1

Aku dan Hypnobirthing :”)

Kalo dari artikel2 yg dah kuposting sebelomnya2, isinya kebanyakan teori, skarang mau coba posting hypnobirthing berdasarkan persepsi aq

Aq belajar hypnobirthing dari buku “Melahirkan Tanpa Rasa Sakit” dan “Mencerdaskan Anak Sejak Dalam Kandungan” baca n praktek lewat CD…bisa juga yg mau ikut kelas hypnobirthing…tp biayanya mpe 800rb

Inti dari #Hypnobirthing , yaitu agar ibu hamil menjalani kehamilan dengan tenang, ikhlas dan nyaman sampai melahirkan..Jadi #Hypnobirthing bagus jika dilatih sejak awal kehamilan (trimester 1) agar ibu tetap tenang dan rileks, demi kesehatan ESQ janin. Tetapi tdk ada kata terlambat jika ibu baru memulai saat kehamilan di trimester akhir, yg penting cukup waktu utk berlatih & belum lahir 🙂 yg penting kudu komit…karna ga gampang lho bun nyisihin waktu buat relaksasi

Seperti judulnya, metode dasar memang berupa hipnosis dimana cara latihannya adalah relaksasi… tidur.. memejamkan mata…buat bisa mencapai relaksasi mendalam (masuk ke pikiran bawah sadar qta lebih dalem) bisa ditempuh dengan rangkaian fokus diri, bernafas rileks, relaksasi otot, relaksasi pikiran, lalu masukin afirmasi/sugesti positif qta soal kehamilan, dedek yg tumbuh sehat, sampe persalinan yg lancar. Awalnya emg agak susah fokus..tapi dengan komit yg tinggi, dilakuin sekali sehari (biasanya sebelom tidur)..InsyAllah bisa..jangan lupa tiap kali relaksasi dilakuin,,berdoa mohon kemudahan..berniat buat rileks saat ini dan seterusnya dalam hidup mpe persalinan berjalan lancar

Latihan Fokus Diri

Awalnya bisa melatih buat fokusin diri pake pendulum…pendulum itu bisa dibuat sendiri..kalo aq pake liontin digantung pake benang..di gantungin sejajar mata…trus qta merem dulu..tarik napas dalem dibuang lg…bgitu trus mpe krasa rileks..trus dibuka matanya n mule ngasih sugesti ke diri qta buat gerakin bandulnya ke kiri, kanan, muter kiri, muter kanan. Canggih lho karena ternyata kekuatan pikiran yang bisa mengatur sel2 dalam tubuh itu adalah benar… makanya pendulum/bandul bisa gerak dgn pikiran

fokusin pikiran juga bisa dilatih dengan duduk sila tangan di paha terbuka ke atas sambil merem, trus mule tarik nafas dalem berulang-ulang2 mpe mule kerasa rileks, trus mule tanemin sugesti ke diri kita buat gerakin tangan qta kemanapun dia mau..kalo aq biasanya lebih ngarahin ngasih energi positif ke dedek…AJAIB ..believe it or not…si kedua tangan bgerak ke arah perut…trus tanemin sugesti supaya ngasih energi positif ke dedek biar dedek sehat, sempurna, pinter, cerdas, tenang, dan positif…AJAIB lagi…kedua tangan tadi begerak muterin perut lho >,< kalo dah dirasa cukup ,diudahin deh latihan itu…kembaliin posisi tangan ke posisi semua dan kembaliin kesadaran qta ke posisi awal…trus buka mata…segerrrrrr rasanya.

