Hypnobirthing dan Persalinan

Saat seorang ibu hamil memasuki trimester terakhir, banyak sekali ibu yang mengalami stress, takut dan kecemasan. Mulai dari takut sakit/ merasanya nyeri saat bersalin, takut terjadi komplikasi saat bersalin dan panic. Namun bagi ibu-ibu yang sudah belajar tentang hypno-birthing, peristiwa persalinan hanyalah sebuah tantangan yang pasti bisa dilewatinya dengan nyaman, lancar dan nikmat.

Untuk menghadapi proses persalinan agar terasa nyaman, dan lancar para wanita bijak memilih untuk menggunakan hipno-birthing untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa takut saat bersalin sehingga pengalaman persalinan yang mereka dapatkan adalah sebuah pengalaman yang indah dan tak terlupakan.

Dimasa lalu kata “hipnosis” identik dengan magic dan gambaran penghipnotis akan mempengaruhi orang lain untuk masuk dalam situasi yang memalukan. Namun sekarang hypnosis digunakan sebagai terapi dalam berbagai bidang kedokteran, anestesi gigi dan sesi terapi pribadi. Meskipun demikian, ada banyak kesalahpahaman tentang hipnosis yang dapat menghalangi mereka belajar metode yang canggih ini.

 Berikut ini persepsi yang benar tentang hypnosis:

* Semua Hypnosis adalah self-hypnosis, hipnoterapis/ orang yang melakukan hypnosis sebenarnya adalah fasilitator. Seseorang dapat memilih untuk masuk ke dalam keadaan hipnosi maupun tidak.

 * Sekitar 90-95% dari manusia dapat dihipnotis. Kemauan, keyakinan dan motivasi memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan hypnosis.

* Selama hipnosis anda tidak tertidur atau tidak sadar, dan selalu bisa “keluar”  dari kondisi hypnosis kapan saja Anda inginkan.  Dalam kondisi hypnosis anda tetap memegang kendali atas diri anda.

* Dalam keadaan hypnosis Anda tidak dapat dibuat untuk membocorkan informasi atau melakukan apa saja yang anda tidak maui.

lalu bagaimana dengan Hypnosis untuk proses persalinan?

saat ini Hipnosis digunakan dalam bidang medis/kedokteran, pembedahan dan kedokteran gigi dengan sukses. Banyak sekali manfaat yang sudah didapatkan pasien terutama yang memiliki alergi dengan obat anestesi, dengan ini, memungkinkan mereka untuk menjalani operasi tanpa obat-obatan dan tanpa rasa sakit.

kita tahu bahwa pikiran dapat dilatih untuk mengalihkan rasa ketidaknyamanan menjadi tekanan  ringan saja, dan dalam proses persalinan hal ini juga di gunakan. Selain itu, pada saat proses persalinan, dengan ibu bida menerapkan relaksasi apalagi di sela kontraksi, maka ibu akan merasa jauh lebih nyaman sehingga ibu mampu mengalami pengalaman persalinan yang nyaman dan indah. Relaksasi hypno-birthing dapat dipelajari dan dipraktekkan sehari-hari dalam persiapan untuk kelahiran menggunakan visualisasi dipandu dan diikuti oleh sugesti positif. Dan dalam keadaan hypnosis sugesti positif akan terekam di alam bawah sadar klien, sehingga sama seperti Laptop yang terkena “virus” (Virus= pikiran dan anggapan bahwa bersalin itu menyakitkan) , sugesti positif mampu me ‘reprograming dan mendelete’ virus-virus tersebut dan mengganti dengan ‘program’ baru yaitu bahwa bersalin itu normal, lancar, nyaman dan menyenangkan!

Ketakutan dan Harapan

Seperti kita ketahui bahwa dipedesaan atau jaman dahulu melahirkan dianggap sebagai suatu peristiwa, alami yang normal terjadi dalam kehidupan seorang wanita. Para wanita melahirkan diberi dukungan dari wanita lain, dan anak-anak sering hadir untuk menyaksikan acara tersebut. Dengan cara ini, kelahiran dirayakan dan dihormati. Gadis-gadis muda kemudian tumbuh dengan sistem keyakinan bahwa kelahiran adalah peristiwa positif dan harapan mereka terhadap proses melahirkan mencerminkan tercermin dalam sikap mereka. Akibatnya, kelahiran mereka mirip dengan para pendahulu mereka, tanpa rasa sakit dan ketakutan. Mereka memiliki harapan positif melahirkan.

Nah, sekarang…dalam budaya kita, yang terjadi adalah sebaliknya. Proses persalinan yang semula adalah urusan domestic, sekarang menjadi urusan public. Semua wanita dianjurkan bahkan diwajibkan untuk bersalin di Rumah Sakit (padahal sebenarnya yang bersalin itu bukan orang sakit kan?). dan apa yang terjadi di RS? Banyak sekali terjadi persalinan patologis bahkan sampai operasi. Bukan hanya itu saja tayangan infotaiment dan TV pun selalu menyajikan gambaran bahw proses persalinan adalah proses yang “berdarah-darah” penuh “peluh, jeritan” dan yang parah lagi adalah persalinan dianggap “antara hidup dan mati” padahal yang benar adalah persalinan itu antara hidup dan hidup!

