menoleh ke samping. Selanjutnya turunkan badan sehingga dada menyentuh kasur. Bertahanlah pada posisi ini selama kurang lebih 1 menit. 

Nb: Gerakan ini sangat cocok untuk Ibu yang bayinya masiy belum masuk 
pinggul (sungsang). 


7. Gerakan yang ini anda bisa melibatkan suami dengan membantu memijat daerah pinggang, punggung, dan bahu untuk melepaskan ketegangan dan memulihkan otot pinggang yang lelah.

credit : dwi woody Yulianto

ya kira2 kayak gitu ya…sisanya peregangan2 otot dan relaksasi dan latihan napas^^¬†gerakan senam hamil ini aq praktekin trus tiap hari tanpa absen di rumah lho…n hasilnya ga ada tuh keluhan sakit pinggang punggu badan ga puguh slama hamil…aq hamil sehat lho^^ posisi dedek jg bagus trus di dalem rahim…makasi HErmina^^

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s