Belajar menyingkirkan sampah energi dengan pendalaman relaksasi menggunakan gerakan lengan juga kita lakukan… buang sampah emosi jauh2..Karena sejak kecil, kita menyimpan sampah emosi yang kurang baik untuk energi tubuh sehingga pengaruh pada kesehatan fisik dan batin lho

Latihan Relaksasi Pikiran

Relaksasi pikiran ini buat ngebuang semua pikiran2 negatif ato beban2 yg ada..bisa dilakuin sambil berbaring…trus menatap ke satu titik secara trus menerus..tanpa sadar kelopak mata mule ngedip…mule lemes…mule berat…dan dalam hitungan ke-3 mata ditutup perlahan

Latihan Bernapas Rileks

Lalu belajar cara pernapasan yang rileks dan menenangkan tubuh… sebagai awal dari proses relaksasi hypnobirthing, karena ini sangat penting. Cara bernafas rileks…intinya tarik napas dalem sambil merem, rasain udara masuk seolah2 itu adalah energi positif yg masuk ke tubuh lewat dada ngalir ke perut dan ke seluruh tubuh, perut dikembungin,trus kluarin napas sambil bayangin kalo udara yg dikeluarin adalah energi negatif, ketegangan, beban pikiran, dan kesedihan…hembuskan nafas perlahan…bisa jiuga saat tarik nafas bilang “RI” trus pas hembusin nafas bilang “LEKS” atau bisa juga pas tarik nafas sambil mule ngitung “satu…dua…tiga..” trus pas selese hembusin nafas dijungnya qta sebut “satuuuuuuuu…” nafas brikutnya “duaaaaa…” begitu seterusnya

Latihan Relaksasi Otot

Latihan ini dilakuin serangkaian ya ma nafas rileks dan relaksasi pikiran supaya bisa mencapai relaksasi mendalam…justru dimulai dengan merasakan ketegangan otot yg biasa qta rasain…bisa dengan ngangkat kaki qta ke atas,,trus mule rasain ketegangan otot di paha,betis, kaki, perut, dada, tangan (kedua tangan dikepel),leher, kepala…nah abis itu mule dilepas ketegangannya dengan meniup napas (kaki yg tadinya dinaekin sama tangan yg dikepel dikembaliin ke posisi normal ya, sambil membayangkan ngelepas ketegangan mule dr kepala, leher, tangan, bahu, dada, perut, paha, betis, kaki, mpe ujung jari…rasain kenikmatan rileksnya otot…disatuin ma rileksnya napas…maka qta bisa masuk ke alam bawah sadar qta lebih dalem lagi (relaksasi mendalam)

Komunikasi dengan Janin

Dengan hypnobirthing, kita belajar juga untuk berkomunikasi dengan janin.. karena janin bisa jawab lho..Berkomunikasi dengan cara yang benar, tenang dan ikhlas sangat penting .. ditambah energi yang bersih sehingga si janin pun mau komunikasi.

Cara komunikasinya kalo aq biasa dengan berbaring miring ke kiri (secara ini posisi paling bagus buat dedek) bisa dengan posisi duduk, baring telentang, pokoknya posisinya yg paling nyaman buat qta.. trus mule merem…tarik napas dalem beberapa kali…bersugesti seolah2 masukin energi positif dan nyebarin ke seluruh tubuh,termasuk dedek…bersugesti “aku tenang…aku rileks…aku nyaman…aku bahagia”..bersugesti kalo dedek jg bisa ngerasain ketenangan dan kenyamanan itu….rileksasi otot mule dari kepala sampe ujung kaki…rileksasi pikiran..kalo ada pikiran laen masuk…jgn dilawan…cukup diarahkan ke arah relaksasi yg lg qta lakuin..ujung lidah juga diletakkan di belakang gigi atas, ditempelin ke langit2 mulut mpe ga jarang mpe nganga tuh mulut tp itu nandain kalo otot rahang dan mulut rileks…kalo otot rahang n mulut rileks, otot vagina juga rileks lho^^ nah dalam keadaan relaksasi mendalam itu bisa langsung ajak ngobrol dedeknya…kalo yg biasa ngehayal, bisa dibayangin kalo qta ada di tempat favorit qta yg tenaaaang…ato bisa juga bayangin ada gelembung yg keluar depan perut ato dada qta dan di dalemnya ada dedek…bayangin bayi utuh ya bun…obrolan bisa dimulai dengan kata2 “anakku sayang…” buat ngeyakinin, minta dedeknya nendang perut bunda kalo emang bisa ngerasain kehadiran bundanya dan bisa dilanjutin dengan nasihat2 supaya tumbuh sehat, pinter, ngebantu pas proses persalinan dll…jgn lupa sampein rasa trimakasih qta sama dedek krna dah dateng ke kehidupan qta..sampein kalo qta sayang sama dedek…selese komunikasi…minta dedeknya buat tidur dengan nyaman n tenang di rahim qta…trus tarik napas lagi…kembaliin kesadaran…n buka mata deh^^ Pada saat praktek komunikasi, sebagian besar bayinya malah langsung gerak2 ikut jawab lho… berarti dia senang khan 🙂

