0

Keluhan Selama Hamil

Semua ibu hamil pasti ga jauh2 dari yg namanya keluhan..tiap semester pasti adaaaaa aja rasa ga enak …rasa serba salah…mpe rasa paling menderita di dunia ini (lebay kkkk)…Saat hamil, tubuh memproduksi hormon dengan jumlah yang banyakkkk sekali sehingga terjadi beberapa hal “baru” pada tubuh bumil . Hormon apa aja sih yg muncul? Yg banyak diproduksi antara lain progesteron, oksitosin, estrogen, HPL, relaksin, prolaktin… wew >,< lewat tulisan ini aq mau share2 soal pengalamanku selama hamil n gimana cara aq ngurangin rasa sakitnya..cekidot mommy >,<

1. Mual

ini rasa yg pasti nongol …cuma beda2 buat masing2 ibu hamil,,,ada yg ngerasain di smester 1, semester 2, ada yg mpe slama hamil mual mulu, tapi ada juga yg mual free alias ga ngerasain mual sama skali …kalo aq sendiri ngerasain di minggu 12-14 ..rasanya luar biasa!!!! tiap ada yg masuk, langsung mual n pengen muntah mpe keringet dingin semua, kadang mpe nangis saking bingungnya mesti gimana (red: bunda manja) ..nah buat ngurangin mualnya…aq mengurangi porsi makan..bukan diet ya..lebih tepatnya berhenti makan sebelon kenyang seperti yg diajarkan nabi Muhammad saw..karna makin banyak yg masuk..makin penuh rasanya perut…makin besar kemungkinan untuk muntah. Makan dengan porsi sedikit tapi sering, kalo laper jgn mpe ga diisi ya bun, karena rasa laper malah memancing rasa mual juga. Perbanyak makan buah, terutama buah yg banyak mengandung air kayak semangka atau pir. Susu tetep harus masuk, paksain…kalo susu hamil ga bisa masuk, coba diganti susu UHT yg rasanya lebih enak..ga perlu susu ibu hamil, karena intinya nutrisi dari susu itu sama baiknya..bedanya susu hamil hanya nambahin embel2/klaim iklan dari si produk…pokoknya jgn mentang2 mual nutrisi dedek ga dipikirin…tanemin pikiran “demi anak” ..kita mungkin tahan kalo ga makan..tapi anak dalam kandungan ga bun…mereka butuh energi, kalori, n nutrisi dan siapa lagi yg bisa kasih itu semua kalo bukan qta bundanya..

lagian bun ..aq pernah baca niy ,,klo rasa mual yg qta rasain itu karena hormon HCG yg dikeluarin lebih tinggi..aq lebih seneng nyebut niy hormon dengan sebutan hormon “bunda aq ingin hidup” …jadi ditengah2 perjuangan dedek buat tumbuh di tengah2 kondisi si ibu yg rentan stres dengan sgala perubahan fisik dan hormonal, hormon ini lah yg dibutuhin dedek untuk bertahan…so bunbun yg gi mual2..smangaaaat ><

2. Pusing

wah ini rasa yg dah jadi temen di trimester 1 dan 2..bisa terjadi karena perubahan hormonal, ga lancarnya sirkulasi darah dan oksigen di tubuh qta, mpe kurang darah..tiap kali ngerasa pusing, yang aq lakuin adalah minum aer putih yg banyak, karena aer putih bisa ngebantu memperlancar sirkulasi oksigen dan darah yg cenderung lebih kental saat hamil. kalo ga mempan juga aq ngelakuin gerakan seperti sujud selama 10 menit supaya peredaran darah yg tersumbat bisa lancar lagi. kalo ga mempan juga , minum vitamin tambah darah, bisa konsultasikan dengan dokter soal vitamin tambah darah yg aman..tapi aq minum sangobion. Slaen itu perhatikan pola makan, perbanyak makan daon2an ijo yg tinggi zat besi kayak bayem, kangkung, makan hati juga bagus. Jangan lupa juga istirahat, tidur istirhat yg cukup..jangan suka begadang…nti anaknya suka begadang juga lho…krna kebiasaan tidur ibu akan membekas di anak, jadi si anak akan mengikuti pola tidur dari si ibu sejak dari dalam kandungan. kalo masih ga mempan juga..syukuri aja sebagai bumbunya hamil ^^

3. Perut kembung

ini rasanya mirip2 magh, dicampur masuk angin..perut begah mulu..kadang kentut mulu..kayak ada angin muter di perut. cara mencegahnya bisa dengan mengurangi makanan2 yg mengandung gas tinggi kayak duren (ini kalo bisa jgn dimakan dlu selama hamil), ketan/ulen , kol, atau mangga (ini perkecualian, reaksi tiap org beda2) . kalo ga tahan banget bisa minum obat magh polysilene…^^

4. Badan pegel2

kalo ini gampang bun, minta pijet ayahnya aja..tapi jangan di perut dan dibagian belakang perut ya heheh…

5. Rasa sakit kayak mau haid

ini biasanya kerasa di trimester 1, trimester 2 dan semester akhir pas mau lahiran…di trimester 1 bisa kerasa karena ada gerakan rahim yg semakin membesar (penarikan ligamen) ngasih ruang buat si dedek, dari yg awalnya kempes kopong..sekarang ada isinya..jadi rahim juga makin membesar doooong, dengan catetan kerasanya ga lama ya bun…tapi kalo kerasanya makin sering dan lama, diikutin sakit pinggang yg menjalar dr belakang ke depan mpe atas vagina qta, sakit punggung yg amat sangat..sebaiknya bunda cepet ke dokter, karena ada kemungkinan keguguran. kalo dah mule kerasa, jangan gundah bun…cukup dibaringkan aja, istirahat dan tarik nafas rileks lama2 kebawa tidur ,pas bangun dah ga krasa lagi^^

6. Sakit Pinggang

ini bisa dirasain dari trimester 1 krna perubahan fisik bunda dari yg tadinya ga bawa apa2 di perut jadi bawa dedek^^ semakin parah kerasa kalo perut dah makin membesar di trimester 2 dan 3 . kalo dah bgini slaen minta dielus2 (bukan dipijet ya) ma ayah, minta dipijet punggungny, kadang berasa nyaman mpe pinggang..aq slalu ngeregangin otot dengan cara bobok miring ke kiri kaki ditekuk dan diselipin bantal di paha (kayak meluk guling) , dedek jg paling nyaman di posisi ini karena sirkulasi oksigen lancar dan ga kedesek organ2 laen

7. Tangan bengkak dan baal

ini mule kerasa di trimester ke-2 , kata dokter c karena kurang kalsium. jadi diperbanyak aja konsumsi kalsium kayak di telor, susu, udang, brokoli, ikan dll dan jangan dibarengain dengan konsumsi zat besi dan zinc, karena akan saling menghambat penyerapannya. Tiap bangun bobo, lakukan gerakan seperti meremas2 dan regangkan otot2 jari tangan.

8. Kaki bengkak

ini mule kerasa di trimester 2 & 3…bisa karena sirkulasi darah yg ga lancar atau peningkatan dan penumpukkan cairan di kaki. bisa tau bengkak ato ga..bisa keliatan dari daerah atas mata kaki, kalo dipencet baliknya lama, berarti itu bengkak. buat ngurangin bengkak aq sedikit mengurangi konsumsi garam. trus jangan duduk dengan kaki di gantung sebisa mungkin kaki diganjel tinggi supaya jangan gantung pas duduk. Bisa juga dengan rebahan dan kaki dinaekkan ke atas tembok atau diganjel dengan bantal supaya posisi lebih tinggi. tiap bangun bobo, regangkan otot kaki dengan memutar2 bagian kaki (hanya kaki ya, tanpa betis dan lutut) ke kanan secara berulang, ke kiri secara berulang, dan depan belakang. 

9. Sakit Punggung

wah ini luar biasa sakitnya …trutama di trimester 3..bisa karna pengaruh gravitasi karena dedek makin gede jadi makin narik ke bawah dengan bobot yg makin berat juga (sehat^^) . kalo ini dicoba dengan biasain duduk/bediri ga bungkuk, jadi tarik pundak supaya badan tegak. bisa juga dengan ngeregangin otot dengan cara bobok miring ke kiri kaki ditekuk dan diselipin bantal di paha (kayak meluk guling). Mandi aer anget juga bisa ngurangin, apalagi pake shower yg tepat dialirin di punggung. Saat kita mau ambil barang di bwah juga, hindari posisi membungkuk buat ambil barangnya, tapi duduklah baru diambil barangnya. Bisa juga latihan punggung dengan cara dalam posisi merangkak, lengkungkan punggung ke atas, tahan hingga hitungan ke sepuluh, ulangi hingga lima sampai sepuluh kali, setiap hari. dan jangan lupa pijetan ayah punya daya ampuh luar biasa lho >,< 

10. Ngilu sendi, susah gerak

hormon yg jadi biang keladi ngilu2 di persendian sampe bikin bumil susah gerak, sakit pinggang dsb. Si hormon terdakwa ini juga yang jadi biang kalo bumil lebih gassy, sering sakit mag, ngilu di area miss V. Terdakwanya : Relaksin. Saat hamil, hormon relaksin diproduksi sampai 10X lipat lebih tinggi dibandingkan sebelum hamil. Plasenta pada bumil sibuk memproduksi hormon relaksin yang sebetulnya fungsinya bagus lhooo.. Ini yg bantu kita lahiran normal. Relaksin ini punya tugas untuk melenturkan otot, jaringan dan persendian pada ibu hamil.. Jadi lentur dan lahirannya gampang. Harusnya sih, emang tugasnya terfokus pada daerah panggul dan tetangga2nya.. Tapi kadang si hormon terlalu semangat kerjanya. Sangking semangatnya, otot2 dan persendian jadi kerasa loncer, longgar, apalagi daerah pelvic (kemaluan) udah kayak mau copot 😀 Banyak yang akhirnya sakit di daerah kemaluan, terutama kalau jalan atau bergerak hingga jadi kasus SPD .. Haaa apalagi tuh? SPD itu “Symphysis Pubis Dysfunction” ini kondisi saat ligamen (mirip2 engsel deh) di daerah pelvic jadi terlalu kendorrrr.. Dan kalo relaksin udah terlalu semangat kerja gini, efeknya juga bisa sampai ke persendian lain… duhhhh nikmat yaaa 🙂 Kadang kondisi ini juga bisa berlangsung beberapa minggu/bulan setelah melahirkan sampe hormon kembali normal. Jadi gimana dong kalo gini? Ga enak banget ya… yang pertama bisa dilakukan… ikhlasssss.. Jalani yaaaa 🙂 Justru bersyukur lho kalo hormon relaksin ini udah bekerja sejak awal kehamilan, karena yg melenturkan panggul ya beliau ini.. Jadi kalo baby besar, ligamen pada tulang kemaluan masih bisa melarrrrr supaya si baby bisa lewat dengan tenang. Jadi ibaratnya buat tubuh bumil.. kalo meja, harusnya kaki2nya dipaku supaya kuat, nah ini bukan dipaku tapi diiket dengan karet…Jadi ligamen yg jadi “pengikat” persendian, yg tadinya kokoh, sekarang lembek dan lentur… ngerti ya? Salah satu cara yg bisa dilakukan supaya lebih nyaman terutama di area kemaluan, pakai penyangga kehamilan (pregnancy belt). Banyak kok yang jual di toko2 bumil atau babyshop… supaya tumpuan berat ke arah pelvic lebih dibantu aja. Kalo betul2 lagi nyeri, coba relaksasiiiii… supaya endorphine keluar dan membloking rasa nyerinya juga…Boleh dibantu kompres handuk hangat.. Atau berendam di bak mandi dengan air hangat.. Lalu coba senam kegel supaya gesekan2 tulang di dekat ligamen yg lentur ini tidak menimbulkan bengkak sehingga makin sakit.. Latihan yoga dan pelvic rocking di atas bola, atau cat-cow positions juga bagus untuk menguatkan otot pelvic… berenang juga lohhh.. Dan kalau kondisinya demikian, jangan angkat2 benda berat ya.. Jangan gendong anak di atas 10kg apalagi gendong suami.. mari kita senam kegellll… tahannn…. Lepassss… tahannnn… lepasssss… ^_^

jadi emang kehamilan ga jauh2 dari keluhan,tinggal bagaimana tiap pribadi menerimanya. Syukurilah kehamilan bunda sebagai anugerah luar biasa dari Allah, jangan jadikan semua keluhan itu jadi beban dan penderitaan. Buat supaya diri kita bisa menerima kehamilan itu. Ga semua orang bisa hamil lho, anak adalah amanah dan rezeki luar biasa dari Allah.

