Dear Our Amazing Son <3

mmmhhh…hari ini pengen crita2 soal kamu nak^^..anak yg ke-3..WOW udh ke-3..yg ptama dan kedua mana???? nti dicritain di tulisan brikutnya…tapi kalo ditanya orang..udah brapa anaknya..insyAllah yg skarang  bunda kandung anak ke-3 ^^ they are all my angel and i love them so much❤

ga kayak anak ptama n kedua yg dah ketauan dari hamil 6 minggu..yg skarang baru ktauan stelah umurnya 11 minggu *0* di awal2 kehamilan yg “ga brasa lagi hamil itu” ..bunda ngerasain pusing hebat, badan pegel2, mual, n kembuuuung mulu perutnya…krna ga tau lg hamil,,bunda minum obat2an warung buat ngurangin sakit yg datengnya barengan itu (huhuhuhu maap nak T,T ) pusing bunda minum paramex,,pegel2 minum oskadon SP, kembung minum antangin ..karna bunda pikir masuk angin T,T lagi awal2 hamil itu jg bunda harus ngurusin Ayah buat bolak-balik Sumedang karna harus berobat dan oprasi indung toksoplasma (soal tokso ini juga bakal di critain di tulisan brikutnya :D) …slaen itu bunda jg harus ngurusin Tante Ila (adek bungsuku) yg sakit n brobat ke dokter…maklum anak bontot jadi manja banget ..slama 2 hari berturut2 bolak-balik jkt-tangerang bediri gencet2an di bis..rasanya badan dah ga karuan n sempet kluar darah yg bunda sangka darah haid , krna emg dah 1 bulan lebih bunda ga dapet2 haid…jadi bunda pikir haid n smua rasa di badan yg serba ga enak , cuma bawaan wanita2 pas PMS 

udah mule curiga kenapa ga dapet2 haid 2 bulan, kecuali keluar darah pas anter Tante ila berobat itu…akhirnya beli test pack ..ptama beli yg murah dlu n hasilnya pun rada2 ngambang..maklum test pack murah..hasil test pack itu nunjukin satu garis merah tebel dan 1 garis merah tapi blebeerrrrr…jd dikiranya cuma rembesan air pipis bunda aja yg bkin kayak gitu ..akhirnya bunda n ayah mutusin buat buat nunggu seminggu lagi buat test pack berikutnya…

seminggu kemudian,, karna pengen hasil akurat…skrang beli test pack mahal “sesitif” yg katanya sensitif juga ..dan hasilnyaaaa 2 garis merah tegas..it means… i’m PREGNANT …rasanya haruuuuu banget nak..akhirnya setelah berjuang melawan tokso 2 taun dengan riwayat keguguran 2 kali dalam setahun, yg sama skali ga mudah…alhamdulillah Allah ngasih kesempatan lagi…tapi tiba2 langsung ngerasa salah krna slama ini udah dibawa cape n pernah minum obat warung…n keinget darah yg kluar pas urus tante ila ke dokter,,itu brati flekkkkkk >,,,,,,< langsung deg2an lagi…berdoa..Ya Allah aq mohon berilah aq kesempatan kali ini…berilah kami kepercayaan untuk amanahmu ini…amin,.pasrah semua bunda serahkan sama Allah…dan untuk meyakinkan n krna ingin yg terbaik ,,tanggal 3 Desember 2012 qta periksa hamil ke Hermina Tangerang…seinget bunda terkahir dapet..hari pertamanya awal September n tebak2an sepertinya tanggal 7 September 2012 itu brati insyAllah kalo kamu sehat nak..brati udah 12 minggu (itung2an dari hasil pengalaman anak ptama n kdua) WOW 12 minggu…udah hampir lewat semester 1

pas pertama kali dateng langsung registrasi trus cek timbang badan dan tensi..wow berat badan bunda udah 52,7 kg T,T dulu2 pas belom hamil cuma 48-50 kg kkk tapi tensi normal 110/70^^ nunggu deh qta dr mule dateng pagi jam 9 baru bisa masuk ke ruang dokter jam 1an..ckckck salut nih 1 pasien hampir setengah jam lebih