Hypnobirthing Saat Persalinan

Saat proses awal kontraksi , selalu inget berdoa dan niat. tenangin pikiran. Pas Awal pembukaan, kontraksi masih dateng dengan tenggang waktu yg cukup lama sekitar 15-30 menit sekali. Siapin mental dan fisik. mulei dengan bernafas rileks, fokus, relaksasi otot, relaksasi pikiran, lalu setelah merasa rileks…coba masukin afirmasi positif ” Sebentar lagi aq bertemu anakku..biarkan ia lahir dengan sehat dan selamat…biarkan aq mendengar tangisannnya yg kuat…aku menghadapi proses persalinan ini dengan nyaman..Sensasi gerakan rahim kulewati tanpa kusadari…pembukaan berlangsung cepat dan lancar…aku tenang dan rileks selama proses kelahiran ini berlangsung…” Saat kontraksi makin kuat, pejamkan mata dan cobalah rileks dan mengucapkan afirmasi “aku bisa melewati sensasi ini…sama seperti ibuku melahirkan aq ke dunia..aku melewatinya dengan tenang…supaya anakku tetap sehat…” jangan lupa diselingin doa permohonan keselamatan. kalo mule ngerasa rileks saat kontraksi dan ngantuk, tidur aja gpp…buat simpen tenaga buat ngeden. Tapi kalo tetep sadar n ingin tetep berada pada kondisi rileks yg mendalam di sela2 kontraksi, bisa pejamkan mata walo tetep sadar akan sekeliling. tetep tenang dan rileks…lakuin bernafas rileks dengan cara menghitung nafas (seperti yg aq jabarin sebelumnya) dan bersugesti smua rasa sakit hilang ,dikeluarkan bersamaan dengan hembusan nafas..saat pembukaan sudah hampir lengkap, akan datang persaan pengen ngeden. Tahanlah..karna kalo dipaksakan ngeden sebelom bukaan lengkap, akan merobek vagina. Bisa dengan memposisikan badan nungging sepeti sujud..dada, tangan, pipi nempel ke kasur..trus tarik napas panjang dan buang dengan nafas pendek 4 kali. Nah saat pembukaan udah lengkap…berdoalah trus sambil persiapin niat…buka mata saat ngeden. Tekuk kaki ke atas ke arah badan kita, kedua tangan merangkul paha, kepala diangkat menghadap vagina qta, gigi ketemu gigi, Diiringin dengan nafas tratur, rasakan saat kontraksi dateng dan mule ngeden sekuat mungkin, masih dengan mata terbuka. tarik napas panjang saat kontraksi ilang, tetep tenang dan rileks…truskan ngeden sekuat tenaga saat kontraksi datang, rasakan kepala bayi anda mule keluar . Jika kepala udah mule keluar…saat menegluarkan bahu dan anggota tubuh bayi yg lainnya, jgn ngeden…cukup dengan napas panjang dan dibuang dengan nafas pendek berkali2…demikian diulang trus…nikmati smua prosesnya dan selamat jadi ibu ^^