Akhirnya generasi kita diajarkan bahwa Untuk melahirkan bayi adalah menyakitkan, harus dihadapi dengan rasa takut, panik dan gentar. Sehingga muncul keyakinan bahwa bersalin itu sakit.

Ketika belajar tentang bagaimana pikiran dapat mengontrol tubuh, pasangan hamil diajarkan untuk berada di lingkungan yang positif, untuk menciptakan pandangan positif melahirkan dan harapan bahwa mereka akan melahirkan dengan pengalaman, indah damai yang mereka inginkan. Ketakutan dalam proses persalinan dapat menciptakan ketegangan, yang menciptakan rasa sakit. Ketakutan dan kecemasan juga dapat membuat produksi adrenalin dalam tubuh meningkat, sehingga menyebabkan persalinan menjadi  disfungsional, ini yang akan menjadi alasan umum untuk dilakukan bedah Bedah Caesar. Kebebasan dari rasa takut dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman melahirkan.

 Hypnosis untuk melahirkan mengajarkan wanita bagaimana untuk masuk ke dalam self-hypnosis langsung, dan menciptakan anestesi alami sendiri kapan saja dan di mana pun dia membutuhkannya. Hal ini penting sebab obat-obatan yang diberikan saat proses persalinan (induksi/ anesthesia) dapat berbahaya baginya, dan terutama bayinya. Dalam proses persalinan seorang wanita memiliki kontrol total atas tubuhnya, dan merupakan peserta aktif dalam proses kelahirannya. Dengan belajar hypnosis saat proses persalinan berlangsung, dia dapat lebih rileks, masuk lebih dalam di dalam dirinya sendiri, percaya pada kemampuan alamiah tubuhnya untuk melahirkan dengan kemudahan dan kenyamanan. Otaknya diprogram untuk memberikan persis apa yang dia butuhkan.

Apakah benar bisa benar-benar tanpa rasa sakit?

Jawabannya adalah YA BENAR, tetapi ada banyak variabel yang mempengaruhi hasil dalam proses persalinan. pasangan perlu memiliki pandangan positif tetapi realistis tentang hipnosis untuk melahirkan. Setiap wanita hamil dan pasangannya harus bertanggung jawab terhadap pilihan yang mereka buat saat proses persalinan dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi dinamika dan hasil. Banyak proses persalinan yang indah telah digagalkan dengan tidak menyadari bagaimana membuat positif, pilihan informasi, maupun rasa tidak sabaran, dan kurang telaten. namun masalah ini mudah diatasi dan pelajari di kelas hypnobirthing. namun yang pasti adalah wanita yang menggunakan hipnosis jauh lebih tenang dan lebih santai selama persalinan, yang secara otomatis menciptakan kenyamanan yang lebih, serta memiliki sugesti yang kuat pasca-hipnosis untuk benar-benar menghilangkan rasa sakit dan rasa takut. Seberapa efektif ini? Statistik akan berbeda  sesuai dengan program dan metode yang dipilih, tergantung pada panjangnya dan jumlah sesi hipnosis, bahan yang digunakan dalam masing-masing kelas, dan keterampilan dari hipnoterapis, serta dedikasi dan kepatuhan terhadap program setiap pasangan melahirkan.

Idealnya, instruktur hipnosis untuk melahirkan/ instruktur hypno-birthing haruslah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan hipnoterapi dan pendidikan kesehatan terutama pendidikan tentang obsterty (contohnya bidan dan dokter ObsGyn), sehingga mampu menjawab semua kebutuhan pribadi setiap wanita. Dengan persiapan yang memadai dan kepercayaan dalam proses alamiah dalam proses persalinan, sebagian besar perempuan dapat mersakan lebih santai dan nyaman saat bersalin, dan bahkan banyak benar-benar bebas dari rasa sakit.

 Manfaat menggunakan hipnosis untuk melahirkan:

–         Mengurangi bahkan tidak memebutuhkan obat sama sekali, yang ini berarti mengurangi risiko efek samping pada ibu dan bayi.

–         Memperpendek proses persalinan dan membuat respon otot dan syarat terhadap rasa nyeri sangat minimal dan dapat dieliminasi.

–         Ibu dapat menghemat energinya karena selama proses persalinan ibu dapat merasakan rileks.

–         Lingkungan yang tenang dan damai sangat mendukung kelancaran proses bersalin.

–         Posisi janin yang sungsang, melintang atau kelainan letak kepala pun dapat diatasi dengan hypnosis.

–         Meminimalkan intervensi dalam persalinan sehingga meminimalkan kejadian komplikasi juga birth trauma.

–         Bayi dapat tidur dengan baik karena banyaknya endorphin yang mengalir kedalam tubuhnya selama proses persalinan.

Bagaimana sebuah kepercayaan yang sederhana dapat membuat sulit pada saat melahirkan?

 Apa gambar yang diciptakan dan apa perasaan yang Anda miliki ketika Anda mendengar kata “Melahirkan? Bagaimana tentang proses persalinan atau Rumah Sakit? ” Apakah “menyakitkan, Menyiksa, bahkan bayangan hidup dan mati atau yang serupa muncul dalam pikiran anda seketika itu juga?”