Selain itu, biasakan olahraga supaya otot2 ga kaku. Ibu hamil bukan berarti harus diem aja ga ngapa2in. coba olahraga2 ringan kayak jalan pagi atau berenang. berenang adalah olahraga paling aman untuk ibu hamil karena ga rentan cedera. Jalan pagi juga bisa meregangkan otot dan bisa berpengrauh saat persalinan, lagian jalan pagi bisa dapet bonus udara pagi yg masih seger, yg bisa qta hirup buat dedek, apalagi kalo jalan2’n sama ayah , skalian ke pasar (lho kkk) . kalo dah mule 7 bulan, bisa coba yoga prenatal atau senam hamil. 

dan yang paling penting dari semuanya adalah pikiran qta harus selalu positif. Dengan menanamkan afirmasi positif, semuanya terasa lebih ringan. Pasrahkan semuanya sama Allah. Dengan pikiran yang positif, alam juga akan bereaksi postif sama qta, badan juga terasa lebig bugar dan sehat ^^

Have a nice pregnancy mommy ^___________^

Advertisements
0

USG 4 Dimensi

uuugghhh ga sabar pengen cepet2 USG 4D walopun dah tau kalo anak kesayangan qta adalah jagoan, tetep penasaran pengen tau mukanya mirip ayah atau bundanya, gimana kondisi rumah “dedek” di dalem >,< mudah2an semuanya sehat, normal, dan sempurna amiiiiin YA ALLOOH

dari hasil browsing di gugel, aq penasaran banget ma Harmoni Obginozone Health Center,  pertimbangan pertama : murah! hahaha.. periksa dokter + USG 4D + print cuma Rp150ribu! hm.. sempet underestimate, jangan2 Lab abal2.. trus lanjut gugel tentang review orang2, ternyata banyak juga yang udah kesana. banyak review yang memuaskan. wuih, jadi makin penasaran..ditambah lagi review soal dokternya yg “unik” punya persepsi yg beda ma dokter2 yg kebanyakan komersil akhir2 ini n pikiran2 nyentriknya soal susu ibu hamil dll …penasaraaaaaaan

langsung deh aq telpon…
harganya : bener 150ribu (periksa + USG + print 4 photos), 250ribu (periksa + USG + print 4 photos + burn CD)
jadwalnya : senin-jumat jam 10.00-18.00 WIB, sabtu jam 10.00-13.00 WIB
cuma katanya klo hari senin dokternya suka dateng siang karna praktek di RS dulu. klo sabtu, penuhhhh banget. jadi disaranin dateng selain di 2 hari itu. oke sip lah, tinggal nunggu jadwal kerja ayah shift 1…jadi rencana pagi2 daftar sendiri kesana trus sambil nunggu antrian n ayah selese kera…nangkring dlu di kosan adekku Tante Ila (Tante Lemak) lumayan bisa ntn RM XDDD

trus aq tanya juga :
– apa bener yang USG dr. Bob Ichsan Masri sendiri? >> katanya iya
– USG bisa dilakukan di usia kandungan berapa bulan? >> katanya usia 5/6/7 berapapun boleh 
– ada efek sampingnya apa ngga? >> katanya ngga, karna sifatnya sama aja kayak USG 2D cuma lebih jelas aja

ini dia beberapa flyer yang gw unduh dari web-nya :

USG 4 D nya sama Dr. Bob Ichsan Masri di klinik Harmoni Obginozone Health Centre pas 32 minggu. Knapa USG 4D nya disana, selain karena murah cuma 150rb , sedangkan di Hemina  tempat laen bisa mpe 500-800rb…tapi murah bukan brati jelek lho..Dr. Bob punya pemikiran yg sangat pro-normal. Kalo ada yg mau melahirkan di dia n misal cuma punya uang seadanya, asal dikasih tau maks. 3 jam sebelumya…dia bakal nyari donatur ke tmen2 dia yg 1 pemikiran ma dia buat biaya mlahirkannya..ada yg lahiran normal nginep 3 hr di kliniknya cuma bayar sejuta, pdhal sebelumnya si ibu udah divonis secar oleh dokter sebelomnya ckckckkc…katanya dia kasian sama si janin, dia lahir ke dunia ga milih sapa ortunya…kalo bisa milih, dia pasti milih jd anaknya Sultan Brunei hahahah…semoga makin banyak org seperti Dr.Bob. 

Nah…dah niat deh dateng pagi2 karena saking banyaknya pasiennya…jadi lebih baek dateng sepagi mungkin..karena ayah masih kerja, jd pendaftaran aq ditemenin tnte iluy..sampe sana jam stengah tujuh dapet no.antrian 12. Abis klinik dibuka, langsung deh di data n dicek tensi dan berat badan tiap bumil..seperti biasa tensi normal tp berat aq 58 kg *0* (naek sekilo dr trakhir timbang di Hermina). abis itu plg lagi ke kosan tante iluy, katanya c kemungkinan baru dipanggil sore wowwww bgt perjuangannya.

Sorenya aq dateng ma si ayah, karna no.antrian dah kelewat, terpaksa nunggu 3-4 pasien br bs masuk…baru bisa ketemu dokternya jam stengah 5 sore..dan sambil di USG dokter bob niy sambil ngoceh…aq n ayah sambil sibuk ngeliatin kamu di tv depan , diitung jarinya ada 5 (kaki n tangan), diliatin mata, idung, mulut, telinga, kepala, perut, alat kelamin, tangan, kaki, alhamdulillah lengkap semua >,< lucunyaaa ngeliat tangan dedek lagi nutupin muka,,dr. bob bilang buat bumil ga perlu minum susu hamil, udah cukup dari makanan sehari2, dia bilang nenek moyang qta jg belom ada susu kyk skrg, tp anaknya pinter2..dia jg bilang mata minus kayak aq bisa mlahirkan normal maksimal berat dedek 3,5 kg..jangan tunggu sampe 40 minggu krna ketuban dah kering n berat dedek pasti dah wow banget,,sring2 jalan banyak gerak supaya dedek bisa lahir sebelom 40 minggu. enak banget konsul ma dr.bob wlopun ngomongnya cepet bgt,hampir sejam lho …ga krasa, beda sama dokter2 laen yg maen nutul2 aja pas usg ato konsul. selese konsul dikasih 3 print USG 2D perut, kepala, alat kelamin, dan plasenta + USG 4D 3 lembar (tangan/jari dan muka dedek) senengnyaaaaa *0*…alhamdulillah

usg1

 

 

 

 

 

 

 

Cirebon Barat-20130522-00183

ini hasil USG 4D di buku hamil bunda ^^

Cirebon Barat-20130522-00182

ini hasil print 2D (kepala, perut, alat kelamin, dan plasenta)

semoga dedek sehat terus sampe nti saatnya lahir…dah ga sabar bgt pengen liat dedek,,,pengen peluuuuuuuk

 

0

Hypnobirthing dan Persalinan

Saat seorang ibu hamil memasuki trimester terakhir, banyak sekali ibu yang mengalami stress, takut dan kecemasan. Mulai dari takut sakit/ merasanya nyeri saat bersalin, takut terjadi komplikasi saat bersalin dan panic. Namun bagi ibu-ibu yang sudah belajar tentang hypno-birthing, peristiwa persalinan hanyalah sebuah tantangan yang pasti bisa dilewatinya dengan nyaman, lancar dan nikmat.

Untuk menghadapi proses persalinan agar terasa nyaman, dan lancar para wanita bijak memilih untuk menggunakan hipno-birthing untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa takut saat bersalin sehingga pengalaman persalinan yang mereka dapatkan adalah sebuah pengalaman yang indah dan tak terlupakan.

Dimasa lalu kata “hipnosis” identik dengan magic dan gambaran penghipnotis akan mempengaruhi orang lain untuk masuk dalam situasi yang memalukan. Namun sekarang hypnosis digunakan sebagai terapi dalam berbagai bidang kedokteran, anestesi gigi dan sesi terapi pribadi. Meskipun demikian, ada banyak kesalahpahaman tentang hipnosis yang dapat menghalangi mereka belajar metode yang canggih ini.

 Berikut ini persepsi yang benar tentang hypnosis:

* Semua Hypnosis adalah self-hypnosis, hipnoterapis/ orang yang melakukan hypnosis sebenarnya adalah fasilitator. Seseorang dapat memilih untuk masuk ke dalam keadaan hipnosi maupun tidak.

 * Sekitar 90-95% dari manusia dapat dihipnotis. Kemauan, keyakinan dan motivasi memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan hypnosis.

* Selama hipnosis anda tidak tertidur atau tidak sadar, dan selalu bisa “keluar”  dari kondisi hypnosis kapan saja Anda inginkan.  Dalam kondisi hypnosis anda tetap memegang kendali atas diri anda.

* Dalam keadaan hypnosis Anda tidak dapat dibuat untuk membocorkan informasi atau melakukan apa saja yang anda tidak maui.

lalu bagaimana dengan Hypnosis untuk proses persalinan?

saat ini Hipnosis digunakan dalam bidang medis/kedokteran, pembedahan dan kedokteran gigi dengan sukses. Banyak sekali manfaat yang sudah didapatkan pasien terutama yang memiliki alergi dengan obat anestesi, dengan ini, memungkinkan mereka untuk menjalani operasi tanpa obat-obatan dan tanpa rasa sakit.

kita tahu bahwa pikiran dapat dilatih untuk mengalihkan rasa ketidaknyamanan menjadi tekanan  ringan saja, dan dalam proses persalinan hal ini juga di gunakan. Selain itu, pada saat proses persalinan, dengan ibu bida menerapkan relaksasi apalagi di sela kontraksi, maka ibu akan merasa jauh lebih nyaman sehingga ibu mampu mengalami pengalaman persalinan yang nyaman dan indah. Relaksasi hypno-birthing dapat dipelajari dan dipraktekkan sehari-hari dalam persiapan untuk kelahiran menggunakan visualisasi dipandu dan diikuti oleh sugesti positif. Dan dalam keadaan hypnosis sugesti positif akan terekam di alam bawah sadar klien, sehingga sama seperti Laptop yang terkena “virus” (Virus= pikiran dan anggapan bahwa bersalin itu menyakitkan) , sugesti positif mampu me ‘reprograming dan mendelete’ virus-virus tersebut dan mengganti dengan ‘program’ baru yaitu bahwa bersalin itu normal, lancar, nyaman dan menyenangkan!