Mungkin buat beberapa org, hypnobirthing ini ga bisa ngilangin rasa sakit pas melahirkan (tapi ada yg bisa lho tanpa rasa sakit), tapi dengan hypnobirthing, rasa sakit yg terasa tidak akan begitu kuat sampe membekas jd trauma. Tetep bertenaga saat pertama kalinya ketemu dedek^^

hypnobirthing sendiri udah banyak ngasih pengalaman2 lucu…tiap latihan relaksasi di rumah , tiap hari ngajak ngobrol dedek,,dan lucunya dedek slalu ngasih respon brupa tendangan di perut tiap diajak ngobrol…lucuuuu…ada lg yg lucu pas dipriksa doppler waktu senam hamil,,,dedek dicariin kemana2 ma bidan ga ktmu, mugkin lagi bobo ato pas tengkurep…akhirnya aq ajakin ngobrol dedek “nak…balik sebentar ya badannya,,mau dipriksa dlu jantungnya ma bu bidan,nti abis dipriksa boleh bobok lg deh…” abis itu aq taro tangan di prut dan langsung kerasa detak jantung dedek (yeayyyyy berhasil relaksasi aq slama ini)…mpe bu bidan berdecak kagum >,<

ini share2 pengalaman2 hypnobirthing ku aja…cuma yg hypnobirthing persalinan belom ngalamin…baru kujelasin dari buku digabung ma teknik2 yg sebagian kutau…kalo hypnobirthing selama kehamilan udah kulakuin…dan alhamdulillah jd orang yg lebih positif dan tenang…selama hamil pun ga ngalamin ato ngeluhin keluhan2 hamil berkepanjangan…semoga membantu^^

0

Linu Panggul Saat Hamil

Sciatica adalah nama yang diberikan kepada sekelompok gejala bukan hanya satu masalah.

Sciatica adalah rasa nyeri yang menjalar dari punggung bawah hingga paha, betis, tumit dan telapak kaki baik pada satu atau kedua sisi kaki. Rasa nyeri tersebut bisa bersifat “tumpul” seperti kram atau “tajam” seperti di tusuk-tusuk dan terbakar, terus menerus atau hilang timbul tetapi semakin lama semakin parah rasa sakitnya.

Rasa nyeri ini dapat meningkat saat duduk, batuk, bersin atau bahkan tertawa.

Sciatica disebabkan oleh iritasi atau peradangan syaraf sciatic, syaraf terbesar dan terpanjang yang menjalar dari punggung bawah melewati belakang sendi panggul dan bercabang hingga kedua belah paha, betis, tumil dan telapak kaki.

Ketika syaraf ini terganggu, maka gejala awal yang sering anda rasakan seperti kesemutan di kaki Anda, linu panggul dengan atau tanpa sakit punggung dan dapat mengirim rasa sakit di bagian belakang kaki Anda.

Apakah saya lebih mungkin untuk mendapatkan linu panggul (sciatica) kalau aku hamil?

Berlawanan dengan kebanyakan kepercayaan, Anda tidak lebih rentan terhadap sciatica jika Anda sedang hamil. Sakit yang disebabkan oleh kehamilan cenderung berada di panggul dan punggung, tidak pada saraf sciatik. Sciatica tidak disebabkan oleh bayi Anda yang menekan saraf.

Jadi jika Anda saat ini hamil dan mengalami linu panggul kemungkinan itu disebabkan karena murni linu panggul atau pergeseran pada tulang sendri di panggul. Biasanya disebabkan kerena tergelincir. Tetapi jika linu panggul itu terasa parah dan nyerinya tetap maka memang kemungkinan anda menderita sciatica

Bagaimana cirri-ciri linu panggul?

Anda akan merasakan nyeri tajam seperti nyeri terbakar yang datang dan pergi dan sering hanya di rasakan di satu sisi saja. Anda mungkin merasa sakit di punggung bawah, di bagian belakang paha dan bagian belakang kaki Anda.