Beberapa decade terakhir ini banyak pesan budaya menjelaskan bahwa proses persalinan/ melahirkan sebagai suatu peristiwa yangluar biasa menyakitkan, yang dapat menyebabkan stres besar dan ketakutan pada ibu. Seberapa sering seorang wanita mendengar cerita tentang proses persalinan yang damai atau tenang? Sangay jarang sekali, justru yang terjadi adalah sebagian besar ibu baru dibombardir dengan cerita-cerita horor tentang kelahiran. Padahal Seorang ibu yang pertama kali hamil dan hendak bersalin tidak tahu apa yang diharapkan, mereka sangat rentan terhadap komentar-komentar atau cerita-cerita negatif tersebut. Meskipun orang lain tidak menyadarinya, mereka membantu untuk mengabadikan mitos bahwa kelahiran HARUS pengalaman yang menyakitkan dan menakutkan. Acara TV dan film menunjukkan bahwa melahirkan adalah periwtiwa yang dramatis atau super menyakitkan, dan jarang sekali dikemas sebagai peristiwa yang indah dan ajaib.

Bagaimana jika pemikiran tentang persalinan tidak seharusnya seperti itu? Bagaimana jika tubuh wanita sebenarnya diciptakan dengan cara yang hampir menjamin bahwa dia akan memiliki kelahiran lembut dan nyaman, apakah ia hanya akan percaya tubuhnya untuk mengetahui secara naluriah cara melahirkan? Bagaimana jika wanita mempercayai bahwa alam adalah bijaksana, dan kemudian meyakini pada kebijaksanaan bahwa dia dapat melahirkan dengan cara alami dan nyaman?

Luar biasa bukan?

Di pedesaan sekitar 80% dari bayi dilahirkan dengan bantuan bidan, perawat, atau dukun. Sedangkan di perkotaan apalagi kota besar banyak sekali yang melahirkan di RS dengan segala SOP-nya Akibatnya, ia telah menciptakan banyak prosedur untuk kenyamanan dan manfaat dari dokter, bukan untuk keselamatan dan kenyamanan ibu dan bayi. Hasilnya adalah pendekatan agresif lebih sering, daripada pendekatan yang lembut, pasif yang memungkinkan alam untuk berperan dalam proses persalinan tersebut. 

Bukankah ini cara yang lebih baik?

Seorang ibu yang telah memiliki pengalaman melahirkan yang indah akan memiliki asosiasi positif dalam pikiran dan emosi kepada bayi mereka, persalinannya lebih mudah, non-traumatik, tidak menyakitkan dan lembut dan ini akan menciptakan hubungan yang sangat positif untuk orangtua. Ini awal yang positif untuk hubungan mereka yang akan meningkatkan interaksi orangtua-anak selamanya. Banyak psikolog percaya bahwa bayi yang lahir dengan lembut tumbuh menjadi orang dewasa lebih lembut, dan memiliki kemampuan lebih besar untuk menangani masalah-masalah dengan non-kekerasan.

Berikut ini adalah beberapa metode lain yang populer untuk melahirkan:

Metode Bradley

Metode ini diciptakan oleh Robert Bradley, seorang dokter kandungan Amerika juga dikenal sebagai suami-dilatih sebagai pendamping persalinan yang aktif. Pendekatan ini menekankan diet dan latihan untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman kehamilan.Metode ini mencakup tentang kehamilan dan persalinan, relaksasi yang mendalam, fokus ke dalam, dan pernapasan perut lambat. Pasangan/pendamping persalinan diajarkan untuk menjadi peserta aktif dalam proses persalinan. Mereka belajar untuk mengidentifikasi ketika ibu hamil berada dalam ketidaknyamanan, dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut dalam persalinan. Metode ini menghambat penggunaan obat, kecuali dalam kasus-kasus ekstrim. 86% dari ibu-ibu yang menggunakan teknik Bradley dapat bersalin normal per vaginam tanpa obat. Kelas umumnya dilakukan mingguan selama dua belas minggu.

 Metode Lamaze

Metode ini di ciptakan oleh seorang dokter kandungan Perancis, bernama Dr Ferdinand Lamaze dan dikembangkan pada tahun 1940 dan menjadi populer di Amerika Serikat karena buku yang diciptakan oleh Marjorie Karmel, Thanks to Dr Lamaze. Teknik Lamaze mendukung kelahiran sebagai proses alami dan sehat. Ini menekankan bahwa wanita memiliki hak untuk memiliki proses persalinan yang bebas dari intervensi medis, tetapi mereka tidak menganjurkan intervensi medis terhadap rasa nyeri selama persalinan.

Metode ini juga sangat pendukung proses menyusui. teknik pernapasan khusus digunakan untuk relaksasi. Penggunaan posisi melahirkan yang berbeda, bola melahirkan atau orgasme untuk mengejan, atau segera saat proses persalinan. Penelitian ini didasarkan pada prinsip respon terkondisi dari praktek dan pengulangan.Pasangan dididik tentang proses persalinan dan dilatih untuk melakukan latihan tertentu. Latihan termasuk mekanika tubuh yang tepat, pengkondisian tubuh untuk persalinan dan melahirkan, relaksasi, dan teknik pernapasan dikendalikan. relaksasi aktif dan pola pernapasan yang fundamental untuk metode ini.