dan  akhirnya diperiksa deh sama Dr.Dessy ..deg2an banget takut kenapa2… bgitu masuk Dr.Dessy cuma bilang ‘selamat siang’ trus ngobrol2 dikit…baek n ramah bgt niy dokter..dokter nanya anak kebrapa dll…dan aq bilang anak ke-3 karna sebelumnya bunda keguguran dan kuret 2 x karena tokso..trus Dr.Dessy langsung nanyain kondisi status tokso bunda sekarang..Alhamdulillah pas bulan Agustus sempet tes tokso , dan hasilnya udah negatif …lalu oleh Dr.Dessy langsung disuruh tiduran di tempat USG (kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..trauma banget jujur) >,<..akhirnya sambil deg2an tapi pasrah…bismillahirrohmanirrohim…jleb..kliatan di layar USG sosok mungil  kamu nak lagi gerak2…sesaat langsung brasa lega n nyebut Alhamdulillah (rasanya haru banget) dedek sehat banget kata dr.Dessy..air ketuban bagus…usianya 11 minggu 1 hari dan diperkirakan lahir 23 Juni 2013 , panjangnya 4,4 cm…di layar kliatan lincah banget >< kyk ngerti lagi di liat ayah bundanya…kamu bolak-balik in badan lincah…gerak2 ke kanan kiri kayak maen prosotan..n ga lama,, yg sempet bkin mata ayah n bunda terbelalak “DEDEKNYA SALTO” subhanallah…alhamdulillah…bunda bisa liat ada jantung kecil yg lg berkedip2 tanda kalo jantung normal berdetak…Alhamdulillah ternyata kamu anakku..anak yg kuat..stelah dipake cape2an n minum obat warung…smuanya berjalan sehat…dan mudah2an ga bawa pengaruh apapun sama kamu pas lahir nanti…amiiin…selese di USG ,,dr dessy yg amat sangat recomended ini ngasih saran2 n penjelasan yg detail banget …krna bunda bawel n banyak pertanyaan,,dokter dessy slalu ngasih jawaban yg memuaskan..bunda diminta buat tes TORCH + ACA skali lg..dan dikasih penguat kandungan..slese deh konsultasi ptama..abis slese dokter,,langsung diarahin ke bidan pendamping..bidan novi namanya…lagi2 dikasih saran yg bagus2 soal makanan n pemeriksaan brikutnya…puassss banget jujur di hermina ini…bunda jg dikasih no hp dokter dessy n bidan novi,,katanya kapan aja or ada pertanyaan apa aj mreka siap digangguin (JEMPOL!!!)….slese sama bidan novi..qta bayar semua + tebus resep penguat kandungan…biaya konsultasi dr.dessy cuma 110rb (termasuk murah untuk ukuran RS sebesar Hermina) yg mahal biaya USG + print 225.000 ditambah obat penguat kandungan dan pengurang kontraksi 2 macem n cuma bunda tebus separo ini 150rb..total 485rb ..(glek) angka yg mnurut kami cukup besar buat skali priksa…tapi seneng luar biasa sama brita gembira ini..hasil print USG kamu qta foto n langsung dipajang di dp BBM n dimana2 di upload kkkkk…trus qta cek ke lab soal harga2 tes TORCH + ACA yg bisa mncapai 2-3 jutaan..wowwwwww…..

Jati Uwung-20130401-00060

Our Amazing Son ^^ He’s you

Panjang 4.4 cm, 11 minggu 1 hari, HPL 23 Juni 2013

Bunda yg semula niat cari kerja lagi stelah pindah ke Tangerang,,langsung menolak tawaran kerja yg sbenarnya udah dinyatain ditrima..cuma karna ga mau keulang pengalaman di anak ptama n kedua…bunda mutusin buat jadi Ibu Rumah Tangga ..fokus hanya untuk anak n suami…bertekad membesarkan kamu dengan tangan bunda sendiri.,,,kasih syang bunda sendiri…bukan diserahin ke baby sitter atau pembantu…bunda ingin mendampingi kamu anakku di stiap perkembanganannya..ngasih stimulus, kasih sayang, dan semua hal terbaik untuk kamu…ingin membentuk karakter terbaik di diri kamu..bunda putuskan mungkin hanya akan mengambil s2 stelah kamu cukup besar n ambil kesempatan jadi dosen setelah kamu cukup besar nanti (dosen/guru adalah profesi mulia menurut bunda ,,krna ilmunya bakal dipake turun-temurun oleh anak didik qta..dan bisa jadi amal jariyah qta..tabungan akhirat)