Anda juga dapat merasakan sensasi terbakar atau kesemutan dan mati rasa atau kesemutan di kaki. Rasa sakit mungkin merata atau luas. Nah pada kasus Sciatika keluhan ini bisa sangat dasyat dan menyebabkan rasa sakit lebih konstan daripada nyeri panggul murni/yang biasa terjadi pada ibu hamil.

Bagaimana sciatica diobati?

Konsulkan ke dokter atau bidan dan meminta untuk dirujuk ke fisioterapis muskuloskeletal. Biasanya ahli fisioterapis akan menunjukkan latihan untuk memperkuat otot panggul, otot perut dan punggung. Dia juga menganjurkan Anda untuk memakai sabuk kehamilan. Setengah dari penderita sciatica pulih dalam waktu enam minggu dan hampir semua (90 persen) sembuh dalam 12 minggu. Obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen, memang bisa mengurangi sciatica, tapi dokter tidak akan menyarankan atau memberikan obat itu selama kehamilan. Jadi gunakan terapi lain untuk atasi keluhan tersebut.

Terapi lain yang dapat membantu termasuk osteopati dan chiropractic. Pastikan bahwa Anda menemukan seorang praktisi bersertifikat yang berpengalaman dalam merawat ibu hamil.

Apakah ada self-help tips yang saya bisa mengikuti?

Tentu ada donk! Karena Bidan Kita selalu memberikan self help tips untuk Anda 😉

  1. Gunakan Kompres Panas atau kompres es ke daerah yang menyakitkan selama 10 menit. (untuk kompres es anda bisa juga menggunakan ice gel) sedangkan untuk kompres panas Anda bisa gunakan bantal panas elektrik atau buli-buli panas yang bisa Anda dapatkan di Apotek atau di took alat kesehatan, murah kok! Paling harganya kurang dari 50.000 dan terbuat dari karet sehingga sangat awet. Dan bermanfaat juga untuk membantu meringankan rasa nyeri saat bersalin nanti
  2. Kenakan sepatu yang ber-hak datar dan lembut. Hal ini membantu mencegah tulang belakang Anda terlalu teregang dan tegang saat Anda berjalan.
  3. Perhatikan postur tubuh Anda dan mencoba untuk menjaga punggung Anda lebih tegak.
  4. Ketika duduk, gunakan bantal/ guling kecil atau handuk digulung di belakang Anda untuk mendukung dan menopang tulang belakang dan mengganjal pantat Anda sehingga pantat lebih tinggi daripada lutut (ini juga bermanfaat untuk menjaga agar posisi janin anda lebih optimal lho)
  5. Cobalah untuk tidak mengangkat sesuatu yang berat. Jika Anda harus mengangkat sesuatu, tekuk lutut Anda dari dan menjaga posisi agar punggung tetap lurus.
  6. Dengarkan tubuh Anda dan berhenti melakukan apa pun yang menyakiti Anda.
  7. Jauhkan ponsel anda. Cobalah untuk tidak diam dalam waktu yang lama. (biasanya kalau Anda sudah asyik berkutat dengan BB atau ponsel maka Anda akan berada tetap dalam satu pulsisi yaitu duduk menunduk terdiam dalam jangka waktu yang lumayan lama bukan?) nah saat Anda menderta keluhan ini cobalah untuk tetap mobile, dan hindari duduk atau diam pada satu posisi dalam jangka waktu yang lama
  8. Saat tidur cari posisi yang paling nyaman dan gunakan bantal untuk menganjal atau menopang perut dan pinggang Anda
  9. Lakukan olah raga untuk menguatkan otot-otot panggul. Yoga bisa menjadi pilihan dan atau anda melakukan gerakan-gerakan sebagai berikut : – Melakukan gerakan yoga seperti cat cow position dimana Anda berlutut lalu melengkungkan punggung dan merilekskannya, dapat sangat membantu merngankan keluhan ini; – Squats lambat atau berdiri dan berlutut dengan lambat dilakukan sepuluh kali sehari untuk peregangan dan mengencangkan kaki bagian atas. Anda bisa gunakan kursi atau teralis jendela untuk berpegangan atau minta bantuan suami untuk melakukan ini. Pastikan untuk menyeimbangkan diri dengan berpegangan pada meja atau kursi; – Pevic tilt juga tidak hanya membantu untuk menghilangkan rasa sakit punggung bawah, itu juga mempersiapkan seorang wanita hamil untuk melahirkan. Ada dua cara untuk melakukan latihan ini yaitu dengan posisi berdiri dan berbaring
  1. Berdiri: Berdirilah dengan posisi punggung menempel ke dinding dan tekan punggung ke dinding. Kemudian relaks. Lakukan berulang-ulang
  2. Berbaring: Berbaringlah dengan lutut ditekuk dan kaki datar di lantai. Sementara menghembuskan napas, tekan terhadap lekuk punggung sampai tulang belakang Anda menyentuh lantai. Kemudian tarik napas dan rileks ke posisi Anda semula. Ulangi sebanyak yang Anda merasa nyaman. Atau bisa juga dengan Berbaring telentang dengan satu lutut ditekuk dan kaki yang berlawanan bertumpu pada lutut. Lalu angkat lutut dari lantai, dan perlahan-lahan meregangkan lutut yang berlawanan dari pergelangan kaki beristirahat. Beralih kaki dan ulangi. gerakan ini dapat membantu melepaskan ketegangan di otot bokong.