Ketakutan dan Harapan

Seperti kita ketahui bahwa dipedesaan atau jaman dahulu melahirkan dianggap sebagai suatu peristiwa, alami yang normal terjadi dalam kehidupan seorang wanita. Para wanita melahirkan diberi dukungan dari wanita lain, dan anak-anak sering hadir untuk menyaksikan acara tersebut. Dengan cara ini, kelahiran dirayakan dan dihormati. Gadis-gadis muda kemudian tumbuh dengan sistem keyakinan bahwa kelahiran adalah peristiwa positif dan harapan mereka terhadap proses melahirkan mencerminkan tercermin dalam sikap mereka. Akibatnya, kelahiran mereka mirip dengan para pendahulu mereka, tanpa rasa sakit dan ketakutan. Mereka memiliki harapan positif melahirkan.

Nah, sekarang…dalam budaya kita, yang terjadi adalah sebaliknya. Proses persalinan yang semula adalah urusan domestic, sekarang menjadi urusan public. Semua wanita dianjurkan bahkan diwajibkan untuk bersalin di Rumah Sakit (padahal sebenarnya yang bersalin itu bukan orang sakit kan?). dan apa yang terjadi di RS? Banyak sekali terjadi persalinan patologis bahkan sampai operasi. Bukan hanya itu saja tayangan infotaiment dan TV pun selalu menyajikan gambaran bahw proses persalinan adalah proses yang “berdarah-darah” penuh “peluh, jeritan” dan yang parah lagi adalah persalinan dianggap “antara hidup dan mati” padahal yang benar adalah persalinan itu antara hidup dan hidup!

Akhirnya generasi kita diajarkan bahwa Untuk melahirkan bayi adalah menyakitkan, harus dihadapi dengan rasa takut, panik dan gentar. Sehingga muncul keyakinan bahwa bersalin itu sakit.

Ketika belajar tentang bagaimana pikiran dapat mengontrol tubuh, pasangan hamil diajarkan untuk berada di lingkungan yang positif, untuk menciptakan pandangan positif melahirkan dan harapan bahwa mereka akan melahirkan dengan pengalaman, indah damai yang mereka inginkan. Ketakutan dalam proses persalinan dapat menciptakan ketegangan, yang menciptakan rasa sakit. Ketakutan dan kecemasan juga dapat membuat produksi adrenalin dalam tubuh meningkat, sehingga menyebabkan persalinan menjadi  disfungsional, ini yang akan menjadi alasan umum untuk dilakukan bedah Bedah Caesar. Kebebasan dari rasa takut dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman melahirkan.

 Hypnosis untuk melahirkan mengajarkan wanita bagaimana untuk masuk ke dalam self-hypnosis langsung, dan menciptakan anestesi alami sendiri kapan saja dan di mana pun dia membutuhkannya. Hal ini penting sebab obat-obatan yang diberikan saat proses persalinan (induksi/ anesthesia) dapat berbahaya baginya, dan terutama bayinya. Dalam proses persalinan seorang wanita memiliki kontrol total atas tubuhnya, dan merupakan peserta aktif dalam proses kelahirannya. Dengan belajar hypnosis saat proses persalinan berlangsung, dia dapat lebih rileks, masuk lebih dalam di dalam dirinya sendiri, percaya pada kemampuan alamiah tubuhnya untuk melahirkan dengan kemudahan dan kenyamanan. Otaknya diprogram untuk memberikan persis apa yang dia butuhkan.

Apakah benar bisa benar-benar tanpa rasa sakit?

Jawabannya adalah YA BENAR, tetapi ada banyak variabel yang mempengaruhi hasil dalam proses persalinan. pasangan perlu memiliki pandangan positif tetapi realistis tentang hipnosis untuk melahirkan. Setiap wanita hamil dan pasangannya harus bertanggung jawab terhadap pilihan yang mereka buat saat proses persalinan dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi dinamika dan hasil. Banyak proses persalinan yang indah telah digagalkan dengan tidak menyadari bagaimana membuat positif, pilihan informasi, maupun rasa tidak sabaran, dan kurang telaten. namun masalah ini mudah diatasi dan pelajari di kelas hypnobirthing. namun yang pasti adalah wanita yang menggunakan hipnosis jauh lebih tenang dan lebih santai selama persalinan, yang secara otomatis menciptakan kenyamanan yang lebih, serta memiliki sugesti yang kuat pasca-hipnosis untuk benar-benar menghilangkan rasa sakit dan rasa takut. Seberapa efektif ini? Statistik akan berbeda  sesuai dengan program dan metode yang dipilih, tergantung pada panjangnya dan jumlah sesi hipnosis, bahan yang digunakan dalam masing-masing kelas, dan keterampilan dari hipnoterapis, serta dedikasi dan kepatuhan terhadap program setiap pasangan melahirkan.

Idealnya, instruktur hipnosis untuk melahirkan/ instruktur hypno-birthing haruslah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan hipnoterapi dan pendidikan kesehatan terutama pendidikan tentang obsterty (contohnya bidan dan dokter ObsGyn), sehingga mampu menjawab semua kebutuhan pribadi setiap wanita. Dengan persiapan yang memadai dan kepercayaan dalam proses alamiah dalam proses persalinan, sebagian besar perempuan dapat mersakan lebih santai dan nyaman saat bersalin, dan bahkan banyak benar-benar bebas dari rasa sakit.

 Manfaat menggunakan hipnosis untuk melahirkan:

–         Mengurangi bahkan tidak memebutuhkan obat sama sekali, yang ini berarti mengurangi risiko efek samping pada ibu dan bayi.

–         Memperpendek proses persalinan dan membuat respon otot dan syarat terhadap rasa nyeri sangat minimal dan dapat dieliminasi.

–         Ibu dapat menghemat energinya karena selama proses persalinan ibu dapat merasakan rileks.

–         Lingkungan yang tenang dan damai sangat mendukung kelancaran proses bersalin.

–         Posisi janin yang sungsang, melintang atau kelainan letak kepala pun dapat diatasi dengan hypnosis.

–         Meminimalkan intervensi dalam persalinan sehingga meminimalkan kejadian komplikasi juga birth trauma.

–         Bayi dapat tidur dengan baik karena banyaknya endorphin yang mengalir kedalam tubuhnya selama proses persalinan.

Bagaimana sebuah kepercayaan yang sederhana dapat membuat sulit pada saat melahirkan?

 Apa gambar yang diciptakan dan apa perasaan yang Anda miliki ketika Anda mendengar kata “Melahirkan? Bagaimana tentang proses persalinan atau Rumah Sakit? ” Apakah “menyakitkan, Menyiksa, bahkan bayangan hidup dan mati atau yang serupa muncul dalam pikiran anda seketika itu juga?”

Beberapa decade terakhir ini banyak pesan budaya menjelaskan bahwa proses persalinan/ melahirkan sebagai suatu peristiwa yangluar biasa menyakitkan, yang dapat menyebabkan stres besar dan ketakutan pada ibu. Seberapa sering seorang wanita mendengar cerita tentang proses persalinan yang damai atau tenang? Sangay jarang sekali, justru yang terjadi adalah sebagian besar ibu baru dibombardir dengan cerita-cerita horor tentang kelahiran. Padahal Seorang ibu yang pertama kali hamil dan hendak bersalin tidak tahu apa yang diharapkan, mereka sangat rentan terhadap komentar-komentar atau cerita-cerita negatif tersebut. Meskipun orang lain tidak menyadarinya, mereka membantu untuk mengabadikan mitos bahwa kelahiran HARUS pengalaman yang menyakitkan dan menakutkan. Acara TV dan film menunjukkan bahwa melahirkan adalah periwtiwa yang dramatis atau super menyakitkan, dan jarang sekali dikemas sebagai peristiwa yang indah dan ajaib.

Bagaimana jika pemikiran tentang persalinan tidak seharusnya seperti itu? Bagaimana jika tubuh wanita sebenarnya diciptakan dengan cara yang hampir menjamin bahwa dia akan memiliki kelahiran lembut dan nyaman, apakah ia hanya akan percaya tubuhnya untuk mengetahui secara naluriah cara melahirkan? Bagaimana jika wanita mempercayai bahwa alam adalah bijaksana, dan kemudian meyakini pada kebijaksanaan bahwa dia dapat melahirkan dengan cara alami dan nyaman?

Luar biasa bukan?

Di pedesaan sekitar 80% dari bayi dilahirkan dengan bantuan bidan, perawat, atau dukun. Sedangkan di perkotaan apalagi kota besar banyak sekali yang melahirkan di RS dengan segala SOP-nya Akibatnya, ia telah menciptakan banyak prosedur untuk kenyamanan dan manfaat dari dokter, bukan untuk keselamatan dan kenyamanan ibu dan bayi. Hasilnya adalah pendekatan agresif lebih sering, daripada pendekatan yang lembut, pasif yang memungkinkan alam untuk berperan dalam proses persalinan tersebut. 

Bukankah ini cara yang lebih baik?

Seorang ibu yang telah memiliki pengalaman melahirkan yang indah akan memiliki asosiasi positif dalam pikiran dan emosi kepada bayi mereka, persalinannya lebih mudah, non-traumatik, tidak menyakitkan dan lembut dan ini akan menciptakan hubungan yang sangat positif untuk orangtua. Ini awal yang positif untuk hubungan mereka yang akan meningkatkan interaksi orangtua-anak selamanya. Banyak psikolog percaya bahwa bayi yang lahir dengan lembut tumbuh menjadi orang dewasa lebih lembut, dan memiliki kemampuan lebih besar untuk menangani masalah-masalah dengan non-kekerasan.

Berikut ini adalah beberapa metode lain yang populer untuk melahirkan:

Metode Bradley

Metode ini diciptakan oleh Robert Bradley, seorang dokter kandungan Amerika juga dikenal sebagai suami-dilatih sebagai pendamping persalinan yang aktif. Pendekatan ini menekankan diet dan latihan untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman kehamilan.Metode ini mencakup tentang kehamilan dan persalinan, relaksasi yang mendalam, fokus ke dalam, dan pernapasan perut lambat. Pasangan/pendamping persalinan diajarkan untuk menjadi peserta aktif dalam proses persalinan. Mereka belajar untuk mengidentifikasi ketika ibu hamil berada dalam ketidaknyamanan, dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut dalam persalinan. Metode ini menghambat penggunaan obat, kecuali dalam kasus-kasus ekstrim. 86% dari ibu-ibu yang menggunakan teknik Bradley dapat bersalin normal per vaginam tanpa obat. Kelas umumnya dilakukan mingguan selama dua belas minggu.

