Keluhan Selama Hamil

Semua ibu hamil pasti ga jauh2 dari yg namanya keluhan..tiap semester pasti adaaaaa aja rasa ga enak …rasa serba salah…mpe rasa paling menderita di dunia ini (lebay kkkk)…Saat hamil, tubuh memproduksi hormon dengan jumlah yang banyakkkk sekali sehingga terjadi beberapa hal “baru” pada tubuh bumil . Hormon apa aja sih yg muncul? Yg banyak diproduksi antara lain progesteron, oksitosin, estrogen, HPL, relaksin, prolaktin… wew >,< lewat tulisan ini aq mau share2 soal pengalamanku selama hamil n gimana cara aq ngurangin rasa sakitnya..cekidot mommy >,<

1. Mual

ini rasa yg pasti nongol …cuma beda2 buat masing2 ibu hamil,,,ada yg ngerasain di smester 1, semester 2, ada yg mpe slama hamil mual mulu, tapi ada juga yg mual free alias ga ngerasain mual sama skali …kalo aq sendiri ngerasain di minggu 12-14 ..rasanya luar biasa!!!! tiap ada yg masuk, langsung mual n pengen muntah mpe keringet dingin semua, kadang mpe nangis saking bingungnya mesti gimana (red: bunda manja) ..nah buat ngurangin mualnya…aq mengurangi porsi makan..bukan diet ya..lebih tepatnya berhenti makan sebelon kenyang seperti yg diajarkan nabi Muhammad saw..karna makin banyak yg masuk..makin penuh rasanya perut…makin besar kemungkinan untuk muntah. Makan dengan porsi sedikit tapi sering, kalo laper jgn mpe ga diisi ya bun, karena rasa laper malah memancing rasa mual juga. Perbanyak makan buah, terutama buah yg banyak mengandung air kayak semangka atau pir. Susu tetep harus masuk, paksain…kalo susu hamil ga bisa masuk, coba diganti susu UHT yg rasanya lebih enak..ga perlu susu ibu hamil, karena intinya nutrisi dari susu itu sama baiknya..bedanya susu hamil hanya nambahin embel2/klaim iklan dari si produk…pokoknya jgn mentang2 mual nutrisi dedek ga dipikirin…tanemin pikiran “demi anak” ..kita mungkin tahan kalo ga makan..tapi anak dalam kandungan ga bun…mereka butuh energi, kalori, n nutrisi dan siapa lagi yg bisa kasih itu semua kalo bukan qta bundanya..

lagian bun ..aq pernah baca niy ,,klo rasa mual yg qta rasain itu karena hormon HCG yg dikeluarin lebih tinggi..aq lebih seneng nyebut niy hormon dengan sebutan hormon “bunda aq ingin hidup” …jadi ditengah2 perjuangan dedek buat tumbuh di tengah2 kondisi si ibu yg rentan stres dengan sgala perubahan fisik dan hormonal, hormon ini lah yg dibutuhin dedek untuk bertahan…so bunbun yg gi mual2..smangaaaat ><

2. Pusing

wah ini rasa yg dah jadi temen di trimester 1 dan 2..bisa terjadi karena perubahan hormonal, ga lancarnya sirkulasi darah dan oksigen di tubuh qta, mpe kurang darah..tiap kali ngerasa pusing, yang aq lakuin adalah minum aer putih yg banyak, karena aer putih bisa ngebantu memperlancar sirkulasi oksigen dan darah yg cenderung lebih kental saat hamil. kalo ga mempan juga aq ngelakuin gerakan seperti sujud selama 10 menit supaya peredaran darah yg tersumbat bisa lancar lagi. kalo ga mempan juga , minum vitamin tambah darah, bisa konsultasikan dengan dokter soal vitamin tambah darah yg aman..tapi aq minum sangobion. Slaen itu perhatikan pola makan, perbanyak makan daon2an ijo yg tinggi zat besi kayak bayem, kangkung, makan hati juga bagus. Jangan lupa juga istirahat, tidur istirhat yg cukup..jangan suka begadang…nti anaknya suka begadang juga lho…krna kebiasaan tidur ibu akan membekas di anak, jadi si anak akan mengikuti pola tidur dari si ibu sejak dari dalam kandungan. kalo masih ga mempan juga..syukuri aja sebagai bumbunya hamil ^^

3. Perut kembung

ini rasanya mirip2 magh, dicampur masuk angin..perut begah mulu..kadang kentut mulu..kayak ada angin muter di perut. cara mencegahnya bisa dengan mengurangi makanan2 yg mengandung gas tinggi kayak duren (ini kalo bisa jgn dimakan dlu selama hamil), ketan/ulen , kol, atau mangga (ini perkecualian, reaksi tiap org beda2) . kalo ga tahan banget bisa minum obat magh polysilene…^^

