Cara Mudah dan Lancar Melahirkan

 Siapa yang tidak ingin melahirkan dengan lancar?

Saya yakin pasti semua ibu menginginkan hal ini.

Nah untuk mencapai hal tersebut sudah selayaknya anda mengupayakannya. Karena saat proses persalinan, ibu yang mampu bekerjasama dengan tubuh, bayi dan mmapu memanfaatkan gravitasi, maka bayi memiliki peluang bagus untuk idealnya posisi tubuhnya selama 6 minggu terakhir sebelum tanggal hari perkiraan lahir yang diharapkan.

 

  1. Otot, ligamen, dan sendi harus tetap seimbang!
  2. Gunakan teknik balancing tubuh yang dinamis
  3. Secara teratur Ambil posisi condong ke depan
  4. upayakan lutut lebih rendah dari pinggul
  5. Tetap gigih dan semangat!
  6. Gunakan bola kelahiran, sesering mungkin.
  7. Ketika duduk di sofa, kursi atau di jok, tempatkan bantal di bawah bawah Anda dan punggung bawah dalam rangka agar Anda duduk lebih tegak. Sesering mungkin gunakan posisi tailor sitting.
  8. Saat Nonton TV atau membaca sambil duduk di kursi ruang makan, atau menghadap ke belakang di sandaran kursi, atau berlutut di lantai bersandar pada bola persalinan di depan Anda, tumpukan bantal lantai, atau bean bag, atau berlutut di sofa atau kursi bersandar di atas lengan atau punggung.
  9. Ketika beristirahat atau tidur, upayakan selalu miring * Catatan: Efek Gravitasi berbeda ketika ibu posisi tidurnya setengah miring tau miring total.
  10. Luangkan waktu sedikitnya 20 menit 3x/hari untuk goyang panggul atau hula atau goyang inul.
  11. Rajin mengepel lantai sambil jongkok atau merangkak, atau melakukan tugas-tugas lain yang memerlukan posisi merangkak lebih banyak, selama 2 minggu terakhir sebelum persalinan (bukan hanya untuk beberapa menit, namun setidaknya selama 20-30 menit).
  12. Berenan/   mandi air hangat mampu mendorong bayi untuk “berguling”.
  13. Upayakan selalu memvisualisasikan bayi dalam posisi yang benar dan berbicara dengan bayi tentang hal itu untuk bergerak.
  14. Selesaikan ketakutan emosional dan trauma Anda dan rajin lakukan hypnobirthing
  15. Akupunktur, akupresur, perawatan chiropractic, homeopati, myofascial (diafragma) rilis, Rebozo, dan latihan yoga jenis dapat digunakan sesuai kebutuhan.

HINDARI:

  1. Perjalanan panjang di mobil dengan jenis kursi sedan, posisi semi-berbaring, memungkinkan lutut lebih tinggi dari pinggul, (ini akan memperbesar kemungkinan bayi memasuki panggul dalam posisi oksipital-posterior)
  2. Duduk dengan kaki menyilang (menurunkan jumlah ruang di bagian depan panggul, dikombinasikan dengan semi-berbaring, bayi “tidak memiliki pilihan lain kecuali berbaring ke arah belakang atau posterior pinggulnya … besar kemungkinan bayinya akan tetap occipito- posterior dan masukkan pinggir panggul dalam posisi ini.”)

Untuk membantu bayi masuk ke posisi untuk melahirkan termudah Anda harus selalu Ingat, dalam rangka untuk memposisikan janin dalam posisi yang optimal dan sesuai dengan jalan lahir, gerakkan Ibu! Terus-menerus mengingatkan ibu untuk memberikan bayinya ruang yang dibutuhkan dan diperlukannya.

  • Biarkan dia bergerak secara naluriah, terus untuk mengubah posisi. (Epidural menghambat gerakan naluriah.)
  • Upayakan ketuban tetap utuh.
  • Upayakan panggul tetap terbuka lebar.
  • Gunakan gravitasi
    • Merangkaklah selama setidaknya 30-45 menit, sebelum masuk kedalam panggul dan enggaged/terkunci, sehingga memungkinkan reposisi kepala bayi, gravitasi memungkinkan bayi untuk mundur dari panggul, memutar dan melenturkan sebelum kembali –masuk panggul lagi. ##CATATAN: Efek Gravitasi berbeda ketika posisi ibu tidur miring atau setengah duduk
    • Berdiri dan bersandar ke depan, ini akan mampu membantu memperbesar inlet panggul, dan posisi janin dapat sejalan dengan inlet panggul, dapat memicu fleksi pada kepala janin, dapat meningkatkan rotasi terutama bila dikombinasikan dengan bergoyang
    • Berlutut, bersandar ke depan dengan dukungan/penyangga dari tempat tidur, bola, mitra/suami.
    • Goyang panggul, tulis nama bayi dengan panggul, membantu kepala untuk memungkinkan rotasi dan sesuai dengan panggul.
    • Bersandar dan duduk di atas bola persalinan : pinggul berputar di atasnya dan bersandar di tempat tidur, meningkatkan keselarasan perubahan panggul dan memanfaatkan gaya gravitasi.
    • berdiri asimetris, berlutut, dan duduk, meningkatkan diameter panggul, tulang paha ditinggikan bertindak sebagai tuas menciptakan lebih banyak ruang pada sisi panggul bagi bayi untuk memutar
    • Menari Lambat, perubahan berulang pada sendi panggul mendorong bayi untuk memutar dan turun
    • Abdominal lifting, untuk membantu menyelaraskan sumbu panjang bayi dengan sumbu inlet panggul
    • Rebozo, atau melakukan posisi cat cow position dapat meningkatkan kemungkinan bayi akan memutar
    • Naik turun tangga membantu keselarasan perubahan sendi panggul
    • Berjalan merangkak ke belakang dan ke depan pun bisa membantu meningkatkankeselarasan gravitasi dan perubahan panggul
    • Akupresur, rocking, bergoyang, jongkok berdiri, dan gerakan ritmis, dapat mengubah hubungan antara bayi, panggul, dan gravitasi membantu rotasi dan penurunan kepala.

Nah semoga bermanfaat^^

Source : http://www.bidankita.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s