Setelah menimbang2 kondisi ayah n bunda sekarang dimana sumber dana hanya dari Ayah ditambah sdikit2 dari Online Shop bunda..akhirnya qt bedua mutusin buat nyimpen duit yg ada buat melahirkan, aqiqah, dan biaya2 sekolah kamu sayang…dibandingkan membayar smua “kemewahan dan kenyamanan” yg bunda peroleh dr rs besar spt Hermina…sdangkan priksa hamil cukup di bidan/puskesmas/rs bersalin aja…bidan/dokter di puskesmas/rs bersalin juga banyak yg bagus kok..slaen itu ilmu pangan n gizi buat kebutuhan nutrisi kamu udh amat sangat qta kuasain n bunda bertekad belajar smua hal yg berhubungan dengan “kecerdasan anak” sendiri n dari pengalaman orang2…ditambah udh ada pengalaman dari kehamilan pertama & kedua..layanan di hermina emg sangaaaaaat memuaskan ,,tp qta bedua adalah pasangan yg berorientasi pada masa depan dan investasi…smua lbh baek qta simpen buat kamu nanti…buat masa depan kamu..tes lab pun karna tokso n torch udah negatif, jadi qta putusin ga akan mengulang tes TORCH n hanya akan tes ACA (kekentalan darah) krna khawatir ada penyumbatan di plasenta, jadi oksigen n nutrisi yg bunda kasih buat kamu sayang ga tersalurkan karna kentelnya darah bunda..jd kalo ada apa2 bisa langsung antisipasi…Alhamdulillah hasilnya pun bagus ^^

Jadi anakku sayang…kalo suatu saat kamu baca tulisan bunda,,ayah & bunda lebih memilih uang yg ada buat beli makanan sehat n bergizi buat kamu nak..memenuhi semua kebutuhan kamu..termasuk perlengkapan bayi mpe biaya sekolah kamu nanti…dan memilih buat ga menerima semua “kenyamanan dan kemewahan” yg ditawarkan rumah sakit besar…bukan karna qta super ngirit dan asal2an milih dokter..jgn salah lho ..bunda pontang-panting ke puskemas/ rs bersalin buat dapetin yg terbaik buat kamu, yg bahkan ada yg ga bunda peroleh di rs besar…wlopun bunda ngerasa ga nyaman…tapi bunda bahagia asal dedek bisa tumbuh sehat dan mendapatkan smua nutrisi, stimulus, dan kekebalan buat tumbuh kembang kamu nak^^ /peyuuuuuuuk/ 

stelah periksa hamil yg pertama…langsung punya jadwal tetep..makanan dan minuman mule dipilah2 mana yg boleh n bagus buat kamu …mana yg ga bunda makan sama skali…banyak makan sayur dan buah..ngehindarin pengawet, pewarna…sesedikit mungkin mengkonsumsi makanan instan ato junk food…hampir tiap hari ga pake make up dan ngejauhin smua hal berbau kimia…ga makan seafood mpe usia kandungan 14 minggu krna khawatir mercury ngeganggu pertumbuhan kamu nak…ga makan makanan setengah mateng n yg dibakar..krna khawatir parasit tokso berpengaruh ke kamu…semua serba mateng dan harus sehat

IMG-20130303-00005

tiap pagi bunda makan buah/kurma dan air putih kadang air zam2 kalo pas dapet dari eyang ^^ abis itu bunda beberes rumah dulu n siapin sarapan ayah..trus sarapan bareng ayah,minum vitamin dari dokter >< bunda juga selalu WAJIB sholat dhuha minta rezeki sama Allah dan bersyukur karena dah punya kamu nak di perut bunda,,,selesai dhuha bunda ajarin dan bisikin berulang2 di deket perut bunda huruf hijaiyah/abjad..1 hari 1 huruf…mudah2an kamu nanti bisa jadi anak yg sholeh dan jadi penghafal Alqur’an ya sayang…dah gitu bunda ngaji deh…surat2 yg biasa bunda ngajiin : 

– Surat Yusuf (supaya kamu punya keindahan paras,hati dan akhlaq seperti nabi Yusuf as)

– Surat Maryam (supaya kehamilan dan proses persalinan bunda nanti dimudahkan Allah)

– Surat Arrahman (supaya kamu jadi anak yg penyayang dan bersyukur)

– Surat Almukminun (supaya kamu jadi anak yg beriman)

– Surat Luqman (ada banyak nasihat2 baik dalam surat ini sayang)

selesai baca Alqur’an, bunda bacain buku cerita nak..tentang nabi dan Rasul Allah..tentag malaikat juga…ya walopun bunda tau kamu belum bisa merespon, tapi insyAllah smua yg baik2 bisa terekam di otak kamu nak…selesai baca buku cerita bunda nyanyiin deh lagu anak2 biar kamu jadi anak yg cerdas…