Pasangan didorong untuk menetapkan tujuan mereka sendiri untuk sukses. Sebuah kelas selama 10-12 jam ditawarkan dalam berbagai format (akhir pekan, empat minggu, lima minggu, enam minggu, dll) Sistem ini didasarkan pada keyakinan bahwa melahirkan adalah suatu proses yang alamiah, bukan peristiwa medis. Ini mengajarkan orang tua melahirkan kekuatan-kesadaran diri. terdapay empat perspektif: Ibu, Ayah, Bayi dan Budaya. Membantu membangun sebuah pola pikir mengatasi rasa sakit sepenuhnya sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam perjalanan persalinan. 

 Birthworks 

Metode ini mencakup filsafat yang mengembangkan diri wanita-keyakinan dan kepercayaan pada kemampuan bawaan untuk melahirkan. Kelas adalah pengalaman, persiapan fisik dan emosional. pola pernapasan tapi lambat, bernapas dalam-dalam untuk menciptakan relaksasi. Kepercayaan bahwa pengetahuan tentang kelahiran sudah ada dalam setiap wanita dan itu sebuah proses

 Waterbirth 

Penggunaan kolam air hangat untuk melahirkan adalah sebuah tren yang relatif baru dalam Budaya Barat. Selama tahun 1960-an, peneliti Rusia Igor Charkovskymelakukan penelitian yang cukup besar dalam keselamatan dan manfaat dari waterbirth di Uni Soviet. Pada akhir 1960-an, dokter kandungan dari Perancis Frederick Leboyer mengembangkan praktek merendam bayi yang baru lahir dalam air hangat untuk membantu memudahkan transisi dari rahim ke dunia luar, dan untuk mengurangi dampak dari setiap trauma lahir mungkin terjadi. Dokter kandungan lain dari Perancis, Michel Odent, mengambil pekerjaan Leboyer lebih jauh ketika beberapa wanita menolak untuk keluar dari air untuk melahirkan. Odent menggunakan kolam air hangat untuk penghilang rasa sakit untuk ibu, dan sebagai cara untuk menormalkan proses kelahiran. Odent mulai meneliti manfaat waterbirth bagi bayi yang dilahirkan dan potensi masalah dalam kelahiran tersebut. Pada akhir 1990-an, ribuan wanita telah melahirkan di pusat persalinan-nya Odent di Pithiviers, dan gagasan melahirkan di dalam air telah menyebar di banyak negara-negara Barat lainnya bahkan sampai ke Indonesia, dan sampai saat ini BALI adalah salah satu Center waterbirt di Indonesia.

Para pendukung percaya metode ini memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi.Berikut ini adalah daftar manfaat potensial.

– Memberikan kenyamanan yang lebih pada ibu dan mobilitas. Sang ibu memiliki kemudahan yang jauh lebih besar dan kebebasan untuk bergerak secara spontan untuk mengubah posisi untuk membantu turunnya bayi.

– Penurunan tekanan pada perut. Saat ibu berendam/ mengapung di air hangat kontraksi rahim lebih efisien dan sirkulasi darah menjadi lebih baik, sehingga oksigenasi lebih baik di otot rahim, nyeri lebih sedikit untuk ibu, dan lebih banyak oksigen untuk bayi.

– Membantu ibu menghemat tenaganya. Perendaman mengurangi oposisi terhadap gravitasi; mendukung berat badan ibu sehingga energinya dapat digunakan untuk mengatasi kontraksi.

– Air melemaskan otot-otot dasar panggul.

– Air meminimalkan rasa sakit sehingga secara efektif yang bagi kebanyakan wanita lain metode pengendalian rasa sakit tidak lagi diperlukan.

– Air merangsang sentuhan dan suhu serat saraf di kulit. Ia memblok impuls dari serat nyeri, yang dikenal sebagai Teori Pain Gateway.

– Memfasilitasi kala 2 peralinan. Air hangat akan melembutkan otot-otot di vagina, vulva, dan perineum, menyebabkan cedera lebih sedikit pada jaringan tersebut.

Hypno-birthing
Hypno-birthing adalah teknik yang menyenangkan, santai dan bebas stre. Ini merupakan metode dari melahirkan yang didasarkan pada keyakinan bahwa ketika seorang ibu benar siap untuk melahirkan secara fisik, mental dan spiritual, ibu dapat mengalami sukacita dan mampu melahirkan bayinya dengan lebih mudah, lebih nyaman. Selanjutnya, kelahiran sering bebas rasa sakit. Hypno-birthing mengajarkan seni melahirkan dengan cara yang memungkinkan untuk memanfaatkan naluri alamiah untuk melahirkan. 

Hypno-birthing menekankan menggunakan pikiran untuk mencapai keadaan relaksasi dan menghilangkan rasa takut, ketegangan dan nyeri selama persalinan dan kelahiran. Konsep Hypno-birthing bukanlah hal yang baru, tetapi adalah “kelahiran kembali” dari filsafat melahirkan sebagaimana yang ada ribuan tahun yang lalu.