 Metode Lamaze

Metode ini di ciptakan oleh seorang dokter kandungan Perancis, bernama Dr Ferdinand Lamaze dan dikembangkan pada tahun 1940 dan menjadi populer di Amerika Serikat karena buku yang diciptakan oleh Marjorie Karmel, Thanks to Dr Lamaze. Teknik Lamaze mendukung kelahiran sebagai proses alami dan sehat. Ini menekankan bahwa wanita memiliki hak untuk memiliki proses persalinan yang bebas dari intervensi medis, tetapi mereka tidak menganjurkan intervensi medis terhadap rasa nyeri selama persalinan.

Metode ini juga sangat pendukung proses menyusui. teknik pernapasan khusus digunakan untuk relaksasi. Penggunaan posisi melahirkan yang berbeda, bola melahirkan atau orgasme untuk mengejan, atau segera saat proses persalinan. Penelitian ini didasarkan pada prinsip respon terkondisi dari praktek dan pengulangan.Pasangan dididik tentang proses persalinan dan dilatih untuk melakukan latihan tertentu. Latihan termasuk mekanika tubuh yang tepat, pengkondisian tubuh untuk persalinan dan melahirkan, relaksasi, dan teknik pernapasan dikendalikan. relaksasi aktif dan pola pernapasan yang fundamental untuk metode ini.

Pasangan didorong untuk menetapkan tujuan mereka sendiri untuk sukses. Sebuah kelas selama 10-12 jam ditawarkan dalam berbagai format (akhir pekan, empat minggu, lima minggu, enam minggu, dll) Sistem ini didasarkan pada keyakinan bahwa melahirkan adalah suatu proses yang alamiah, bukan peristiwa medis. Ini mengajarkan orang tua melahirkan kekuatan-kesadaran diri. terdapay empat perspektif: Ibu, Ayah, Bayi dan Budaya. Membantu membangun sebuah pola pikir mengatasi rasa sakit sepenuhnya sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam perjalanan persalinan. 

 Birthworks 

Metode ini mencakup filsafat yang mengembangkan diri wanita-keyakinan dan kepercayaan pada kemampuan bawaan untuk melahirkan. Kelas adalah pengalaman, persiapan fisik dan emosional. pola pernapasan tapi lambat, bernapas dalam-dalam untuk menciptakan relaksasi. Kepercayaan bahwa pengetahuan tentang kelahiran sudah ada dalam setiap wanita dan itu sebuah proses

 Waterbirth 

Penggunaan kolam air hangat untuk melahirkan adalah sebuah tren yang relatif baru dalam Budaya Barat. Selama tahun 1960-an, peneliti Rusia Igor Charkovskymelakukan penelitian yang cukup besar dalam keselamatan dan manfaat dari waterbirth di Uni Soviet. Pada akhir 1960-an, dokter kandungan dari Perancis Frederick Leboyer mengembangkan praktek merendam bayi yang baru lahir dalam air hangat untuk membantu memudahkan transisi dari rahim ke dunia luar, dan untuk mengurangi dampak dari setiap trauma lahir mungkin terjadi. Dokter kandungan lain dari Perancis, Michel Odent, mengambil pekerjaan Leboyer lebih jauh ketika beberapa wanita menolak untuk keluar dari air untuk melahirkan. Odent menggunakan kolam air hangat untuk penghilang rasa sakit untuk ibu, dan sebagai cara untuk menormalkan proses kelahiran. Odent mulai meneliti manfaat waterbirth bagi bayi yang dilahirkan dan potensi masalah dalam kelahiran tersebut. Pada akhir 1990-an, ribuan wanita telah melahirkan di pusat persalinan-nya Odent di Pithiviers, dan gagasan melahirkan di dalam air telah menyebar di banyak negara-negara Barat lainnya bahkan sampai ke Indonesia, dan sampai saat ini BALI adalah salah satu Center waterbirt di Indonesia.

Para pendukung percaya metode ini memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi.Berikut ini adalah daftar manfaat potensial.

– Memberikan kenyamanan yang lebih pada ibu dan mobilitas. Sang ibu memiliki kemudahan yang jauh lebih besar dan kebebasan untuk bergerak secara spontan untuk mengubah posisi untuk membantu turunnya bayi.

– Penurunan tekanan pada perut. Saat ibu berendam/ mengapung di air hangat kontraksi rahim lebih efisien dan sirkulasi darah menjadi lebih baik, sehingga oksigenasi lebih baik di otot rahim, nyeri lebih sedikit untuk ibu, dan lebih banyak oksigen untuk bayi.

– Membantu ibu menghemat tenaganya. Perendaman mengurangi oposisi terhadap gravitasi; mendukung berat badan ibu sehingga energinya dapat digunakan untuk mengatasi kontraksi.

– Air melemaskan otot-otot dasar panggul.

– Air meminimalkan rasa sakit sehingga secara efektif yang bagi kebanyakan wanita lain metode pengendalian rasa sakit tidak lagi diperlukan.

– Air merangsang sentuhan dan suhu serat saraf di kulit. Ia memblok impuls dari serat nyeri, yang dikenal sebagai Teori Pain Gateway.

– Memfasilitasi kala 2 peralinan. Air hangat akan melembutkan otot-otot di vagina, vulva, dan perineum, menyebabkan cedera lebih sedikit pada jaringan tersebut.

Hypno-birthing
Hypno-birthing adalah teknik yang menyenangkan, santai dan bebas stre. Ini merupakan metode dari melahirkan yang didasarkan pada keyakinan bahwa ketika seorang ibu benar siap untuk melahirkan secara fisik, mental dan spiritual, ibu dapat mengalami sukacita dan mampu melahirkan bayinya dengan lebih mudah, lebih nyaman. Selanjutnya, kelahiran sering bebas rasa sakit. Hypno-birthing mengajarkan seni melahirkan dengan cara yang memungkinkan untuk memanfaatkan naluri alamiah untuk melahirkan. 

Hypno-birthing menekankan menggunakan pikiran untuk mencapai keadaan relaksasi dan menghilangkan rasa takut, ketegangan dan nyeri selama persalinan dan kelahiran. Konsep Hypno-birthing bukanlah hal yang baru, tetapi adalah “kelahiran kembali” dari filsafat melahirkan sebagaimana yang ada ribuan tahun yang lalu.

 Dr Grantly Dick-Read adalah seorang dokter Inggris yang percaya bahwa perempuan mengalami rasa sakit melahirkan adalah psikologis dan karena kekhawatiran tentang proses persalinan. Hal ini disebabkan apa yang disebut sindrom ketakutan-ketegangan-sakit. Dia percaya bahwa jika takut dapat dikurangi, akan mengurangi ketegangan dan rasa sakit bisa diperkecil. Dia adalah salah satu dokter pertama yang membawa suami ke ruang persalinan dan dokter pertama yang menganjurkan “melahirkan normal” pada 1020 itu. Dalam bukunya Melahirkan tanpa Rasa takut yang diterbitkan pada 1944, ia menjelaskan Hypno-birthing sebagai relaksasi nyata — keadaan ini, biasanya dialami sebelum jatuh tertidur. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa hampir tidak mungkin untuk mengkhawatirkan sesuatu. jika ibu benar-benar santai, maka termasuk otot rahim pun juga akan santai. Dr Dick-Read setuju dengan Dr Odent bahwa tanpa rasa takut dan ketegangan, sakit parah tidak harus terjadi dan mengiringi dalam prose melahirkan.

 Pikiran / Tubuh aspek metode Hypno-birthing berasal dari Mind / Body program untuk penyembuhan penyakit dikembangkan oleh Carl O. MD Simonton Dr Leclaire O’Neill PhD, RN bekerja dengan Dr Simonton selama 10 tahun. kemudian dikembangkan oleh Marie F. Mongan pada tahun 1989 juga dikenal sebagai Hypno-birthing, yang menggabungkan karya Dr Dick-Read dengan metode Leclaire. Dan di Indonesia pertama kali di kembangkan oleh seorang bidan bernama Lanny Kuswandi.

kelas Hypno-birthing adalah biasanya dikemas dalam seri 3-5 kelas dan mengikuti pola dasar melahirkan kelas-kelas lain, dengan bagian dari program yang ditujukan untuk pendidikan dan bagian lain yang ditujukan untuk demonstrasi dan praktek latihan. Meskipun belum tersedia di beberapa daerah, kelas menjadi semakin populer di seluruh negara. Sebagaimana dengan semua metode, pendidikan tentang melahirkan disertakan. Penekanan dari kelas-kelas adalah pada teknik self-hypnosis untuk mencapai relaksasi yang mendalam, fokus pada pernapasan perut, dan latihan dengan kondisi tubuh untuk melahirkan. kelas ini ditawarkan dalam berbagai format (mis. akhir pekan, kelas mingguan, dll) Saat anak Anda lahir dengan Hypno-birthing, Anda akan terjaga dan waspada dalam keadaan pikiran relaks. Anda tidak akan tertidur, tapi Anda akan benar-benar santai, tetapi dalam kontrol penuh. Anda akan mengalami persalinan dalam suasana relaksasi tenang, bebas dari rasa takut dan ketegangan yang dinyatakan akan menghalangi Anda dari otot berfungsi secara bebas dan alami. Dalam keadaan tenang, anestesi alami tubuh Anda, endorfin, menggantikan hormon terkait stres yang menyebabkan penyempitan dan nyeri. Anda akan menyadari sensasi tubuh Anda dan lonjakan, namun akan dapat menentukan sejauh mana Anda merasa gelora.

Bagian lain dari kelas mengajar teknik hypnosis diri dan rasa takut teknik rilis, untuk mengatasi ketakutan atau kekhawatiran bahwa orang tua baik dapat memegang, dan membantu mereka untuk melepaskan rasa takut yang tidak didasarkan pada realitas. Hypno-birthing membantu Anda untuk melepaskan semua ketakutan akan melahirkan. Anda akan belajar bagaimana untuk mempercayai tubuh Anda dan untuk bekerja dengannya.

Apa yang Anda Pelajari:

a. Relaksasi dan teknik self-hypnosis untuk menghilangkan rasa takut dan ketegangan yang menyebabkan proses persalinan yang panjang dan rasa sakit, menggantikannya dengan kepercayaan diri, tenang dan nyaman.

b. teknik lain untuk menghasilkan proses persalinan yang lebih pendek, lebih nyaman.

c. Penciptaan anestesi alami tubuh.

d. Bagaimana tubuh ibu dirancang untuk bekerja secara harmonis dengan alam neuromuskuler seluruh proses persalinan.

e. Praktek di relaksasi yang mendalam

f. Diajarkannya caranya bonding pralahir, ikatan perinatal dan postnatal.

g. Bagaimana pikiran menentukan apa dan ketika tubuh merasa sesuatu.

h. relaksasi dan visualisasi

i. Relaksasi dan ideomotor respon

j. Mempersiapkan tubuh untuk melahirkan

k. Menghindari untuk berurusan dengan keadaan khusus

l. Bagaimana mempersiapkan rencana melahirkan

m. Peran pendamping selama persalinan

n. Seluruh tahapan proses kelahiran.

o. Beberapa audio / visual alat yang digunakan serta rekaman self-hypnosis.
instruktur Hypno-birthing menggunakan bahasa yang menggambarkan pengalaman melahirkan adalah dengan cara yang lembut, sehingga menciptakan citra positif yang lebih dalam pikiran. Beberapa contoh adalah:

“kontraksi menjadi gelombang alami rahim”

“sakit vs nyaman”

“Tekanan / Sensasi vs Nyeri”

“Keadaan Khusus vs Komplikasi”

 Kelahiran menggunakan hipnoterapi tidaklah senbuaah proses Kelahiran yang bebas dari sensasi-. Mungkin ada perasaan tekanan, pengetatan atau pembakaran – namun akan melakukan sesuatu untuk Anda. Dengan membiarkan tubuh untuk mengikuti jalan yang ditetapkan dari awal waktu, bayi lahir lebih waspada; ibu lebih dienergik, dan memulihkan lebih cepat.