Tiap abis sholat bunda slalu berdoa buat kamu nak…supaya Allah ngasih smua kebaikan buat kamu ..sehat..bisa tumbuh jd anak yg pintar, cerdas, sholeh…mudah2an jadi pemimpin yg bijaksanan nantinya…dipenuhi rezeki, berbakti sama orang tua…jd anak yg mau berbagi dengan sesama…anak yg tenang dan slalu positif …dilindungi dari kemudharatan …amin…

musik klasik juga bunda dengerin ke kamu nak kadang lewat headphone di perut tapi seringnya denger bareng2..karna kalo qta rileks…bisa ada hormon endorphin yg dikeluarin so bisa ngerasa nyaman jg deh di rahim bunda ^^ biasa bunda lakuin abis mam siang…tapi kalo pas ntn tipi jg kebanyakan denger musik2 c..ga mesti musik klasik ;p

relaksasi hypnobirthing dilakuin rutin tiap hari…walopun baru belajar dr bulan ke-7 tapi rutin tiap hari dipandu CD dr buku hypnobirthing…buat daoet ketenangan jiwa dan brasa rileks , ga stres..sambil masukin afirmasi2 positif buat kamu sayang,,,biasa bunda lakuin di pagi ato siang hari

semua gerakan senam hamil dilakuin ga hanya pas ikutan senam hamil di kelas di Hermina…tapi rutin tiap pagi abis sholat Subuh…olahraga kaya jalan kaki ato berenang bareng ayah juga dilakuin…tergantung jadwal si ayah kkk..

Nah malem sebelom bobo, mule ngajak maen kamu lagi deh pake senter…maen terang dan gelap…buat stimulus indra penglihatan dedek….sebelom bobo didengerin murottal qur’an…biar adem…n kamu jadi tenang…

semua stimulasi yg bunda kasih buat kamu sejak kehamilan 12 minggu…bunda lakuin seperti semua yg ada di artikel2 ini nak ^^ https://sweetlikestrawberry.wordpress.com/2013/04/02/stimulasi-untuk-jagoanku/ stimulasi suara lewat omongan2 bunda dan cerita2 tentang malaikat dan nabi…stimulasi indra peraba lewat sentuhan dan elusan2 sayang bunda ke kamu…stimulasi indra penglihatan lewat cahaya senter…termasuk stimulasi lewat musik2 mozart dan musik2 laen yg nenangin diri…n yg paling ga bisa lepas kebiasaan bunda adalah ngelus2 perut n ngajak ngomong kamu wlopun itu di depan org banyak kkk…sering diliatin org mungkin disangka gila hehe…tapi smua yg terbaik…buat kamu nak ^^

oia bunda sempet stres karna rumah qta kebanjiran sepaha atas ,,deg2an tiap ujan gede tkut banjir..pernah pas banjir tinggi bunda sendirian di rumah,,,aer masuk ke rumah makin tinggi..untung ada Tante Lizna yg bantu angkutin barang ke tmpat tinggi n ayah langsung buru2 pulang krna khawatir sama bunda dan kamu…kasian ayah beberes rumah hampir stngah hari ngeluarin aer banjir dan lumpur dr rumah,,,beberes mpe rumah bisa bersih lagi,,,bunda ga boleh ngapa2in cuma bisa bantu dkit2 yg ringan2…krna khwatir ngaruh ke perkembangan kamu nak

semua berjalan lancar alhamdulillah ..masuk ke minggu 13 bunda mulai ngerasain gerakan2 kecil kamu…geli rasanya ..kayak ada ikan lagi berenang di perut bunda…AMAZING >< tapi bunda harus ngalamin mual dan pusing yg amat sangat hebat di mpe minggu ke-15…tiap duduk/bediri langsung mual hampir muntah..tapi bunda tahan supaya makanan yg masuk bisa kamu serap nutrisinya…wlopun rasanya menderitaaaaaaa bgt…tp yg bunda inget cuma kamu…supaya kamu sehat , bunda harus makan…

Alhamdulillah masuk minggu ke-16 semuanya ilang ..rasa mual n pusingnya…malah ayah ma bunda sempet dikejutkan sama nongolnya salah satu anggota badan kamu di perut bunda…lucu banget…gemes….lama mungkin sekitar 5 menit..ayah n bunda langsung elus2 kamu dan ngajak ngobrol,,,ayah cium perut bunda,,,terharu banget rasanya

di bulan keempat ini juga eyang dan engkong nge-gelar pengajian 4 bulanan kamu nak…mendoakan yg terbaik buat kamu,,,waaah banyak yg sayang sama kamu…

gerakan2 kamu makin kerasa di minggu2 berikutnya….gerakannya lebih aktif pas didengerin musik atau pas bunda ngaji ato didengerin murottal Al-qur’an…pas ngajak ngobrol jg bergerak2…apalagi pas dielus2…ayah juga tiap pulang kantor …tiap nnton tv slalu ngelus2 perut bunda n kesenangan kalo kamu dah mule nonjok/nendang perut bunda…seneng juga tiap kali ngerasain detak jantung kamu.,.,.,hari2 ayah n bunda diisi dengan rasa bahagia punya kamu nak <3 