 Dr Grantly Dick-Read adalah seorang dokter Inggris yang percaya bahwa perempuan mengalami rasa sakit melahirkan adalah psikologis dan karena kekhawatiran tentang proses persalinan. Hal ini disebabkan apa yang disebut sindrom ketakutan-ketegangan-sakit. Dia percaya bahwa jika takut dapat dikurangi, akan mengurangi ketegangan dan rasa sakit bisa diperkecil. Dia adalah salah satu dokter pertama yang membawa suami ke ruang persalinan dan dokter pertama yang menganjurkan “melahirkan normal” pada 1020 itu. Dalam bukunya Melahirkan tanpa Rasa takut yang diterbitkan pada 1944, ia menjelaskan Hypno-birthing sebagai relaksasi nyata — keadaan ini, biasanya dialami sebelum jatuh tertidur. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa hampir tidak mungkin untuk mengkhawatirkan sesuatu. jika ibu benar-benar santai, maka termasuk otot rahim pun juga akan santai. Dr Dick-Read setuju dengan Dr Odent bahwa tanpa rasa takut dan ketegangan, sakit parah tidak harus terjadi dan mengiringi dalam prose melahirkan.

 Pikiran / Tubuh aspek metode Hypno-birthing berasal dari Mind / Body program untuk penyembuhan penyakit dikembangkan oleh Carl O. MD Simonton Dr Leclaire O’Neill PhD, RN bekerja dengan Dr Simonton selama 10 tahun. kemudian dikembangkan oleh Marie F. Mongan pada tahun 1989 juga dikenal sebagai Hypno-birthing, yang menggabungkan karya Dr Dick-Read dengan metode Leclaire. Dan di Indonesia pertama kali di kembangkan oleh seorang bidan bernama Lanny Kuswandi.

kelas Hypno-birthing adalah biasanya dikemas dalam seri 3-5 kelas dan mengikuti pola dasar melahirkan kelas-kelas lain, dengan bagian dari program yang ditujukan untuk pendidikan dan bagian lain yang ditujukan untuk demonstrasi dan praktek latihan. Meskipun belum tersedia di beberapa daerah, kelas menjadi semakin populer di seluruh negara. Sebagaimana dengan semua metode, pendidikan tentang melahirkan disertakan. Penekanan dari kelas-kelas adalah pada teknik self-hypnosis untuk mencapai relaksasi yang mendalam, fokus pada pernapasan perut, dan latihan dengan kondisi tubuh untuk melahirkan. kelas ini ditawarkan dalam berbagai format (mis. akhir pekan, kelas mingguan, dll) Saat anak Anda lahir dengan Hypno-birthing, Anda akan terjaga dan waspada dalam keadaan pikiran relaks. Anda tidak akan tertidur, tapi Anda akan benar-benar santai, tetapi dalam kontrol penuh. Anda akan mengalami persalinan dalam suasana relaksasi tenang, bebas dari rasa takut dan ketegangan yang dinyatakan akan menghalangi Anda dari otot berfungsi secara bebas dan alami. Dalam keadaan tenang, anestesi alami tubuh Anda, endorfin, menggantikan hormon terkait stres yang menyebabkan penyempitan dan nyeri. Anda akan menyadari sensasi tubuh Anda dan lonjakan, namun akan dapat menentukan sejauh mana Anda merasa gelora.

Bagian lain dari kelas mengajar teknik hypnosis diri dan rasa takut teknik rilis, untuk mengatasi ketakutan atau kekhawatiran bahwa orang tua baik dapat memegang, dan membantu mereka untuk melepaskan rasa takut yang tidak didasarkan pada realitas. Hypno-birthing membantu Anda untuk melepaskan semua ketakutan akan melahirkan. Anda akan belajar bagaimana untuk mempercayai tubuh Anda dan untuk bekerja dengannya.

Apa yang Anda Pelajari:

a. Relaksasi dan teknik self-hypnosis untuk menghilangkan rasa takut dan ketegangan yang menyebabkan proses persalinan yang panjang dan rasa sakit, menggantikannya dengan kepercayaan diri, tenang dan nyaman.

b. teknik lain untuk menghasilkan proses persalinan yang lebih pendek, lebih nyaman.

c. Penciptaan anestesi alami tubuh.

d. Bagaimana tubuh ibu dirancang untuk bekerja secara harmonis dengan alam neuromuskuler seluruh proses persalinan.

e. Praktek di relaksasi yang mendalam

f. Diajarkannya caranya bonding pralahir, ikatan perinatal dan postnatal.

g. Bagaimana pikiran menentukan apa dan ketika tubuh merasa sesuatu.

h. relaksasi dan visualisasi

i. Relaksasi dan ideomotor respon

j. Mempersiapkan tubuh untuk melahirkan

k. Menghindari untuk berurusan dengan keadaan khusus

l. Bagaimana mempersiapkan rencana melahirkan

m. Peran pendamping selama persalinan

n. Seluruh tahapan proses kelahiran.