Selain latihan/olahraga/yoga, berenang dan berjalan adalah cara yang sangat baik untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah, bawah, dan paha bagian atas. Hanya pastikan untuk berjalan di tanah yang datar dan menghindari tanjakan. Oya untuk ibu hamil sebaiknya saat berjalan tidak menggunakan sandal (telanjang kaki) tapi pastikan tidak ada beling, kaca atau paku di jalanan yah. Sebuah sabuk dukungan panggul akan memberikan bantuan cepat.’

Berhati-hatilah ketika masuk dan keluar dari tempat tidur, mobil atau mandi. Jika Anda berbaring, tariklah lutut Anda sampai sejauh yang Anda bisa lalu berhentisejenak kemudian gerakkan panggul pelan pelan ketika hendak bangun dari tempat tidur. Jika Anda sedang duduk, coba melengkungkan punggung dan dada mencuat keluar sebelum memindahkan kaki Anda, karena hal ini juga membantu untuk menghentikan panggul dari pergerakan yang ekstrim.

duduk di bola persalinan (birthing ball) dan dengan pelan-pelan melakukan goyang panggul akan membuat berat bayi dalam posisi stabil. Nah lakukan sesering mungkin tapi ingat! Ini dilakukan hanya setelah usia kehamilan anda lebih dari 34 w

Hindari mengangkat berat atau mendorong. troli Supermarket sering dapat membuat Anda sakit parah, jadi lebih baik belanja saja di toko online atau meminta seseorang untuk berbelanja untuk Anda.

Ketika naik tangga, naik kan kaki Anda satu langkah pada satu waktu dan Hanya menggunakan tangga ketika Anda harus.

Akupunktur dapat membantu, tapi pastikan dokter terlatih dan berpengalaman dalam meng-akupunktur wanita hamil.

Osteopati dan chiropractic dapat membantu, tapi sekali lagi, pastikan Anda melihat praktisi yang bersertifikat yang berpengalaman dalam merawat ibu hamil.

Apakah sciatica ini dapat berpengaruh ketika saya persalinan nanti?

Jawabannya adalah IYA!

