Aku dan Komitmen ASI 2 Tahun :D

waktu usia kehamilan 7 bulan, entah knapa banyak galau …mungkin bisa dibilang kena baby blues syndrome terlalu awal hehe…ngerasa jd ibu yg belom ngerti apa2..pengen bgt setelah dedek lahir, udah ngerti semuanya soal ASI, perawatan bayi, soal kecerdasan anak, dll…pengen banget ngasih ASI Eksklusif 0-6 bulan dan ngasih ASI mpe dedek usia 2 taon,,akhirnya mule searching2 dimana bisa ikut klinik laktasi..awalnya pengen ikut yg di RS Carolous Jakarta, tapi jauh banget T,T akhirnya cek di Hermina Tangerang n ada alhamdulillah^^

aq dan si ayah hebat ikut Klinik Laktasi di Hermina, sama dokter Emy..murah bayarnya cuma 53rb tapi banyak bgt ilmu yg didapet…aq diajarin gimana proses pelekatan yg bner, posisi menyusui yg baek n yg ga dianjurkan,manajemen ASI perahan, solusi2 dari masalah2 menyusui..disarankan buat massage PD bunda n dikompres dibersihin kotoran2 yang nempel di puting selama kehamilan, ayah juga diminta buat dukung bunda selama tahap menyusui^^ kalo ASI aq belom keluar langsung stelah melahirkan, itu gpp krna dedek msh kenyang ma makanan2 yg kukasih selama di rahim..dah gitu lambung dedek msh segede kelereng, ckup asi sebanyak 1 sendok teh dah bkin dedek kenyang..jadi ga perlu khawatir, yg penting sering2 ngasih nenen ke dedek, nti juga asinya keluar deres n jgn dijadwal kalo ngasih ASI, selapernya dedek aja ,,sebisa mungkin juga pas menyusui ngosongin 1 PD dulu, yg brikutnya baru ke PD yg satunya…kalo dedek keburu kenyang…sisa di PD diperah aja…ini dilakuin supaya dedek dapet foremilk (susu yg kaya laktosa, protein, dan air) spya dedek ga haus & hindmilk (susu kaya lemak yg bkin dedek kenyang) so bukan hanya kolostrum yg dedek dapet tapi juga susu mateng yg bagus buat pertumbuhan..trus aq ga disarankan buat ngasih ASi pake botol dan empeng…krna kalo dah kenal botol/empeng,,dedek ga mau nenen lg di PD yg tnyata proses lbh butuh usaha buat dedek dibanding botol..kalo dedek ga mau nenen lg, nti produksi asi jd kurang deh…aq dan ayah konsul selama sejam. makasi ya dokter emy^^ enak bgt neranginnya..ilmu soal ASI jg bunda dapet dr ayahasi.org (@ID_ayahasi) semua materi soal ASI dirangkum di file sendiri, slaen searching di internet..Alhamdulillah ayah juga berniat dukung qta 100 persen sayang…ayah jg ikut blajar ^^ ayah sayang bgt lho nak sama aq dan dedek…selama hamil ayah jadi ayah SIAGA (siap anter jaga) ayah hebat…ayah luar bisa❤

nah buat detail2 yg aq dapet di klinik laktasi..bisa dicek ya^^

Cara Menyusui Yang Benar

 1. Tetekkan bayi segera atau selambatnya setengah janin setelah bayi lahir. 
2. Biasakan mencuci tangan dengan sabun setiap kali sebelum menetekkan.
3. Perah sedikit kolostrum atau ASI dan oleskan pada daerah putting dan sekitarnya.
4. Ibu duduk atau tiduran / berbaring dengan santai.
5. Bayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisi:
    – Perut bayi menempel keperut ibu.
    – Dagu bayi menempel ke payudara.
    – Telinga dan lengan bayi berada dalam satu garis lurus.
    – Mulut bayi terbuka lebar menutupi daerah gelap sekitar putting susu.
6. Cara agar mulut bayi terbuka adalah dengan menyentuhkan puting susu pada bibir atau pipi bayi.
7. Setelah mulut bayi terbuka lebar, segera masukkan puting dan sebagian besar lingkaran/daerah gelap sekitar puting susu ke dalam mulut bayi.

8. Berikan ASI dari satu payudara sampai kosong sebelum pindah ke payudara lainnya. Pemberian ASI berikutnya mulai dari payudara yang belum kosong tadi.

Yang harus diingat pada posisi pelekatan yang benar saat menyusui adalah:

* CHIN: pastikan bahwa dagu bayi menempel pada payudara ibu

* AREOLA: pastikan bahwa yang masuk kedalam mulut bayi adalah puting dan sebagian besar areola, bukan puting saja, dan areola yang berada di bagian bawah mulut bayi lebih sedikit dibandingkan dengan areola yang berada diatas mulut bayi

* LIPS: pastikan bahwa baik bibir atas maupun bibir bawah bayi terputar keluar (memble) dan tidak terlipat kedalam ataupun berbentuk monyong

* MOUTH: pastikan bahwa mulut bayi terbuka lebar dan menempelkan pada payudara ibu

Dengan teknik pelekatan mulut bayi yang benar pada payudara, serta kenyamanan yang diperoleh pada saat menyusui, akan memperlancar proses menyusui itu sendiri

Cara Melepaskan Puting Susu dari Mulut Bayi

Dengan menekan dagu bayi ke arah bawah atau dengan memasukkan jari ibu antara mulut bayi dan payudara ibu.