o. Beberapa audio / visual alat yang digunakan serta rekaman self-hypnosis.
instruktur Hypno-birthing menggunakan bahasa yang menggambarkan pengalaman melahirkan adalah dengan cara yang lembut, sehingga menciptakan citra positif yang lebih dalam pikiran. Beberapa contoh adalah:

“kontraksi menjadi gelombang alami rahim”

“sakit vs nyaman”

“Tekanan / Sensasi vs Nyeri”

“Keadaan Khusus vs Komplikasi”

 Kelahiran menggunakan hipnoterapi tidaklah senbuaah proses Kelahiran yang bebas dari sensasi-. Mungkin ada perasaan tekanan, pengetatan atau pembakaran – namun akan melakukan sesuatu untuk Anda. Dengan membiarkan tubuh untuk mengikuti jalan yang ditetapkan dari awal waktu, bayi lahir lebih waspada; ibu lebih dienergik, dan memulihkan lebih cepat.

Manfaat Hypnosis selama kehamilan, persalinan dan seterusnya

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1990 dalam Journal of Konseling dan Klinis Psikologi, peneliti mengamati dua kelompok ibu hamil. Satu kelompok dilatih di napas teratur dan teknik relaksasi sementara kelompok kedua adalah dilatih dalam teknik Hypno-birthing. Temuan menunjukkan perbedaan statistik yang signifikan antara kelompok perempuan. Para wanita Hypno-birthing memiliki persalinan yang lebih pendek, lebih sedikit permintaan untuk obat-obatan, laporan lebih sedikit rasa sakit, dan bayi mereka menunjukkan skala yang lebih tinggi pada pembacaan Apgar setelah lahir. Selain itu, ibu Hypno-birthing melaporkan insiden lebih sedikit depresi dan periode pemulihan lebih cepat setelah melahirkan “.

Menghilangkan sindrom Fear-Tension-Pain sebelum, selama, dan setelah melahirkan.

Takut merangsang produksi hormon stres dalam tubuh (katekolamin), hormon ini menyebabkan rahim untuk menegangkan dan darah mengalir ke kaki meninggalkan uterus dan organ lain dengan oksigen tidak cukup, ini pada gilirannya menyebabkan rahim menjadi kekurangan oksigen menyebabkan untuk bekerja tidak efektif dan menyebabkan rasa sakit. Ketika kita berada dalam ketakutan, kita bereaksi dan rasa sakit akan yang lebih kita rasakan. Pada dasarnya, rahim anda tidak hanya mempunyai satu otot besar saja, namun rahim terbuat dari dua lapisan otot dengan dua arah yang berbeda.

Satu lapisan dari atas ke bawah dan satu lapisan lagi dari sisi samping. Selama proses persalinan otot yang mengarah ke atas dan bawah bertugas untuk mendorong bayi kebawah dan menarik leher rahim keatas. Dan setelah bayi Anda lahir ma otot di masing-masing sisi menarik otot di leher rahim. dengan adanya hormone adrenalin akibatnya satu sisi otot mencoba membuka leher rahim, sementara satu lapisan otot mencoba untuk menutup leher rahim. Hal ini membuat proses persalinan menjadi sangat panjang, menyakitkan dan tidak produktif. pengalaman rasa sakit seorang wanita saat bersalin akan menambah semakin stress wanita tersebut, dan akhirnya dia merasa lebih takut dan lebih sakit lagi. Ini adalah lingkaran setan yang sulit untuk diputuskan, padahal sebenarnya tubuh seorang wnita dirancang sempurna untuk proses melahirkan bayi dengan mudah, lembut dan nyaman. Hipnosis memberdayakan kita untuk menghilangkan rasa takut, ketegangan, nyeri dan siklus kecemasan, yang pada gilirannya melemaskan otot-otot rahim, sehingga mengurangi rasa sakit. Akhirnya, hypnosis memungkinkan seorang wanita untuk melahirkan lebih nyaman dan memungkinkan ikatan yang lebih baik dengan bayi menjadi lebih santai, menyenangkan dan berenergi.

 Melahirkan dengan Hipnosis·

Memperpendek Kala I

Abramson dan Heron melakukan penelitian terhadap 100 ibu hamil yang dilatih hypno-birthing dan ternyata temuan yang diperoleh mereka mengalami pemendekan durasi kala I persalinan (3,23 jam) dibandingkan dengan kelompok control sebanyak 88 ibu hqamil. 45 ibu yang pertama kali menggunakan hypno-birthing saat bersalin memiliki rata-rata 4,5 jam untuk kala I fase Aktif. Abramson, M., & Heron, Sebuah evaluasi obyektif WT ‘hipnosis dalam kebidanan: Laporan Pendahuluan.