Manfaat Hypnosis selama kehamilan, persalinan dan seterusnya

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1990 dalam Journal of Konseling dan Klinis Psikologi, peneliti mengamati dua kelompok ibu hamil. Satu kelompok dilatih di napas teratur dan teknik relaksasi sementara kelompok kedua adalah dilatih dalam teknik Hypno-birthing. Temuan menunjukkan perbedaan statistik yang signifikan antara kelompok perempuan. Para wanita Hypno-birthing memiliki persalinan yang lebih pendek, lebih sedikit permintaan untuk obat-obatan, laporan lebih sedikit rasa sakit, dan bayi mereka menunjukkan skala yang lebih tinggi pada pembacaan Apgar setelah lahir. Selain itu, ibu Hypno-birthing melaporkan insiden lebih sedikit depresi dan periode pemulihan lebih cepat setelah melahirkan “.

Menghilangkan sindrom Fear-Tension-Pain sebelum, selama, dan setelah melahirkan.

Takut merangsang produksi hormon stres dalam tubuh (katekolamin), hormon ini menyebabkan rahim untuk menegangkan dan darah mengalir ke kaki meninggalkan uterus dan organ lain dengan oksigen tidak cukup, ini pada gilirannya menyebabkan rahim menjadi kekurangan oksigen menyebabkan untuk bekerja tidak efektif dan menyebabkan rasa sakit. Ketika kita berada dalam ketakutan, kita bereaksi dan rasa sakit akan yang lebih kita rasakan. Pada dasarnya, rahim anda tidak hanya mempunyai satu otot besar saja, namun rahim terbuat dari dua lapisan otot dengan dua arah yang berbeda.

Satu lapisan dari atas ke bawah dan satu lapisan lagi dari sisi samping. Selama proses persalinan otot yang mengarah ke atas dan bawah bertugas untuk mendorong bayi kebawah dan menarik leher rahim keatas. Dan setelah bayi Anda lahir ma otot di masing-masing sisi menarik otot di leher rahim. dengan adanya hormone adrenalin akibatnya satu sisi otot mencoba membuka leher rahim, sementara satu lapisan otot mencoba untuk menutup leher rahim. Hal ini membuat proses persalinan menjadi sangat panjang, menyakitkan dan tidak produktif. pengalaman rasa sakit seorang wanita saat bersalin akan menambah semakin stress wanita tersebut, dan akhirnya dia merasa lebih takut dan lebih sakit lagi. Ini adalah lingkaran setan yang sulit untuk diputuskan, padahal sebenarnya tubuh seorang wnita dirancang sempurna untuk proses melahirkan bayi dengan mudah, lembut dan nyaman. Hipnosis memberdayakan kita untuk menghilangkan rasa takut, ketegangan, nyeri dan siklus kecemasan, yang pada gilirannya melemaskan otot-otot rahim, sehingga mengurangi rasa sakit. Akhirnya, hypnosis memungkinkan seorang wanita untuk melahirkan lebih nyaman dan memungkinkan ikatan yang lebih baik dengan bayi menjadi lebih santai, menyenangkan dan berenergi.

 Melahirkan dengan Hipnosis·

Memperpendek Kala I

Abramson dan Heron melakukan penelitian terhadap 100 ibu hamil yang dilatih hypno-birthing dan ternyata temuan yang diperoleh mereka mengalami pemendekan durasi kala I persalinan (3,23 jam) dibandingkan dengan kelompok control sebanyak 88 ibu hqamil. 45 ibu yang pertama kali menggunakan hypno-birthing saat bersalin memiliki rata-rata 4,5 jam untuk kala I fase Aktif. Abramson, M., & Heron, Sebuah evaluasi obyektif WT ‘hipnosis dalam kebidanan: Laporan Pendahuluan.

Jenkins dan Pritchard, Journal Obstetri dan Ginekologi American, 1950. Melakukan penelitian juga tentang Hypnosis untuk Melahirkan: pendidikan prenatal dan output proses persalinannya. diterbitkan, Juni 2001. Dalam studinya dari 262 subyek dengan 600 kontrol yang dilakukan oleh, ditemukan bahwa lama kala I berkurang hingga 3 jam untuk ibu yang pertama kalinya melahirkan (primigravida) dan 1 jam untuk wanita yang sudah berpengalaman dalam melahirkan (Multigravida). Studi lain di Inggris olehMellegren, A. menemukan pengurangan yang signifikan secara statistik kali durasi/ panjangnya lama kala I untuk ibu primi dan secundi gravida:

70 pasien dengan hipnosis: 6 jam 21 menit

70 pasien dengan relaksasi: 9 jam 28 menit

70 kelompok kontrol: 9 jam 45 menit

Menghilangkan atau sangat mengurangi kebutuhan akan anestesi dan obat kimia untuk menghilangkan rasa nyeri.

Dalam sebuah penelitian di Inggris, 55% dari 90 pasien (ibu primi & secundi) tidak membutuhkan obat untuk menghilangkan rasa sakit. Sedangkan pada kelompok-kelompok non-hipnosis lain, hanya 22% dari 90 pasien tidak diperlukan pengobatan.Dua buah penelitian yang dilaporkan pada 1.000 kelahiran berturut-turut: dari 850 wanita yang dilakukan hypnoanesthesia didapatkan hasil bahwa 58 % tidak memerlukan obat. Sedangkan dipenelitian lain pada pasien yang dilakukan hypnoanesthesia didapatkan hasil bahwa 79% persalinan tanpa obat anesthesia.

Review bukti dari Hypnosis untuk menghilangkan nyeri persalinan dan melahirkan: Sebuah review sistematik dari British Journal of Anaesthesia, dirilis pada bulan Juli / Agustus 2005. Review ini dinilai merupakan penelitian terbaik yang tersedia tentang efek hipnosis untuk nyeri persalinan. dari 4 percobaan acak terkontrol dan 2 perbandingan non-acak dengan 1102 perempuan untuk menilai hipnosis. kelompok Hipnosis mengalami penurunan penggunaan obat nyeri dan co-intervensi, lebih baik, jika dibandingkan dengan perawatan biasa. Studi tersebut juga melaporkan bahwa tidak ada efek yang merugikan/ negative dari penggunaan hypnosis saat melahirkan. 

Posisi bayi sungsang dapat diubah dengan menggunakan hipnosis.

Seorang peneliti di University of Vermont, Burlington, Amerika Serikat, digunakan hipnosis pada 100 wanita hamil yang bayinya berada dalam posisi sungsang antara 37 dan 40 minggu kehamilan. Para wanita menerima hipnosis dengan saran-saran untuk relaksasi umum dan pelepasan ketakutan dan kecemasan. 81% dari bayi di kelompok hypnosis ternyata bayinya berubah ke posisi verteks, sedangkan pada kelompok control hanya 48%. Hypnosis paling efektif untuk perempuan yang termotivasi untuk menggunakan teknik ini. Selain melibatkan teknik visualisasi , relaksasi hipnosis dapat membantu Anda untuk merilekskan otot-otot di rahim dan sekitar perut sehingga cukup atau memungkinkan bayi untuk mengubah posisinya. Lewis E. Mehl, MD, PhD (1994) Archives Kedokteran Keluarga, Vol. 3, Oktober 1994. Para ahli juga mengatakan hipnosis ibu membantu meringankan kecemasan dan ketakutan saat bersalin dan Sebuah studi oleh Mehl (1994) menunjukkan hypnosis memiliki tingkat keberhasilan 86% dalam mengubah presentasi sungsang: 69% lebih tinggi daripada menjalani perawatan kebidanan standar 

Kebutuhan prosedur invasif seperti induksi, episiotomy, epidural dan operasi berkurang drastis.

Menurut penelitian penggunaan hipnosis untuk membantu dalam persiapan pasien obstetrik untuk persalinan. Pengurangan komplikasi, operasi, dan lama rawat di rumah sakit selain itu hypnosis menunjukkan manfaat kesehatan langsung kepada ibu dan anak.

 Harmon, Hynan dan Tirus melaporkan persalinan lebih spontan, Apgar skor yang lebih tinggi dan menggunakan obat-obatan minimal dalam penelitian mereka dari 60 perempuan.

 Hypno-birthing mencegah morning sickness.

Waxman (1989) menyatakan bahwa hipnosis dapat “sangat berguna” dalam mengurangi mual pagi hari, Sebuah studi oleh Fuchs et al (1980) dilakukan pada 138 wanita yang menderita dari “muntah sangat parah” diobati dengan hipnosis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 87 perempuan dari 138 diobati dengan hipnosis:

– 61 ibu bebas dari muntah-muntah dan mual

– 24 ibu bebas dari mual muntah meskipun beberapa tahap.

– 1. Ibu gagal.Simon & Schwartz (1999) merekomendasikan penggunaan hipnosis dalam morning sickness menyebabkan kehamilan lebih nyaman dan janin sehat serta mencegah hiperemesis gravidarum. 

Hypnosis dapat digunakan untuk mengurangi resiko SC.

– Hypnosis dalam persalinan/ hypno-birthing membantu menurunkan hipertensi hingga 50%

– Membuat kala I lebih pendek 2-4 jam

– Menurunkan resiko SC

Hypnosis membantu mencegah dan menyembuhkan Depresi Post partum

Banyak ibu yang tenyata tidak siap untuk perubahan, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang signifikan bahwa dengan hypnosis dapat mencegah dan mengobati depresi post partum.

 Hypnosis membantu meningkatkan Fertilitas

Hasil penelitian dari Poehl et al (1999) menyatakan 56,4% wanita yang menerima terapi psikologis (hipnoterapi, psikoterapi, dan relaksasi) merekomendasikan bahwa terapi psikologis harus menjadi aspek “penting dari IVF.” Gravitz (1995) menemukan tingkat keberhasilan 100% pada sebuah studi terbatas menggunakan hipnosis pada ‘infertilitas fungsional’.

 

Brikut beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan : 

Belajarlah untuk mengendurkan otot Anda saat melahirkan.