4. Badan pegel2

kalo ini gampang bun, minta pijet ayahnya aja..tapi jangan di perut dan dibagian belakang perut ya heheh…

5. Rasa sakit kayak mau haid

ini biasanya kerasa di trimester 1, trimester 2 dan semester akhir pas mau lahiran…di trimester 1 bisa kerasa karena ada gerakan rahim yg semakin membesar (penarikan ligamen) ngasih ruang buat si dedek, dari yg awalnya kempes kopong..sekarang ada isinya..jadi rahim juga makin membesar doooong, dengan catetan kerasanya ga lama ya bun…tapi kalo kerasanya makin sering dan lama, diikutin sakit pinggang yg menjalar dr belakang ke depan mpe atas vagina qta, sakit punggung yg amat sangat..sebaiknya bunda cepet ke dokter, karena ada kemungkinan keguguran. kalo dah mule kerasa, jangan gundah bun…cukup dibaringkan aja, istirahat dan tarik nafas rileks lama2 kebawa tidur ,pas bangun dah ga krasa lagi^^

6. Sakit Pinggang

ini bisa dirasain dari trimester 1 krna perubahan fisik bunda dari yg tadinya ga bawa apa2 di perut jadi bawa dedek^^ semakin parah kerasa kalo perut dah makin membesar di trimester 2 dan 3 . kalo dah bgini slaen minta dielus2 (bukan dipijet ya) ma ayah, minta dipijet punggungny, kadang berasa nyaman mpe pinggang..aq slalu ngeregangin otot dengan cara bobok miring ke kiri kaki ditekuk dan diselipin bantal di paha (kayak meluk guling) , dedek jg paling nyaman di posisi ini karena sirkulasi oksigen lancar dan ga kedesek organ2 laen

7. Tangan bengkak dan baal

ini mule kerasa di trimester ke-2 , kata dokter c karena kurang kalsium. jadi diperbanyak aja konsumsi kalsium kayak di telor, susu, udang, brokoli, ikan dll dan jangan dibarengain dengan konsumsi zat besi dan zinc, karena akan saling menghambat penyerapannya. Tiap bangun bobo, lakukan gerakan seperti meremas2 dan regangkan otot2 jari tangan.

8. Kaki bengkak

ini mule kerasa di trimester 2 & 3…bisa karena sirkulasi darah yg ga lancar atau peningkatan dan penumpukkan cairan di kaki. bisa tau bengkak ato ga..bisa keliatan dari daerah atas mata kaki, kalo dipencet baliknya lama, berarti itu bengkak. buat ngurangin bengkak aq sedikit mengurangi konsumsi garam. trus jangan duduk dengan kaki di gantung sebisa mungkin kaki diganjel tinggi supaya jangan gantung pas duduk. Bisa juga dengan rebahan dan kaki dinaekkan ke atas tembok atau diganjel dengan bantal supaya posisi lebih tinggi. tiap bangun bobo, regangkan otot kaki dengan memutar2 bagian kaki (hanya kaki ya, tanpa betis dan lutut) ke kanan secara berulang, ke kiri secara berulang, dan depan belakang. 

9. Sakit Punggung

wah ini luar biasa sakitnya …trutama di trimester 3..bisa karna pengaruh gravitasi karena dedek makin gede jadi makin narik ke bawah dengan bobot yg makin berat juga (sehat^^) . kalo ini dicoba dengan biasain duduk/bediri ga bungkuk, jadi tarik pundak supaya badan tegak. bisa juga dengan ngeregangin otot dengan cara bobok miring ke kiri kaki ditekuk dan diselipin bantal di paha (kayak meluk guling). Mandi aer anget juga bisa ngurangin, apalagi pake shower yg tepat dialirin di punggung. Saat kita mau ambil barang di bwah juga, hindari posisi membungkuk buat ambil barangnya, tapi duduklah baru diambil barangnya. Bisa juga latihan punggung dengan cara dalam posisi merangkak, lengkungkan punggung ke atas, tahan hingga hitungan ke sepuluh, ulangi hingga lima sampai sepuluh kali, setiap hari. dan jangan lupa pijetan ayah punya daya ampuh luar biasa lho >,< 