Jika Anda menderita sciatica, maka Posisi yang dapat Anda gunakan selama persalinan mungkin dibatasi oleh linu panggul yang Anda alami atau rasakan. Nah solusi yang bisa Anda gunakan adalah cobalah untuk Menggunakan kolam untuk melahirkan karena ini dapat sangat membantu, karena akan membuat lebih mudah bergerak dan rasa hangat dari air hangat yang ada membantu meredakan keluhan yang anda rasakan serta melancarkan peredaran darah terutama di sekitar panggul dan punggung.

Anda bisa menggunakan kolam persalinan hanya untuk kala I saja (jika Anda tidak menginginkan waterbirth) jadi fungsi kolam disini hanya tuk kurangi rasa nyeri dan sakit yang Anda derita akibat sciatica atau kontraksi dan memudahkan Anda untuk tetap mobile/bergerak karena saat persalinan Anda justru harus banyak bergerak tuk bantu posisi kepala semakin turun melewati panggul dan jalan lahir. Lalu ketika kepala sudah mulai crowning atau membuka pintu vagina, anda bisa beranjak tuk beralih ke tempat tidur dan melahirkan bayi Anda di darat (di atas tempat tidur).

Lalu apakah ini juga mempengaruhi saya saat proses nifas dan menyusui?

lagi-lagi jawabannya adalah IYA!

menjaga postur tubuh Anda Ketika menyusui, sangatlah penting tuk ringankan keluhan. duduk di kursi bersandaran tegak. Angkat bayi ke payudara Anda dengan bantal dan menjaga kaki Anda rata di lantai.

Ketika Anda mengangkat bayi Anda, jagalah agar punggung tetap lurus, tekuk lutut Anda dan menghindari gerakan memutar.
Tanyakan kepada bidan atau fisioterapis tentang kelas-kelas olahraga yang Anda dapat bergabung untuk meningkatkan kebugaran, kekuatan dan fleksibilitas Anda. Ini akan membantu untuk mencegah masalah Anda menjadi berkelamaan.

Nah semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda ya 😉

Ayo nikmati kehamilan ini menjadi kehamilan yang menyenangkan dan nyaman

Source : bidankita.com

 Referensi:

  • Berkmann S, Fandino J. 2012. Pregnancy and childbirth after microsurgery for lumbar disc herniation. Acta Neurochirurgica. 154(2): 329-34 
    · Hall TM, Elvey RL. 1999. Nerve trunk pain: physical diagnosis and treatment. Manual Therapy. 4(2): 1-11 
    · MacEvilly M, Buggy D. 1996. Back pain and pregnancy: a review. Spine. 21(6): 702-709 
    · Ostgaard H, Zetherstrom G, Roos-Hansson E. 1994. Reduction of back and posterior pelvic pain in relation to pregnancy, Spine. 19: 894-900 
    · OTIS. 2010. Ibuprofen and pregnancy. www.otispregnancy.org [Accessed June 2012] 
    · Schafer A, Hall T, Briffa K. 2009. Classification of low back-related leg pain – A proposed patho-mechanism-based approach. Manual Therapy. 14: 222-230 
    · Valat JP, Genevay S, Marty M, Rozenberg S, Koes B, 2010. Sciatica. Clinical Rheumatology. 24(2): 241-52 
    · van Tulder M, Peul W, Koes B. 2010. Sciatica: what the rheumatologist needs to know. Rheumatology. 6(3): 139-45 
    · Weber H, Holme I, Amlie E. 1993. The Natural Course of Acute Sciatica with Nerve Root Symptoms in a Double-Blind Placebo-Controlled Trial. Spine. 18(11): 1433-1438 
    · Weinreb JC, Wolbarsht LB, Cohen JM et al. 1989. Prevalence of lumbosacral intervertebral disc abnormalities on MRI images in pregnant and asymptomatic nonpregnant women. Radiology. 170: 125-8
    http://www.babycentre.co.uk/a546397/sciatica-in-pregnancy#ixzz2Mr95krPu