Teknik Perawatan Payudara selama Kehamilan (aman di lakukan di usia kehamilan 32 minggu ke atas)
  • Cuci tangan hingga bersih
  • Kompres puting kanan dan kiri dgn katun yg sudah dibasahi dengan minyak kelapa/zaitun selama 5-10 menit. kenapa kain katun? takut nya klo kapas nanti malah nyelip ke pori2 payudara.
  • Tarik nipple ke arah luar, kemudian putar ,masing-masing ke arah dalam sebanyak 30x. Tujuannya untuk membersihkan kerak-kerak yang mungkin ada,dan untuk melenturkan nipple supaya ga gampang lecet pas nyusui nanti. Basahi telapak tangan dengan minyak secukupnya. Oleskan ke PD
  • Kompres kedua payudara dengan waslap yang direndam dalam air hangat dan air dinggin. Diamkan hingga waslap terasa dingin.Kompres sebanyak 7 kali secara bergantian : hangat-dingin-hangat-dingin-hangat-dingin-hangat. 
Teknik Perawatan Payudara setelah melahirkan
  • Cuci tangan hingga bersih
  • Lumuri tangan dan payudara dengan minyak kelapa/zaitun hingga rata.
  • Letakkan tangan kiri menyangga payudara kiri. Kemudian, jari telunjuk, tengah dan kelingking tangan kanan disatukan dan dipijatkan ke arah puting dengan gerakan spiral. Rasakan kelenjar air susu yang bergerindil di bawah jemari Anda. Gerakan ini dilakukan merata dari seluruh bagian payudara kiri menuju arah puting kiri. Lakukan gerakan serupa untuk payudara kanan. Gerakan ini dilakukan  di masing-masing payudara sebanyak 30 kali dengan tujuan untuk melancarkan dan melarutkan lemak-lemak dalam kelenjar air susu.
  • Letakan tangan kiri menyangga payudara kiri, kemudian tangan kanan seperti di kepal dan gunakan ujung pangkal tangan untuk menggosokl sambil memutar . Ulangi sebanyak 30 kali.
  • Kompres kedua payudara dengan waslap yang direndam dalam air hangat dan dingin. Lakukan 7 kali secara bergantian dan selang seling
     
    untuk pemijatan payudara dilakukan pagi dan sore yah sebelum mandi. kenapa dilakukan sebelum mandi takut nya klo abis mandi itu minyak2an yg nempel di payudara klo gak cepet dibersihin jd kuman.

Cara Memeras ASI dengan Tangan

Bidan menganjurkan pada Ibu untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu :
1. Duduklah Ibu seenak/senyaman mungkin.
2. Pegang/letakkan cangkir dekat dengan payudara Ibu.
3. Letakkan ibu jari pada payudara diatas puting susu dan areola (bagian lingkaran hitam berwarna gelap pada payudara) dan jari telunjuk dibawah payudara, juga dibawah puting susu dan areola.
4. Tekan ibu jari dan telunjuk kedalam, kearah dada. Ibu tidak perlu menekan terlalu keras, karena dapat menghambat aliran air susu.
5. Kemudian tekanlah payudara Ibu kebelakang puting dan areola antara jari telunjuk dan ibu jari.
6. Selanjutnya tekan dan lepaskan, tekan dan lepaskan.
    Kegiatan ini tidak boleh menyakiti atau Ibu sampai merasa nyeri.
    Pada awalnya, mungkin tidak ada susu yang keluar, tetapi setelah   dilakukan penekanan beberapa kali, ASI akan mulai menetes keluar.
7. Tekan areola dengan cara yang sama dari arah samping, untuk meyakinkan bahwa ASI di tekan dari seluruh bagian payudara.
8. Hindari menggosok-gosok payudara atau memelintir puting susu.
9. Peras satu payudara sekurang-kurangnya 3-5 menit hingga aliran menjadi pelan; kemudian lakukan pada payudara yang satu lagi dengan cara yang sama. Kemudian ulangi keduanya. Ibu dapat menggunakan satu tangan untuk satu payudara dan gantilah bila merasa lelah. Memeras ASI membutuhkan waktu 20-30 menit. Terutama pada hari-hari pertama, ketika masih sedikit ASI yang diproduksi.
10. Simpan.

Untuk Penyimpanan ASI di kulkas bawah adalah 3-8 hari, di freezernya tahan sampai 3 bulan. Kalo di suhu ruangan tahan sampai 4-6 jam. kalo mau ngasih ASi ke bayi, ASIP diturunkan dulu dari freezer, kalo dah cair smua, baru deh direndem di aer anget, kalo dah dingin aernya, diganti lagi ma aer yg anget, begitu trus sampe didapet ASIP yg sesuai dengan suhu ASI di payudara.ASIP beku yang sudah dicairkan ga boleh dibekukan lagi. ASI yang udah diminumkan juga harus habis, ga boleh disimpen lagi sisanya yg udah diangetin, jgn diangetin lagi

Alergi ASI

Nah kalo terjadi alergi ASI yg ditandai dengan gumoh, ruam2 pada kulit…ibu bisa mengecek makanan apa aja yg udah dimakan dan sebaiknya hindari dulu,,kacang2an, seafood, atau susu sapi (termasuk susu ibu menyusui) juga bisa jd allergen..Cek juga obat2an apa yg dah dikonsumsi si ibu dan sebaiknya diindari dulu^^

Positive Thinking

ASI adalah positive thinking, makan bergizi, dan istirahat cukup! Inilah pesan favoritku. Banyak ibu yang gagal ASIX (ASI eksklusif) karena udah ragu-ragu dan negative thinking kalo ASInya ga akan cukup buat baby ato ASInya sedikit. Kalo kita yakin ASI cukup, maka pabrik ASI akan meningkatkan produksinya sesuai kebutuhan bayi.

Semoga membantu ya moms^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s