10. Ngilu sendi, susah gerak

hormon yg jadi biang keladi ngilu2 di persendian sampe bikin bumil susah gerak, sakit pinggang dsb. Si hormon terdakwa ini juga yang jadi biang kalo bumil lebih gassy, sering sakit mag, ngilu di area miss V. Terdakwanya : Relaksin. Saat hamil, hormon relaksin diproduksi sampai 10X lipat lebih tinggi dibandingkan sebelum hamil. Plasenta pada bumil sibuk memproduksi hormon relaksin yang sebetulnya fungsinya bagus lhooo.. Ini yg bantu kita lahiran normal. Relaksin ini punya tugas untuk melenturkan otot, jaringan dan persendian pada ibu hamil.. Jadi lentur dan lahirannya gampang. Harusnya sih, emang tugasnya terfokus pada daerah panggul dan tetangga2nya.. Tapi kadang si hormon terlalu semangat kerjanya. Sangking semangatnya, otot2 dan persendian jadi kerasa loncer, longgar, apalagi daerah pelvic (kemaluan) udah kayak mau copot😀 Banyak yang akhirnya sakit di daerah kemaluan, terutama kalau jalan atau bergerak hingga jadi kasus SPD .. Haaa apalagi tuh? SPD itu “Symphysis Pubis Dysfunction” ini kondisi saat ligamen (mirip2 engsel deh) di daerah pelvic jadi terlalu kendorrrr.. Dan kalo relaksin udah terlalu semangat kerja gini, efeknya juga bisa sampai ke persendian lain… duhhhh nikmat yaaa🙂 Kadang kondisi ini juga bisa berlangsung beberapa minggu/bulan setelah melahirkan sampe hormon kembali normal. Jadi gimana dong kalo gini? Ga enak banget ya… yang pertama bisa dilakukan… ikhlasssss.. Jalani yaaaa🙂 Justru bersyukur lho kalo hormon relaksin ini udah bekerja sejak awal kehamilan, karena yg melenturkan panggul ya beliau ini.. Jadi kalo baby besar, ligamen pada tulang kemaluan masih bisa melarrrrr supaya si baby bisa lewat dengan tenang. Jadi ibaratnya buat tubuh bumil.. kalo meja, harusnya kaki2nya dipaku supaya kuat, nah ini bukan dipaku tapi diiket dengan karet…Jadi ligamen yg jadi “pengikat” persendian, yg tadinya kokoh, sekarang lembek dan lentur… ngerti ya? Salah satu cara yg bisa dilakukan supaya lebih nyaman terutama di area kemaluan, pakai penyangga kehamilan (pregnancy belt). Banyak kok yang jual di toko2 bumil atau babyshop… supaya tumpuan berat ke arah pelvic lebih dibantu aja. Kalo betul2 lagi nyeri, coba relaksasiiiii… supaya endorphine keluar dan membloking rasa nyerinya juga…Boleh dibantu kompres handuk hangat.. Atau berendam di bak mandi dengan air hangat.. Lalu coba senam kegel supaya gesekan2 tulang di dekat ligamen yg lentur ini tidak menimbulkan bengkak sehingga makin sakit.. Latihan yoga dan pelvic rocking di atas bola, atau cat-cow positions juga bagus untuk menguatkan otot pelvic… berenang juga lohhh.. Dan kalau kondisinya demikian, jangan angkat2 benda berat ya.. Jangan gendong anak di atas 10kg apalagi gendong suami.. mari kita senam kegellll… tahannn…. Lepassss… tahannnn… lepasssss… ^_^

jadi emang kehamilan ga jauh2 dari keluhan,tinggal bagaimana tiap pribadi menerimanya. Syukurilah kehamilan bunda sebagai anugerah luar biasa dari Allah, jangan jadikan semua keluhan itu jadi beban dan penderitaan. Buat supaya diri kita bisa menerima kehamilan itu. Ga semua orang bisa hamil lho, anak adalah amanah dan rezeki luar biasa dari Allah.

Selain itu, biasakan olahraga supaya otot2 ga kaku. Ibu hamil bukan berarti harus diem aja ga ngapa2in. coba olahraga2 ringan kayak jalan pagi atau berenang. berenang adalah olahraga paling aman untuk ibu hamil karena ga rentan cedera. Jalan pagi juga bisa meregangkan otot dan bisa berpengrauh saat persalinan, lagian jalan pagi bisa dapet bonus udara pagi yg masih seger, yg bisa qta hirup buat dedek, apalagi kalo jalan2’n sama ayah , skalian ke pasar (lho kkk) . kalo dah mule 7 bulan, bisa coba yoga prenatal atau senam hamil. 

dan yang paling penting dari semuanya adalah pikiran qta harus selalu positif. Dengan menanamkan afirmasi positif, semuanya terasa lebih ringan. Pasrahkan semuanya sama Allah. Dengan pikiran yang positif, alam juga akan bereaksi postif sama qta, badan juga terasa lebig bugar dan sehat ^^

Have a nice pregnancy mommy ^___________^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s