Tenang adalah hal yang paling bijak yang harus Anda lakukan saat bersalin. Tapi apa yang harus Anda lakukan untuk membantu kemajuan persalinan Anda adalahsantai /rileks. Saat Anda Bersantai maka semua otot-otot lain tetap rileks, sementara hanya otot rahim anda saja yang berkontyraksi. Ini akan memudahkan Anda untuk tetap santai dan mempercepat kemajuan persalinan. Jika ada ketegangan di mana saja di tubuh anda, terutama di wajah dan leher, ketegangan ini akan menyebar ke otot-otot panggul yang sebenarnya perlu tetap longgar selama kontraksi. perubahan kimia dalam sebuah otot, kelelahan akibat ketegangan sebenarnya menurunkan ambang nyeri otot, dan Anda lebih menyakitkan. Ketika otot-otot ketat melawan, kontraksi tanpa henti akan memaksa rahim Anda, hasilnya adalah rasa sakit. Lelah otot segera menyebabkan pikiran yang kelelahan, meningkatkan kesadaran Anda tentang rasa sakit dan mengurangi kemampuan Anda untuk mengatasinya.

Belajarlah untuk bersantai untuk menyeimbangkan hormon Anda untuk lahir.

Ada hormon membantu persalinan Anda berlangsung secara efisien. hormon adrenal (juga disebut hormon stres) memberikan tubuh Anda kekuatan ekstra yang dibutuhkan dalam situasi-situasi yang memerlukan upaya yang luar biasa, seperti mengejan juga prose persalinan. Hormon ini sering disebut sebagai “fight or flight” hormon, dan apakah ada perlindungan tubuh. Selama persalinan tubuh Anda membutuhkan cukup hormon stres untuk membantu Anda mengejan, tapi jika hormon ini di prosuksi terlalu banyak yang tubuh justru akan membuat Anda menjadi gelisah dan tertekan, menyebabkan pikiran dan otot untuk bekerja tidak efisien. hormon Stres bahkan mungkin mengalihkan darah dari rahim untuk organ-organ vital dari otak, jantung, dan ginjal.

Tenang untuk meningkatkan endorfin.

Satu jenis hormon juga bekerja untuk Anda selama persalinan – dan secara alami menghilangkan rasa sakit-hormon, dikenal sebagai endorfin. (Kata ini berasal dari endogen, yang berarti diproduksi di dalam tubuh, dan morfin, kimia yang menghalangi rasa sakit). Ini adalah narkotika alami tubuh Anda, membantu untuk bersantai Anda ketika Anda sedang stres dan menghilangkan rasa sakit ketika Anda sakit. asisten fisiologis tenaga kerja ini diproduksi dalam sel saraf. Mereka melekat pada situs reseptor rasa sakit pada sel saraf, di mana mereka menumpulkan sensasi rasa sakit. latihan berat meningkatkan kadar endorfin, dan endorfin memasuki sistem anda secara otomatis selama latihan berat tenaga kerja, selama Anda tidak melakukan apapun untuk memblokir mereka. dengan Bersantai akan memungkinkan hormon pereda sakit alami inibekerja untuk Anda. Ketakutan dan kecemasan Anda dapat meningkatkan tingkat hormon stres dan melawan efek santai endorfin. Endorfin merangsang sekresi prolaktin, yang santai dan “ibu” hormon yang mengatur produksi susu dan memberikan dorongan psikologis terhadap kenikmatan ibu. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat endorphin dapat dipicu dengan tertawa.

Bernapas dengan rileks

cobalah untuk rileks, tarik nafas panjang dan hembuskan sambil melepaskan semua beban/pikiran, bisa dibantu dengan mengitung 1-3 saat mengambil nafas, demikian halnya saat menghembuskan nafas. Lemaskan otot mulut dan rahang anda, semakin lemas maka otot vagina pun akan melemas, sehingga mempermudah pembukaan. tetap tanamkan afirmasi positif bahwa persalinan ini berjalan cepat, lancar, tenang, dan nyaman. Ibu yg merasa tenang saat persalinan dan bernafas secara rileks akan membantu memasukkan oksigen ke dalam tubuh yg berpengaruh pada kondisi janin agar tidak kekurangan oksigen. Dan jangan lupa berdoa selama proses kehamilan. Karena seberapa besarpun usaha anda, yg menentukan adalah Allah.

Source : bidankita.com

0

Relaksasi di antara Kontraksi Bersalin

Salah satu hal yang menjadi momok bagi ibu pada saat bersalin adalah kontraksi. Padahal kontraksi sebenarnya sangat berguna bagi proses persalinan. Namun karena seringkali kontraksi yang dirasakan ibu merupakan suatu perasaan yang tidak nyaman bahkan nyeri, maka berbagai metode di kembangkan untuk mengatasi rasa nyeri pada saat terjadi kontraksi tersebut.

Salah satu yang harus dikuasai ibu pada saat bersalin adalah melakukan relaksasi disela kontraksi. Pada saat inilah perlu peran dari pendamping persalinan atau suami, biarkan ibu berbaring denagn posisi yang paling nyaman menurutnya teliti dan yakinkan bahwa posisi ibu benar-benar nyaman. Suami bisa menambahkan beberapa bantal untuk menyangga bagian tubuh ibu agar ibu merasa nyaman. Yakinkan dan anjurkan ibu untuk menutup keduamatanya karena ini membuat ibu dapat lebih berkonsentrasi dengan sensasi yang akan dia rasakan. Tujuan utama dari latihan ini adalah membantu ibu bersalin yang memasuki kala I persalinan merasa nyaman dan aman walaupun ibu tersebut mengalami kontraksi.

Langkah-langkahnya antaralain:

1. Rilekskan seluruh tubuh anda

2. Letakkan dan rebahkan kepala anda di atas bantal dan biarkan kepala dan leher anda rileks

3. Rilekskan otot-otot di daerah wajah anda, rasakan semakin lama otot-otot di wajah anda semakin rileks

4. Perlahan-lahan rilekskan pula otot di daerah sekitar mata dan biarkan rahang anda sedikit terbuka dan lidah menempel ke langit-langit, rasakan semakin anda rileks dan rileks

5. Sekarang rilekskan otot di leher anda, bahu kanan dan kiri dan berusahalah untuk merilekskan otot-otot di lengan dampai jari-jemari tangan anda.

6. Kemudian rilekskan otot di daerah dada dan perut anda.dan pada saat anda merasakan gelombang alami dari rahim anda rasakan secara otomatis anda langsung menarik nafas panjang dan saat anda menghembuskannya rasakan perut dan pinggang anda terasa nyaman dan rileks. Dan rasakan semakin sering gelombang alami rahim anda tersebut datang, maka tubuh anda semakin rileks dan anda semakin tenang.

7. Sekarang hilangkan semua ketegangan yang anda rasakan di pinggang, paha dan betis anda. Biarkan kaki anda terletak dengan lembut dan biarkan semuanya rileks

8. Rasakan dan biarkan anda semaikn focus denagn sensasi yang anda rasakan pada saat gelombang rahim dan sugestikan dalam tubuh anda bahwa tubuh anda bekerja secara harmonis dan gelombang rahim yang anda rasakan membuat jalan lahir semakin terbuka.

9. Lakukan latihan ini berulang kali karena denagn pengulangan maka hasil dari latihan ini akan lebih maksimal.

10. Bagi suami pendamping persalinan ini merupakan bagian yang paling penting dalam proses persalinan untuk membantu ibu tetap nyaman. Selalu beri motivasi, dukungan dan sugesti positif saat ibu mengalami kontraksi contohnya dengan mengatakan kepada ibu “ rileks, rilekskan tubuhmu sayang.’

Dalam metode relaksasi hypno-birthing ini, konsep persalinan yang mudah, aman dan nyaman dapat terjadi dengan cara klien di tuntun untuk menyadari kekuatan pikiran baawah sadar, karena hukum pertama dari pikiran bawah sadar adalah: Apapun yang anda pikirkan, tubuh anda dapat menciptakannya dan memberikan anda sesuai dengan apapun yang anda pikirkan.

Dalam persalinan, rasa nyeri dapat terabaikan dengan cara relaksasi dan visualisasi karena pada dasarnya manusia biasa memusatkan perhatian pada satu hal saja pada suatu waktu. Saat kita memusatkan perhatian pada satu objek atau sensasi, perasaan lain akan dikesampingkan. Seperti pernyataan sebelumnya bahwa pikiran mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap tubuh kita demikian pula halnya dalam persalinan.

Maka ketika pikiran dalam keadaan tenang menerima keyakinan bahwa persalinan akan berlangsung secara alami, nyaman dan lancar, maka yang akan dialami pun seperti yang diyakini. Selama persalinan tubuh ibu hanya akan merasakan tarikan atau tekanan dari gerakan rahim saat menjalankan tugasnya membuka leher rahim dan mengeluarkan bayi secara alami, namun ibu merasakannya dengan nyaman, dan dengan kesadaran bahwa ibu benar-benar mampu memegang kendali atas tubuhnya. Oleh karena itu, Dengan melakukan relaksasi dan visualisasi maka rasa nyeri dalam persalinan dapat diminimalisasikan.

Program ini mengajarkan calon ibu untuk menyatu dengan gerak dan ritme dari tubuh yang alami saat menjalankan proses persalinan, membiarkan tubuh dan pikiran untuk bekerja dan meyakini bahwa tubuh mampu berfungsi sebagaimana seharusnya, sehingga rasa sakit menghilang. Relaksasi hypno-birthing mengajarkan calon ibu untuk menjalankan teknik relaksasi yang alami, sehingga tubuh dapat bekerja dengan seluruh saraf secara harmonis dan dengan kerja sama penuh, bukannya melawan.

Untuk melakukan relaksasi hypno-birthing yang dibutuhkan adalah ketenangan dan niat (kemantapan hati). Kondisi relaks akan memunculkan Endorphin sebagai anestesi alami yang akan menggantikan hormon pemicu rasa sakit (hormon stres). Metode relaksasi hypno-birthing ini bisa dilakukan di usia kehamilan berapa pun. Namun, umumnya sering dilakukan di usia kehamilan 7 bulan atau 2 minggu sebelum proses persalinan. Bisa dilakukan dua kali sehari di saat pagi maupun menjelang tidur malam. Tiap kali lamanya sekitar 10-15 menit.

Source : bidankita.com

0

Latihan Relaksasi Hypnobirthing

Langkah Persiapan

Perhatikan hal-hal berikut ini:

Pilih waktu untuk rileks jika tidak ingin mendapat gangguan. Lepaskan telepon dari gagangnya.

Lakukan pada waktu yang sama setiap hari dengan disiplin.

Pilih tempat berlatih yang lampunya bisa dikecilkan: jadikan tempat itu untuk berlatih setiap hari.

Pastikan kandung kemih kosong.

Kenakan baju yang longgar dan nyaman.

Pasang kaset musik hypno-birthing atau musik yang dapat membantu tubuh untuk lebih mudah rileks.

Memilih Posisi Relaksasi

Setelah proses persiapan, selanjutnya calon ibu perlu memilih sendiri posisi yang dirasakan paling nyaman saat relaksasi. Mengenai caranya, calon ibu tidak perlu risau karena tubuh akan memilih sendiri posisi itu jika calon ibu melakukan relaksasi dengan musik hypno-birthing. Pada dasarnya ada dua macam posisi yang dapat dipilih, yaitu posisi belakang dan posisi lateral (miring).