di bulan ke-6 kehamilan bunda..bunda mule ikut senam hamil lho….kkk ternyata senam hamil boleh diikutin mule dari bulan ke-7 ..dibilangin bunda terlalu rajin hahhahaha…krna pengen smua buat kamu yg sempurna…bunda kebanyakan googling dan cari tau yg baek apa aja yg dilakuin pas lagi hamil heheh…cerita2 soal senam hamil ada di tulisan bunda yg laen^^ https://sweetlikestrawberry.wordpress.com/2013/04/05/aku-dan-senam-hamil/

…selaen senam hamil…bunda juga berenang…katanya olahraga yg paling aman buat ibu hamil adalah berenang..jadi deh bunda berenang sama ayah…lucu rasanya berenang dengan perut buncit…tp seneng krna bisa ngabisin waktu bareng ayah & kamu nak

di bulan ke-6 bunda mule ngerasa deg2an n takut rasa sakit pas melahirkan dan khawatir bunda ga sanggup ngejalaninnya…denger crita temen2 yg normal mpe digunting dan dijait..sakitnya nunggu bukaan lengkap dari pembukaan 1-10..sakitnya diinduksi…lemes..keabisan tenaga…mpe yg cesar juga ada yg lama pulihnya bahkan mpe bertahun2 ga ilang2 sakitnya…wowwwww jujur bunda sempet down n nyuekin kamu nak,,,kena syndrome takut melahirkan dan sempet nyuekin…mpe khirnya bunda nemuin hypobirthing…bunda baca buku nya tentang ” mencerdaskan anak sejak dalam kandungan’ dan “melahirkan tanpa rasa sakit” ..

akhirnya bunda mule ngelakuin latihan relaksasi mendalam , msukan sugesti2 positif ke pikiran bunda tentang kehamilan dan melahirkan…dilakuin dengan bimbingan CD dari buku yg bunda beli ..alhamdulillah,,,mule ngerasa tenang dan pasrah…dengan harapan supaya kamu bisa tumbuh sehat, sempurna, dan jadi anak yg cerdas…harapan supaya bisa ngelewatin proses persalinan dengan lancar, nyaman, rileks, tenang, tanpa rasa sakit yg hebat, dan berjalan cepet…amin…bunda putusin buat latihan relaksasi di rumah , tiap hari ngajak ngobrol dedek,,dan lucunya dedek slalu ngasih respon brupa tendangan di perut bunda tiap diajak ngobrol…lucuuuu….ga ikut pelatihannya..krna biaya pelatihannya bisa sampai 800.000 angka fantastis ..yg qta lebih pilih dipake buat kebutuhan kamu nak ^^ ada yg lucu pas dipriksa doppler waktu senam hamil,,,dedek dicariin kemana2 ma bidan ga ktmu, mugkin lagi bobo ato pas tengkurep…akhirnya aq ajakin ngobrol dedek “nak…balik sebentar ya badannya,,mau dipriksa dlu jantungnya ma bu bidan,nti abis dipriksa boleh bobok lg deh…” abis itu aq taro tangan di prut dan langsung kerasa detak jantung dedek (yeayyyyy berhasil relaksasi aq slama ini)

ngomong-ngomong soal kebutuhan,, eyang dah mule belanja perlengkapan bayi buat kamu mule dari bunda hamil 6 bulan lho hahahhaha eyang kamu ini semangaat banget nak…bahkan ga peduliin mitos yg katanya beli perlengkapan bayi dimule dr 7 bulan…tapi dari awal kehamilan emang bunda ga bgitu percaya mitos…lebih nyerahin smuanya sama Allah…sedangkan bunda dan ayah sibuk ngudek2 online shop lewat internet nyari box bayi, stroller, playmate, smua maenan2 stimulasi yg bagus buat kamu nak…mpe akhirnya qta mutusin buat coba nyari2 box bayi di toko meubeul di pasar anyar slesai senam hamil..dan alhamdulillah dapet box bayi kayu dengan harga yg cocok banget sesuai budget >< waaah…tuw box bayi bunda pajang trus …ngebayangin ada kamu gi bobo di dalemnya nak…ga sabarrrrrrrr

love_dedek

Oia sampe kehamilan bunda minggu ke-28…ini niy buku2 cek kehamilan dan foto USG kamu❤.. bunda cek kehamilan di rumah sakit bersalin..tiap bulan dilakuin cek oleh bidan dan USG sama dokter^^ kadang ditemenin eyang,,paling serign ditemenin ayah..suntik anti tetanus TT juga bunda lakuin di puskesmas (yg ga bakal pernah dianjurkan di RS besar, krna mreka beranggapan alat yg digunakan di rumah sakit udah steril,,padahal suntikan ini perlu banget supaya kamu ga kena tetanus nak), ga dilewatin juga tes HB ..tes tensi dan berat badan tiap bulan tiap kali periksa^^ alhamdulillah semua sehat dan normal