Jenkins dan Pritchard, Journal Obstetri dan Ginekologi American, 1950. Melakukan penelitian juga tentang Hypnosis untuk Melahirkan: pendidikan prenatal dan output proses persalinannya. diterbitkan, Juni 2001. Dalam studinya dari 262 subyek dengan 600 kontrol yang dilakukan oleh, ditemukan bahwa lama kala I berkurang hingga 3 jam untuk ibu yang pertama kalinya melahirkan (primigravida) dan 1 jam untuk wanita yang sudah berpengalaman dalam melahirkan (Multigravida). Studi lain di Inggris olehMellegren, A. menemukan pengurangan yang signifikan secara statistik kali durasi/ panjangnya lama kala I untuk ibu primi dan secundi gravida:

70 pasien dengan hipnosis: 6 jam 21 menit

70 pasien dengan relaksasi: 9 jam 28 menit

70 kelompok kontrol: 9 jam 45 menit

Menghilangkan atau sangat mengurangi kebutuhan akan anestesi dan obat kimia untuk menghilangkan rasa nyeri.

Dalam sebuah penelitian di Inggris, 55% dari 90 pasien (ibu primi & secundi) tidak membutuhkan obat untuk menghilangkan rasa sakit. Sedangkan pada kelompok-kelompok non-hipnosis lain, hanya 22% dari 90 pasien tidak diperlukan pengobatan.Dua buah penelitian yang dilaporkan pada 1.000 kelahiran berturut-turut: dari 850 wanita yang dilakukan hypnoanesthesia didapatkan hasil bahwa 58 % tidak memerlukan obat. Sedangkan dipenelitian lain pada pasien yang dilakukan hypnoanesthesia didapatkan hasil bahwa 79% persalinan tanpa obat anesthesia.

Review bukti dari Hypnosis untuk menghilangkan nyeri persalinan dan melahirkan: Sebuah review sistematik dari British Journal of Anaesthesia, dirilis pada bulan Juli / Agustus 2005. Review ini dinilai merupakan penelitian terbaik yang tersedia tentang efek hipnosis untuk nyeri persalinan. dari 4 percobaan acak terkontrol dan 2 perbandingan non-acak dengan 1102 perempuan untuk menilai hipnosis. kelompok Hipnosis mengalami penurunan penggunaan obat nyeri dan co-intervensi, lebih baik, jika dibandingkan dengan perawatan biasa. Studi tersebut juga melaporkan bahwa tidak ada efek yang merugikan/ negative dari penggunaan hypnosis saat melahirkan. 

Posisi bayi sungsang dapat diubah dengan menggunakan hipnosis.

Seorang peneliti di University of Vermont, Burlington, Amerika Serikat, digunakan hipnosis pada 100 wanita hamil yang bayinya berada dalam posisi sungsang antara 37 dan 40 minggu kehamilan. Para wanita menerima hipnosis dengan saran-saran untuk relaksasi umum dan pelepasan ketakutan dan kecemasan. 81% dari bayi di kelompok hypnosis ternyata bayinya berubah ke posisi verteks, sedangkan pada kelompok control hanya 48%. Hypnosis paling efektif untuk perempuan yang termotivasi untuk menggunakan teknik ini. Selain melibatkan teknik visualisasi , relaksasi hipnosis dapat membantu Anda untuk merilekskan otot-otot di rahim dan sekitar perut sehingga cukup atau memungkinkan bayi untuk mengubah posisinya. Lewis E. Mehl, MD, PhD (1994) Archives Kedokteran Keluarga, Vol. 3, Oktober 1994. Para ahli juga mengatakan hipnosis ibu membantu meringankan kecemasan dan ketakutan saat bersalin dan Sebuah studi oleh Mehl (1994) menunjukkan hypnosis memiliki tingkat keberhasilan 86% dalam mengubah presentasi sungsang: 69% lebih tinggi daripada menjalani perawatan kebidanan standar 

Kebutuhan prosedur invasif seperti induksi, episiotomy, epidural dan operasi berkurang drastis.

Menurut penelitian penggunaan hipnosis untuk membantu dalam persiapan pasien obstetrik untuk persalinan. Pengurangan komplikasi, operasi, dan lama rawat di rumah sakit selain itu hypnosis menunjukkan manfaat kesehatan langsung kepada ibu dan anak.

 Harmon, Hynan dan Tirus melaporkan persalinan lebih spontan, Apgar skor yang lebih tinggi dan menggunakan obat-obatan minimal dalam penelitian mereka dari 60 perempuan.

 Hypno-birthing mencegah morning sickness.

Waxman (1989) menyatakan bahwa hipnosis dapat “sangat berguna” dalam mengurangi mual pagi hari, Sebuah studi oleh Fuchs et al (1980) dilakukan pada 138 wanita yang menderita dari “muntah sangat parah” diobati dengan hipnosis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 87 perempuan dari 138 diobati dengan hipnosis:

– 61 ibu bebas dari muntah-muntah dan mual

– 24 ibu bebas dari mual muntah meskipun beberapa tahap.

– 1. Ibu gagal.Simon & Schwartz (1999) merekomendasikan penggunaan hipnosis dalam morning sickness menyebabkan kehamilan lebih nyaman dan janin sehat serta mencegah hiperemesis gravidarum. 

Hypnosis dapat digunakan untuk mengurangi resiko SC.

– Hypnosis dalam persalinan/ hypno-birthing membantu menurunkan hipertensi hingga 50%

– Membuat kala I lebih pendek 2-4 jam

– Menurunkan resiko SC

Hypnosis membantu mencegah dan menyembuhkan Depresi Post partum

Banyak ibu yang tenyata tidak siap untuk perubahan, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang signifikan bahwa dengan hypnosis dapat mencegah dan mengobati depresi post partum.