Mencapai Relaksasi Wajah

Mencapai relaksasi wajah yang dalam sangat penting karena akan membuat bagian lain tubuh lebih mudah mengikuti. Setelah menguasai seni relaksasi wajah, rahang akan benar-benar rileks, dengan rahang bawah sedikit mundur. Calon ibu akan dapat memasuki kondisi rileks yang alami dengan cepat.

Cara melakukan relaksasi wajah:

Biarkan kedua kelopak mata pelan-pelan menutup. Jangan dipaksa, tetapi biarkan menutup sendiri perlahan. Fokuskan diri pada otot-otot di dalam dan di sekitar mata. Begitu terasa otot-otot mata melemas secara alami, rasakan rileks mengalir dari kedua kening, turun ke kelopak mata, ke tulang pipi, dan sekeliling rahang. Biarkan rahang bawah sedikit mundur, sehingga gigi atas dan gigi bawah terpisah.

Kelopak mata akan terasa lebih berat ketika pipi dan rahang lemas. Bawa rileks dalam mata ke dalam kadar di mana seolah-olah kelopak mata tak dapat bergerak lagi. Rasakan kepala menekan bantal. Ketika mempraktikkan teknik ini, calon ibu akan merasakan leher, bahu, dan siku turun. Bayangkan bahu terbuka ke luar dan kedua tangan tergantung lemas dari siku.

Latihan relaksasi hendaknya dilakukan setiap hari sehingga ibu dapat dengan mudah mencapai kondisi relaks saat menghadapi persalina terutama saat menghadapi kontraksi ataupun ketidaknyamanan pada saat kala I persalinan. Cara mudah atau cara praktis metode ini yang dapat dilatih setiap hari adalah :

Aturlah dan posisikan tubuh senyaman mungkin, apakah dengan duduk, setengah duduk, berbaring telentang atau miring. Jika berbaring sebaiknya dengan posisi menyamping ke kiri. Posisi ini dapat memperbaiki aliran darah dan O2 ke rahim atau plasenta terutama pada ibu dengan kehamilan > 36 minggu. Karena dengan posisi miring ke kiri dapat menghindari penekanan vena cava inferior oleh janin.

Kondisikan seluruh tubuh dalam keadaan relaks. Pejamkan mata perlahan-lahan dan mulai bernapas dalam-dalam melalui hidung secara perlahan dan teratur. Kendurkan otot-otot seluruh tubuh dan istirahatkan pikiran. Berkonsentrasilah pada niat untuk melakukan relaksasi & hypno-birthing.

Bayangkan dan niatkan proses persalinan yang menyenangkan dan membahagiakan. Proses bersalin yang lancar serta bayi mungil yang sehat dan lucu.

Setelah kondisi relaks, tanamkan sugesti dan niat positif ke alam bawah sadar. contohnya, “Aku bisa melahirkan secara alami, lancar dan normal.”, “Bayiku sehat,”, “tubuhku sehat, persalinanku lancar dan nyaman, bayikupun lahir dengan sehat dan selamat” dan lain sebagainya. Untuk masuk ke dalam alam bawah sadar ada juga yang menggunakan ideomotorik yaitu gerak tangan secara alami dan otomatis. Cara ini bisa membuat waktu relaks jadi lebih panjang. Tapi, ada juga yang tidak menggunakan gerakan ideomotorik, hanya diam seperti orang meditasi.

Saat hendak selesai, biarkan otot-otot semakin relaks dengan menghirup napas panjang dan buang napas perlahan lewat hidung. Kembali ke kondisi normal dan siap melakukan kegiatan atau tidur.

Pada saat bersalin; tetaplah tenang, bernapaslah secara teratur, selaraskan energi dengan datangnya kontraksi sehingga tenaga tidak terbuang percuma.

0

Linu Panggul Saat Hamil

Sciatica adalah nama yang diberikan kepada sekelompok gejala bukan hanya satu masalah.

Sciatica adalah rasa nyeri yang menjalar dari punggung bawah hingga paha, betis, tumit dan telapak kaki baik pada satu atau kedua sisi kaki. Rasa nyeri tersebut bisa bersifat “tumpul” seperti kram atau “tajam” seperti di tusuk-tusuk dan terbakar, terus menerus atau hilang timbul tetapi semakin lama semakin parah rasa sakitnya.

Rasa nyeri ini dapat meningkat saat duduk, batuk, bersin atau bahkan tertawa.

Sciatica disebabkan oleh iritasi atau peradangan syaraf sciatic, syaraf terbesar dan terpanjang yang menjalar dari punggung bawah melewati belakang sendi panggul dan bercabang hingga kedua belah paha, betis, tumil dan telapak kaki.

Ketika syaraf ini terganggu, maka gejala awal yang sering anda rasakan seperti kesemutan di kaki Anda, linu panggul dengan atau tanpa sakit punggung dan dapat mengirim rasa sakit di bagian belakang kaki Anda.

Apakah saya lebih mungkin untuk mendapatkan linu panggul (sciatica) kalau aku hamil?

Berlawanan dengan kebanyakan kepercayaan, Anda tidak lebih rentan terhadap sciatica jika Anda sedang hamil. Sakit yang disebabkan oleh kehamilan cenderung berada di panggul dan punggung, tidak pada saraf sciatik. Sciatica tidak disebabkan oleh bayi Anda yang menekan saraf.

Jadi jika Anda saat ini hamil dan mengalami linu panggul kemungkinan itu disebabkan karena murni linu panggul atau pergeseran pada tulang sendri di panggul. Biasanya disebabkan kerena tergelincir. Tetapi jika linu panggul itu terasa parah dan nyerinya tetap maka memang kemungkinan anda menderita sciatica

Bagaimana cirri-ciri linu panggul?

Anda akan merasakan nyeri tajam seperti nyeri terbakar yang datang dan pergi dan sering hanya di rasakan di satu sisi saja. Anda mungkin merasa sakit di punggung bawah, di bagian belakang paha dan bagian belakang kaki Anda.

Anda juga dapat merasakan sensasi terbakar atau kesemutan dan mati rasa atau kesemutan di kaki. Rasa sakit mungkin merata atau luas. Nah pada kasus Sciatika keluhan ini bisa sangat dasyat dan menyebabkan rasa sakit lebih konstan daripada nyeri panggul murni/yang biasa terjadi pada ibu hamil.

Bagaimana sciatica diobati?

Konsulkan ke dokter atau bidan dan meminta untuk dirujuk ke fisioterapis muskuloskeletal. Biasanya ahli fisioterapis akan menunjukkan latihan untuk memperkuat otot panggul, otot perut dan punggung. Dia juga menganjurkan Anda untuk memakai sabuk kehamilan. Setengah dari penderita sciatica pulih dalam waktu enam minggu dan hampir semua (90 persen) sembuh dalam 12 minggu. Obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen, memang bisa mengurangi sciatica, tapi dokter tidak akan menyarankan atau memberikan obat itu selama kehamilan. Jadi gunakan terapi lain untuk atasi keluhan tersebut.

Terapi lain yang dapat membantu termasuk osteopati dan chiropractic. Pastikan bahwa Anda menemukan seorang praktisi bersertifikat yang berpengalaman dalam merawat ibu hamil.

Apakah ada self-help tips yang saya bisa mengikuti?

Tentu ada donk! Karena Bidan Kita selalu memberikan self help tips untuk Anda 😉

  1. Gunakan Kompres Panas atau kompres es ke daerah yang menyakitkan selama 10 menit. (untuk kompres es anda bisa juga menggunakan ice gel) sedangkan untuk kompres panas Anda bisa gunakan bantal panas elektrik atau buli-buli panas yang bisa Anda dapatkan di Apotek atau di took alat kesehatan, murah kok! Paling harganya kurang dari 50.000 dan terbuat dari karet sehingga sangat awet. Dan bermanfaat juga untuk membantu meringankan rasa nyeri saat bersalin nanti
  2. Kenakan sepatu yang ber-hak datar dan lembut. Hal ini membantu mencegah tulang belakang Anda terlalu teregang dan tegang saat Anda berjalan.
  3. Perhatikan postur tubuh Anda dan mencoba untuk menjaga punggung Anda lebih tegak.
  4. Ketika duduk, gunakan bantal/ guling kecil atau handuk digulung di belakang Anda untuk mendukung dan menopang tulang belakang dan mengganjal pantat Anda sehingga pantat lebih tinggi daripada lutut (ini juga bermanfaat untuk menjaga agar posisi janin anda lebih optimal lho)
  5. Cobalah untuk tidak mengangkat sesuatu yang berat. Jika Anda harus mengangkat sesuatu, tekuk lutut Anda dari dan menjaga posisi agar punggung tetap lurus.
  6. Dengarkan tubuh Anda dan berhenti melakukan apa pun yang menyakiti Anda.
  7. Jauhkan ponsel anda. Cobalah untuk tidak diam dalam waktu yang lama. (biasanya kalau Anda sudah asyik berkutat dengan BB atau ponsel maka Anda akan berada tetap dalam satu pulsisi yaitu duduk menunduk terdiam dalam jangka waktu yang lumayan lama bukan?) nah saat Anda menderta keluhan ini cobalah untuk tetap mobile, dan hindari duduk atau diam pada satu posisi dalam jangka waktu yang lama
  8. Saat tidur cari posisi yang paling nyaman dan gunakan bantal untuk menganjal atau menopang perut dan pinggang Anda
  9. Lakukan olah raga untuk menguatkan otot-otot panggul. Yoga bisa menjadi pilihan dan atau anda melakukan gerakan-gerakan sebagai berikut : – Melakukan gerakan yoga seperti cat cow position dimana Anda berlutut lalu melengkungkan punggung dan merilekskannya, dapat sangat membantu merngankan keluhan ini; – Squats lambat atau berdiri dan berlutut dengan lambat dilakukan sepuluh kali sehari untuk peregangan dan mengencangkan kaki bagian atas. Anda bisa gunakan kursi atau teralis jendela untuk berpegangan atau minta bantuan suami untuk melakukan ini. Pastikan untuk menyeimbangkan diri dengan berpegangan pada meja atau kursi; – Pevic tilt juga tidak hanya membantu untuk menghilangkan rasa sakit punggung bawah, itu juga mempersiapkan seorang wanita hamil untuk melahirkan. Ada dua cara untuk melakukan latihan ini yaitu dengan posisi berdiri dan berbaring
  1. Berdiri: Berdirilah dengan posisi punggung menempel ke dinding dan tekan punggung ke dinding. Kemudian relaks. Lakukan berulang-ulang
  2. Berbaring: Berbaringlah dengan lutut ditekuk dan kaki datar di lantai. Sementara menghembuskan napas, tekan terhadap lekuk punggung sampai tulang belakang Anda menyentuh lantai. Kemudian tarik napas dan rileks ke posisi Anda semula. Ulangi sebanyak yang Anda merasa nyaman. Atau bisa juga dengan Berbaring telentang dengan satu lutut ditekuk dan kaki yang berlawanan bertumpu pada lutut. Lalu angkat lutut dari lantai, dan perlahan-lahan meregangkan lutut yang berlawanan dari pergelangan kaki beristirahat. Beralih kaki dan ulangi. gerakan ini dapat membantu melepaskan ketegangan di otot bokong.