Jati Uwung-20130401-00061

This is you ^^

Usia kandungan 20 minggu 4 hari, berat badan kamu 400 gram^^

pas USG ini bareng eyang karna ayah gi kerja nak…aer ketuban ckup dan bagus…alhamdulillah

waktu periksa terakhir, pas usia kandungan 6 bulan…beart badan kamu udah sampe 777 gram …semuanya sehat dan normal…tapi hasil USGnya ga bunda print..tapi ada lho rekamannya^^

Jati Uwung-20130401-00063Jati Uwung-20130401-00064

Masuk bulan ke-7 ..bunda makin ga sabar ketemu kamu nak…tendangan kamu sekarang makin kerasa..kadang geli…kadang mpe ngilu ke ulu hati…tapi seneng banget tiap kali kamu bgerak..rasanya gemeeessss…tiap kali denger murottal atau pas bunda ngaji ,,kamu cenederung bergerak lembut, kalo denger musik klasik ..kamu nendang ke semua arah perut bunda atas, bawah, kanan, kiri…tiap didongengin cerita malaikat ato nabi pasti ngulet…kamu kalo dah ngulet, bunda geli rasanya…perut bunda kayak bergelombang…bagian atas dan bawah kayak ada yg nonjok…bahagia nak…bahagia banget >,< 

oia bunda juga dah mule bisa nguasain hypnobirthing…pikiran bunda jauh lebih positif, emosi bunda yg tadinya naek turun karena hormon, skrg jd lebih terkontrol…bunda pasrahkan smuanya sama Allah…bunda tanamkan afirmasi2 positif kalo kamu akan tumbuh jd anak yg sehat, sempurna, pintar, cerdas, tenang, positif, punya akhlak dan hati seperti Nabi Allah (amiiiin…)

Tiap baru bangun tidur, bunda relaksasi dengan narik napas panjang sambil masukin oksigen dan energi2 positif ke kamu nak…lanjut senam hamil..nungging2 biar kamu ga sungsang, kalo duduk juga sila tapi telapak kaki bunda ketemu…supaya kamu cepet masuk panggul sayang…abis senam hamil , mam buah & minum aer zam2😀 abis itu baru deh beberes…relaksasi mendalam bunda lakuin siang n malem ^^

Oia kamu juga dapet baju2 lucu dari tante iluy (red : Tante Lemak) , baju oshkosh garis2 biru ada bintangnya …lucu deh..satu lagi warna pink ada gambar es krimnya (hahahahah yg ini agak feminim) sama baju bola liverpool, kenapa liverpool karena om rendy (red: om lemak suka liverpool, n niat banget nularin virusnya ke kamu)…dapet baju juga lho dari Tante Lizna…baju MU …ini biar kembaran ma ayah ya sayang…ga sabar pengen liat kamu pake baju2 itu..

baju dedek

Kamar kamu juga udah mule dibersihin, semua perlengkapan dicuci bersih..rencana mau pesen bumper lucu buat tempat tidur kamu…udah psen softbook juga buat kamu belajar nti…rencana mau pasang pajangan2 huruf, angka, gambar, dll yg lucu2 buat di kamar kamu…semoga betah ya sayang…smua hiasan kamar dedek, bunda yg bkin lho

Buat periksa hamil berikutnya ayah dan bunda berencana buat USG 4D nak…pengen liat kamu lebih jelas..USG 4 D nya sama Dr. Bob Ichsan Masri di klinik Harmoni Obginozone Health Centre pas 32 minggu. Knapa USG 4D nya disana, selain karena murah cuma 150rb , sedangkan di Hemina  tempat laen bisa mpe 500-800rb…tapi murah bukan brati jelek lho..Dr. Bob punya pemikiran yg sangat pro-normal. Kalo ada yg mau melahirkan di dia n misal cuma punya uang seadanya, asal dikasih tau maks. 3 jam sebelumya…dia bakal nyari donatur ke tmen2 dia yg 1 pemikiran ma dia buat biaya mlahirkannya..ada yg lahiran normal nginep 3 hr di kliniknya cuma bayar sejuta, pdhal sebelumnya si ibu udah divonis secar oleh dokter sebelomnya ckckckkc…katanya dia kasian sama si janin, dia lahir ke dunia ga milih sapa ortunya…kalo bisa milih, dia pasti milih jd anaknya Sultan Brunei hahahah…semoga makin banyak org seperti Dr.Bob. 