 Hypnosis membantu meningkatkan Fertilitas

Hasil penelitian dari Poehl et al (1999) menyatakan 56,4% wanita yang menerima terapi psikologis (hipnoterapi, psikoterapi, dan relaksasi) merekomendasikan bahwa terapi psikologis harus menjadi aspek “penting dari IVF.” Gravitz (1995) menemukan tingkat keberhasilan 100% pada sebuah studi terbatas menggunakan hipnosis pada ‘infertilitas fungsional’.

 

Brikut beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan : 

Belajarlah untuk mengendurkan otot Anda saat melahirkan.

Tenang adalah hal yang paling bijak yang harus Anda lakukan saat bersalin. Tapi apa yang harus Anda lakukan untuk membantu kemajuan persalinan Anda adalahsantai /rileks. Saat Anda Bersantai maka semua otot-otot lain tetap rileks, sementara hanya otot rahim anda saja yang berkontyraksi. Ini akan memudahkan Anda untuk tetap santai dan mempercepat kemajuan persalinan. Jika ada ketegangan di mana saja di tubuh anda, terutama di wajah dan leher, ketegangan ini akan menyebar ke otot-otot panggul yang sebenarnya perlu tetap longgar selama kontraksi. perubahan kimia dalam sebuah otot, kelelahan akibat ketegangan sebenarnya menurunkan ambang nyeri otot, dan Anda lebih menyakitkan. Ketika otot-otot ketat melawan, kontraksi tanpa henti akan memaksa rahim Anda, hasilnya adalah rasa sakit. Lelah otot segera menyebabkan pikiran yang kelelahan, meningkatkan kesadaran Anda tentang rasa sakit dan mengurangi kemampuan Anda untuk mengatasinya.

Belajarlah untuk bersantai untuk menyeimbangkan hormon Anda untuk lahir.

Ada hormon membantu persalinan Anda berlangsung secara efisien. hormon adrenal (juga disebut hormon stres) memberikan tubuh Anda kekuatan ekstra yang dibutuhkan dalam situasi-situasi yang memerlukan upaya yang luar biasa, seperti mengejan juga prose persalinan. Hormon ini sering disebut sebagai “fight or flight” hormon, dan apakah ada perlindungan tubuh. Selama persalinan tubuh Anda membutuhkan cukup hormon stres untuk membantu Anda mengejan, tapi jika hormon ini di prosuksi terlalu banyak yang tubuh justru akan membuat Anda menjadi gelisah dan tertekan, menyebabkan pikiran dan otot untuk bekerja tidak efisien. hormon Stres bahkan mungkin mengalihkan darah dari rahim untuk organ-organ vital dari otak, jantung, dan ginjal.

Tenang untuk meningkatkan endorfin.

Satu jenis hormon juga bekerja untuk Anda selama persalinan – dan secara alami menghilangkan rasa sakit-hormon, dikenal sebagai endorfin. (Kata ini berasal dari endogen, yang berarti diproduksi di dalam tubuh, dan morfin, kimia yang menghalangi rasa sakit). Ini adalah narkotika alami tubuh Anda, membantu untuk bersantai Anda ketika Anda sedang stres dan menghilangkan rasa sakit ketika Anda sakit. asisten fisiologis tenaga kerja ini diproduksi dalam sel saraf. Mereka melekat pada situs reseptor rasa sakit pada sel saraf, di mana mereka menumpulkan sensasi rasa sakit. latihan berat meningkatkan kadar endorfin, dan endorfin memasuki sistem anda secara otomatis selama latihan berat tenaga kerja, selama Anda tidak melakukan apapun untuk memblokir mereka. dengan Bersantai akan memungkinkan hormon pereda sakit alami inibekerja untuk Anda. Ketakutan dan kecemasan Anda dapat meningkatkan tingkat hormon stres dan melawan efek santai endorfin. Endorfin merangsang sekresi prolaktin, yang santai dan “ibu” hormon yang mengatur produksi susu dan memberikan dorongan psikologis terhadap kenikmatan ibu. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat endorphin dapat dipicu dengan tertawa.

Bernapas dengan rileks

cobalah untuk rileks, tarik nafas panjang dan hembuskan sambil melepaskan semua beban/pikiran, bisa dibantu dengan mengitung 1-3 saat mengambil nafas, demikian halnya saat menghembuskan nafas. Lemaskan otot mulut dan rahang anda, semakin lemas maka otot vagina pun akan melemas, sehingga mempermudah pembukaan. tetap tanamkan afirmasi positif bahwa persalinan ini berjalan cepat, lancar, tenang, dan nyaman. Ibu yg merasa tenang saat persalinan dan bernafas secara rileks akan membantu memasukkan oksigen ke dalam tubuh yg berpengaruh pada kondisi janin agar tidak kekurangan oksigen. Dan jangan lupa berdoa selama proses kehamilan. Karena seberapa besarpun usaha anda, yg menentukan adalah Allah.

Source : bidankita.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s