Selain latihan/olahraga/yoga, berenang dan berjalan adalah cara yang sangat baik untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah, bawah, dan paha bagian atas. Hanya pastikan untuk berjalan di tanah yang datar dan menghindari tanjakan. Oya untuk ibu hamil sebaiknya saat berjalan tidak menggunakan sandal (telanjang kaki) tapi pastikan tidak ada beling, kaca atau paku di jalanan yah. Sebuah sabuk dukungan panggul akan memberikan bantuan cepat.’

Berhati-hatilah ketika masuk dan keluar dari tempat tidur, mobil atau mandi. Jika Anda berbaring, tariklah lutut Anda sampai sejauh yang Anda bisa lalu berhentisejenak kemudian gerakkan panggul pelan pelan ketika hendak bangun dari tempat tidur. Jika Anda sedang duduk, coba melengkungkan punggung dan dada mencuat keluar sebelum memindahkan kaki Anda, karena hal ini juga membantu untuk menghentikan panggul dari pergerakan yang ekstrim.

duduk di bola persalinan (birthing ball) dan dengan pelan-pelan melakukan goyang panggul akan membuat berat bayi dalam posisi stabil. Nah lakukan sesering mungkin tapi ingat! Ini dilakukan hanya setelah usia kehamilan anda lebih dari 34 w

Hindari mengangkat berat atau mendorong. troli Supermarket sering dapat membuat Anda sakit parah, jadi lebih baik belanja saja di toko online atau meminta seseorang untuk berbelanja untuk Anda.

Ketika naik tangga, naik kan kaki Anda satu langkah pada satu waktu dan Hanya menggunakan tangga ketika Anda harus.

Akupunktur dapat membantu, tapi pastikan dokter terlatih dan berpengalaman dalam meng-akupunktur wanita hamil.

Osteopati dan chiropractic dapat membantu, tapi sekali lagi, pastikan Anda melihat praktisi yang bersertifikat yang berpengalaman dalam merawat ibu hamil.

Apakah sciatica ini dapat berpengaruh ketika saya persalinan nanti?

Jawabannya adalah IYA!

Jika Anda menderita sciatica, maka Posisi yang dapat Anda gunakan selama persalinan mungkin dibatasi oleh linu panggul yang Anda alami atau rasakan. Nah solusi yang bisa Anda gunakan adalah cobalah untuk Menggunakan kolam untuk melahirkan karena ini dapat sangat membantu, karena akan membuat lebih mudah bergerak dan rasa hangat dari air hangat yang ada membantu meredakan keluhan yang anda rasakan serta melancarkan peredaran darah terutama di sekitar panggul dan punggung.

Anda bisa menggunakan kolam persalinan hanya untuk kala I saja (jika Anda tidak menginginkan waterbirth) jadi fungsi kolam disini hanya tuk kurangi rasa nyeri dan sakit yang Anda derita akibat sciatica atau kontraksi dan memudahkan Anda untuk tetap mobile/bergerak karena saat persalinan Anda justru harus banyak bergerak tuk bantu posisi kepala semakin turun melewati panggul dan jalan lahir. Lalu ketika kepala sudah mulai crowning atau membuka pintu vagina, anda bisa beranjak tuk beralih ke tempat tidur dan melahirkan bayi Anda di darat (di atas tempat tidur).

Lalu apakah ini juga mempengaruhi saya saat proses nifas dan menyusui?

lagi-lagi jawabannya adalah IYA!

menjaga postur tubuh Anda Ketika menyusui, sangatlah penting tuk ringankan keluhan. duduk di kursi bersandaran tegak. Angkat bayi ke payudara Anda dengan bantal dan menjaga kaki Anda rata di lantai.

Ketika Anda mengangkat bayi Anda, jagalah agar punggung tetap lurus, tekuk lutut Anda dan menghindari gerakan memutar.
Tanyakan kepada bidan atau fisioterapis tentang kelas-kelas olahraga yang Anda dapat bergabung untuk meningkatkan kebugaran, kekuatan dan fleksibilitas Anda. Ini akan membantu untuk mencegah masalah Anda menjadi berkelamaan.

Nah semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda ya 😉

Ayo nikmati kehamilan ini menjadi kehamilan yang menyenangkan dan nyaman

Source : bidankita.com

 Referensi:

  • Berkmann S, Fandino J. 2012. Pregnancy and childbirth after microsurgery for lumbar disc herniation. Acta Neurochirurgica. 154(2): 329-34 
    · Hall TM, Elvey RL. 1999. Nerve trunk pain: physical diagnosis and treatment. Manual Therapy. 4(2): 1-11 
    · MacEvilly M, Buggy D. 1996. Back pain and pregnancy: a review. Spine. 21(6): 702-709 
    · Ostgaard H, Zetherstrom G, Roos-Hansson E. 1994. Reduction of back and posterior pelvic pain in relation to pregnancy, Spine. 19: 894-900 
    · OTIS. 2010. Ibuprofen and pregnancy. www.otispregnancy.org [Accessed June 2012] 
    · Schafer A, Hall T, Briffa K. 2009. Classification of low back-related leg pain – A proposed patho-mechanism-based approach. Manual Therapy. 14: 222-230 
    · Valat JP, Genevay S, Marty M, Rozenberg S, Koes B, 2010. Sciatica. Clinical Rheumatology. 24(2): 241-52 
    · van Tulder M, Peul W, Koes B. 2010. Sciatica: what the rheumatologist needs to know. Rheumatology. 6(3): 139-45 
    · Weber H, Holme I, Amlie E. 1993. The Natural Course of Acute Sciatica with Nerve Root Symptoms in a Double-Blind Placebo-Controlled Trial. Spine. 18(11): 1433-1438 
    · Weinreb JC, Wolbarsht LB, Cohen JM et al. 1989. Prevalence of lumbosacral intervertebral disc abnormalities on MRI images in pregnant and asymptomatic nonpregnant women. Radiology. 170: 125-8
    http://www.babycentre.co.uk/a546397/sciatica-in-pregnancy#ixzz2Mr95krPu

 

0

Mata Minus Bisakah Melahirkan Normal?

Sebenarnya apakah alasan para bidan/dokter seringkali menyarankan kliennya untuk merencanakan untuk melahirkan SC karena alasan mata minus?

Ketika kehamilan terjadi, berbagai perubahan hormonal ternyata berdampak pada seluruh tubuh seorang wanita, termasuk mata. Dan gangguan mata pada umumnya terjadi selama kehamilan ada dua jenis yaitu ablasio retina dan retina eksudatif detasemen regmatogen.

Ablasio/retina yang lepas dapat disebabkan oleh berbagai hal yang berhungungan dengan peradangan dan trauma. trauma, yang disebabkan oleh tabrakan, tumor, komplikasi diabetes dan preeklamsia.

Kenapa retina bisa lepas? Ada dua faktor. Pertama, kondisi retina tipis sehingga mudah robek, seperti terjadi pada orang tua berusia di atas 40 tahun. Kedua,keberadaan gel cairan di dalam bola mata atau vitreous gel (badan kaca). Nah, gel dan cairan tersebut mudah meresap ke dalam lubang mengalir ke retina sehingga retina mudah dipisahkan.

Ablasio retina eksudatif biasanya Cenderung terjadi pada wanita hamil yang menderita preeklamsia (tekanan darah tinggi ). “Dalam kondisi pre-eklampsia terjadi penumpukan cairan di bawah lapisan penglihatan saraf optik menjadi menurun drastis. Biasanya setelah proses persalinan cairan akan hilang dengan sendirinya, dan mata akan normal kembali, sehingga tidak terkait dengan mata minus atau tidak

Dalam keadaan ini, perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengambil inisiatif pencegahan yang diperlukan. Sementara detasemen regmatogen retina dapat terjadi pada orang yang memiliki rabun jauh (miopia mata) atau mata minus.

Risiko merobek lebih besar pada mata dengan minus tinggi. Kriteria dikurangi tinggi adalah di atas 6 dioptri. Yang perlu diingat, robekan pada retina pada dasarnya dapat terjadi pada semua orang, bukan hanya pada orang yang memiliki mata minus atau plus.

Bisakah melahirkan normal

Jika demikian, apakah mungkin jika wanita hamil dengan mata minus ingin melahirkan secara normal? Pada dasarnya melahirkan adalah proses fisiologis, dan proses mengejan ketika proses persalinan itu identik dengan proses defekasi atau Buang Air Besar (BAB) jadi tidak perlu khawatir, saat wanita hamil dengan mata minus, dia masih bisa melakukan persalinan normal. Karena risiko robekan retina tidak berhubungan dengan aktivitas baik saat melahirkan atau kesulitan saat defekasi.  retina yang robek dapat terjadi akibat benturan di kepala dan di mata.

Hal senada juga dikatakan Dr John Darmawan, RS Graha Kedoya SpOG dari Jakarta. Menurut dia, wanita dan sebenarnya wanita hamil dengan mata minus bisa melahirkan secara normal selama kondisi sebelumnya diperiksa retina.

Berdasarkan penelitian di Polandia pada tahun 1996 pada hubungan antara miopia tinggi dengan cara melahirkan, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antarapobekan pada retina dengan cara persalinan.

Studi lain di Rusia pada tahun 2003 dengan mengukur tekanan intraokular dan hemodinamik bola mata, menemukan bahwa pada pasien dengan myopia tinggi dapat melahirkan secara normal. Ada perubahan refraksi pada kehamilan sebagai studi 2002 oleh Pizzarello di Amerika Serikat, namun situasi pasca melahirkan akan meningkatkan seperti sebelum hamil.

Periksa mata Anda

Oleh karena itu, konsultasi kedokter selama kehamilan sangat penting. Khusus untuk ibu hamil dengan mata minus, berkonsultasi mata Anda diperiksa lebih teratur lagi. Dianjurkan untuk memeriksa kondisi retina ke spesialis mata (opthalmologist) bagian dari retina, sebelum kehamilan atau sebelum melahirkan.

Dengan menggunakan alat khusus yang opthalmoscope, dapat dilihat dengan jelas apakah ada robekan atau tidak, dan lokasi area robekan. Jika diketahui ada air mata dapat diambil segera.robekan maka akan dilakukan tindakan segera, karena Jika tidak diambil tindakan segera, dalam rentang waktu yang panjang, ablasio retina dapat menyebabkan cacat penglihatan atau kebutaan permanen.

Tips untuk wanita hamil dengan mata minus

1. Konsultasikan dengan dokter mata khusus retina setiap 6 bulan.

2. Jika ada risiko robeknya retina, bahas dokter kandungan untuk menemukan apa cara terbaik untuk melahirkan.

3. Jangan melakukan pengobatan alternatif yang tidak jelas untuk menghindari hal-hal buruk.

4. Periksa retina tidak harus dekat dengan waktu kelahiran untuk mencegah kontraksi atau apapun yang bisa membahayakan kehamilan.

5. Percayai tubuh Anda dan bayi Anda

6. Lakukan pola hidup yang sehat dan persiapkan tubuh, mental dan spiritual untuk melahirkan secara alami.

7. Belajar melatih tehnik nafas sehingga ketika proses persalinan berjalan lancar dan bahkan sang ibu tidak perlu mengejan.

Semoga bermanfaat

Salam Hangat

Source : bidankita.com