Nah…dah niat deh dateng pagi2 karena saking banyaknya pasiennya…jadi lebih baek dateng sepagi mungkin..karena ayah masih kerja, jd pendaftaran bunda ditemenin tnte iluy..sampe sana jam stengah tujuh dapet no.antrian 12. Abis klinik dibuka, langsung deh di data n dicek tensi dan berat badan tiap bumil..seperti biasa tensi bunda normal tp berat bunda 58 kg *0* (naek sekilo dr trakhir timbang di Hermina). abis itu plg lagi ke kosan tante iluy, katanya c kemungkinan baru dipanggil sore wowwww bgt perjuangannya.

Sorenya bunda dateng ma ayah, karna no.antrian dah kelewat, terpaksa nunggu 3-4 pasien br bs masuk…baru bisa ketemu dokternya jam stengah 5 sore..dan sambil di USG dokter bob niy sambil ngoceh…bunda n ayah sambil sibuk ngeliatin kamu di tv depan bunda, diitung jarinya ada 5 (kaki n tangan), diliatin mata, idung, mulut, telinga, kepala, perut, alat kelamin, tangan, kaki, alhamdulillah lengkap semua >,< lucunyaaa ngeliat tangan kamu lagi nutupin muka,,dr. bob bilang buat bumil ga perlu minum susu hamil, udah cukup dari makanan sehari2, dia bilang nenek moyang qta jg belom ada susu kyk skrg, tp anaknya pinter2..dia jg bilang mata minus kayak bunda bisa mlahirkan normal maksimal berat dedek 3,5 kg..jangan tunggu sampe 40 minggu krna ketuban dah kering n berat dedek pasti dah wow banget,,sring2 jalan banyak gerak supaya dedek bisa lahir sebelom 40 minggu. enak banget konsul ma dr.bob wlopun ngomongnya cepet bgt,hampir sejam lho …ga krasa, beda sama dokter2 laen yg maen nutul2 aja pas usg ato konsul. selese konsul dikasih 3 print USG 2D perut, kepala, alat kelamin, dan plasenta + USG 4D 3 lembar (tangan/jari dan muka dedek) senengnyaaaaa *0*.

usg1

nah..itu cerita bunda soal USG 4D…skarang bunda lanjutin crita bunda ya…gimana perjuangan bunda buat komitmen kasih kamu ASI 2 tahun^^ bunda dan ayah ikut Klinik Laktasi di Hermina, sama dokter Emy..murah bayarnya cuma 53rb tapi banyak bgt ilmu yg didapet…bunda diajarin gimana proses pelekatan yg bner, posisi menyusui yg baek n yg ga dianjurkan,manajemen ASI perahan, solusi2 dari masalah2 menyusui..bunda disarankan buat massage PD bunda n dikompres dibersihin kotoran2 yang nempel di puting selama kehamilan, ayah juga diminta buat dukung bunda selama tahap menyusui^^ kalo ASI bunda belom keluar langsung stelah melahirkan, itu gpp krna dedek msh kenyang ma makanan2 yg bunda kasih selama di rahim..dah gitu lambung dedek msh segede kelereng, ckup asi sebanyak 1 sendok teh dah bkin dedek kenyang..jadi bunda ga perlu khawatir, yg penting sering2 ngasih nenen ke dedek, nti juga asinya keluar deres n jgn dijadwal kalo ngasih ASI, selapernya dedek aja ,,sebisa mungkin juga pas menyusui ngosongin 1 PD dulu, yg brikutnya baru ke PD yg satunya…kalo dedek keburu kenyang…sisa di PD diperah aja…ini dilakuin supaya dedek dapet foremilk (susu yg kaya laktosa, protein, dan air) spya dedek ga haus & hindmilk (susu kaya lemak yg bkin dedek kenyang) so bukan hanya kolostrum yg dedek dapet tapi juga susu mateng yg bagus buat pertumbuhan..trus bunda ga disarankan buat ngasih ASi pake botol dan empeng…krna kalo dah kenal botol/empeng,,dedek ga mau nenen lg di PD bunda yg tnyata proses lbh butuh usaha buat dedek dibanding botol..kalo dedek ga mau nenen lg, nti produksi asi jd kurang deh…bunda dan ayah konsul selama sejam. makasi ya dokter emy^^ enak bgt neranginnya..ilmu soal ASI jg bunda dapet dr ayahasi.org (@ID_ayahasi) semua materi soal ASI bunda rangkum di file sendiri, slaen searching di internet..Alhamdulillah ayah juga berniat dukung qta 100 persen sayang…ayah jg ikut blajar ^^ ayah sayang bgt lho nak sama qta…selama hamil ayah jadi ayah SIAGA (siap anter jaga) ayah hebat…ayah luar bisa❤

nah besoknya bunda priksa mata nak ke RS Sari Asih dianter ayaaah, karna bunda minus dan katanya bisa rawan buta/retina lepas pas lahiran normal…akhirnya check up deh..awalnya ditetesin cairan mata yg bkin kabur bgt pandangan bunda 2 kali tetes, abis itu dicek atanya ma dokter entah nama alatnya apa…tp lumayan rasanya perih ga karuan, dimasukin alat segede lensa kamera kecil hehe…dan alhamdulillah kekuatan retina bunda oke buat melahirkan normal, trus dicek juga kekuatan matanya…alhamdulillah bagus🙂 jadi bisa melahirkan normal…biayanya total 187rb..mudah2an bisa terwujud.

setelah check up lengkap semua baru deh bunda pulang ke cirebon siap2 buat melahirkan dedek >,< sampe di cirebon dianter ayah…sibuk deh langsung jadwal paddet hehe ngecek2 dokter yg oke buat melahirkan sama beli perlengkapan dedek. rencana mau melahirkan di klinik permata bunda sama dr.zulkifli, awalnya pgn konsul pas lg ada ayah di crb tapi dr.zul antriannya panjang mpe seminggu pasiennya dah full booked akhirnya terpaksa dilakuin pas ga ada ayah. dianter ma the eyangs, bgitu dipanggil bunda di usg..dokternya ramah, baek, sabar, n mukanya itu liciiiiiin kyk biasa kena aer wudhu…alhamdulillah sangat pro normal, bunda seneng bs dapet dokter spt dr.zulkifli. pas di usg, bunda ngeliatin di layar tv, dijelasin satu2 ketuban bagus, plasenta ada di atas n ga melilit di leher dedek…kepala bagus bentuknya, tangan 2, kaki 2, alat kelamin lengkap, susunan tlg belakangn rusuk rapih, jantung normal, kantong pipis dedek penuh artinya ginjal dedek berfungsi baek…alhamdulillah semua oke nak…disarankan sblom 40 minggu harus bisa lahir, minggu depan bunda bakal dipriksa dalem dan mau dilunakkin leher rahimnya ^^ wah konsulnya enak banget, jelas, sangat2 sabar jawab ptanyaan bunda n eyang yg cendrung normal. biayanya 125rb😀

nah soal belaja-belanji kebutuhan dedek brg ayah n the eyangs jg ga kalah heboh nak…eyang kakung cuma duduk aja, ayah bunda ma eyang uti yg keliling2 toko…duh nak pengen bunda beli smua, lucu2 banget…ga sabar bgt pengen ktemu dedek…belanja pertama abis 750rb..belanja kedua abis 300rb…wah ini belom termasuk box bayi 500rb n perlengkapan yg seblomnya the eyangs beli 400rban…belom yg belanja lewat online shop dah abis 300rb >< wowwwwwwww everything for you my baby

dedek

sampe rumah lgsg bunda poto2in hehehe ga sabar bundanya ketemu kamu sayang…buda cuci bersih pake sabun khusus bayi…botol2 ASIP jg dah bunda cuci n sterilin, jd begitu dedek lahir smua dah siap..semua peralatan n perlengkapan buat melahirkan dah siap di 1 koper plus pocari sweat (sengaja dibeli tkut ketuban pecah dluan, jd buat jaga2 supaya dedek ga kekurangan cairan) + UC 1000 (vit C dosis tinggi buat ngelancarin persalinan) + kurma (buat sumber tenaga selama persalinan) + minyak klelapa yg kata eyang bisa ngelicinin jalan lahir dedek + air zam2…dah siap smua..tinggal angkut ke klinik dr.zul

bunda jg dah blajar smua teknik napas, gerakan belly dance senam hamil buat ngelancarin pembukaan nanti, dah siapin jg laptop buat ngedengerin murottal pas nggu bukaan spya dedek tenang slama nggu bukaan,,dah siapin panduan n musik2 relaksasi supaya dedek tetep tenang n memperlancar pembukaan…semoga smuanya bisa dipake nti, mudah2an bunda kuat slama nahan mules/sakitnya…aminnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s