Yang BOLEH dan TIDAK selama hamil

ada banyak bangeeet mitos selama qta hamil…ada aja omongan the eyangs soal ga boleh ini…ga boleh itu…apa aja c yg boleh & ga boleh sebenernya >,< yuhuuuuuuuu let’s see

Makan daging kambing? #boleh kok… Kecuali yang punya masalah kolesterol krn si kambing ini kolesterol tinggi

Makan durian? #boleh asal ngga tiap hari 1 buah isi 10 biji khan? Kolesterol tinggi dan berlaku sebagai pencahar juga

Makan nanas? #boleh banget, malah nanas ini banyak vitamin yang baik untuk kehamilan. Yg gabole itu nanas muda 10 kilo sehari

Minum air kelapa di trimester awal? #boleh dan enakkkk.. Seger dan mengandung elektrolit tinggi yang baik untuk cairan tubuh

Makan sate dan steak? #boleh asal dagingnya mateng sampe dalem, krn daging yg blm matang bisa ada parasitnya loh.. Bahayaaa

Makan sushi atau sashimi? #boleh ASAL MATENGGGGGG.. gatau deh ada sashimi mateng ga sih??

Minum teh? #boleh walaupun berkafein tapi ngga besar.. Jadi sehair 1-2 gelas masih gapapa kok

Minum soda? #boleh tapiiiiiii sesekali aja deh karena ada gula buatan dan pengawet yang ga baik sama skali (hamil ataupun engga)

Minum es? Ya #boleh la yawwww… ga akan bikin bayi gede kok. Yang bikin gede itu kalo es-nya dikasih sirop atau gula sekilo

Ke salon buat creambath atau facial? #boleh ah.. Enak malah bumil bisa santai dan cantikkkk. Tapi kalo facial jangan pake bahan aneh2 ya

Pijit dan urut? #boleh asal bukan pijit dan diurut bagian perut yaaa.. Kalo bagian tubuh lain sih silahkannnn

Pake sepatu hak? #boleh kalo emang pengen dan kuat, tapi maksimal 3cm yah biar nggak nambahin beban di kaki yg menyebabkan varises

Menambal gigi bolong? #boleh banget malah harus loh.. Gigi bolong bisa menginfeksi rahim yg buntut2nya bikin ketuban pecah dini

Ngolesin badan pake minyak/balsem? #boleh lah… janin khan di dalem perut terlindungi banget, gakan berasa ikutan kepanasan deehhh

Makan pedes2? #boleh aja kenapa engga? Gabakalan bikin rambut si baby tipis.. Asal jangan kebanyakan aja ntar sakit perut :p

Berenang? #boleh banget justru sangat disarankan saat hamil berenang tuh bagus dan sehat sekalipun cuma nempel di pinggir gaya tutut

Minum obat sakit kepala? #boleh selama kandungannya hanya Paracetamol yah.. Ini yang aman buat ibu hamil, dan harus sesuai aturan pakai

Minum kopi? #boleh tapi jangan keseringan deh… soalnya kafeinnya khan lumayan tuh, bisa menghambat penyerapan zat besi buat si baby lho

Makan mpek2 dan bumbu cukanya? #boleh kok … tapi kalo ga tahan sama asem cuka-nya ya jangan dong, ntar sakit perut apalagi ada mag

Makan ikan laut? #boleh asal pilih ikan yg cenderung kecil-sedang yah, semakin gede ikan, mercury-nya tinggi. Jadi jangan makan ikan paus

Pake produk kecantikan wajah? #Boleh asal udah yakin kandungan krim2nya gada yg ber-merkuri.. kalo paraben emang banyak, ya udah dikit2 aja

Pake masker? #boleh biar kinclong… tapi lebih baik yg alami, kayak masker alpukat

Main sama kucing? #boleh asal yakin si kucing itu bersih rajin ke salon, meni-pedi supaya ga menularkan toksoplasma

Pake aromaterapi? #boleh asal aman buat bumils… contohnya aroma lavender atau sandalwood itu khan aman ga memicu kontraksi kayak jasmine

Pake koyo? #boleh kokkkkk.. Si baby ga berasa lahhhh jauh gitu :)

Berhubungan intim? #boleh asal hamilnya sehat dan ga usah pake manuver2 yang hebooooohhh… yg romantis dan lembut aja khan bisa :)

Minum obat mag bebas? Umumnya obat mag yg dijual bebas memang aman, jadi ya #boleh kok.. Tapi mending konsul dr-nya dulu dah

USG tiap bulan? #boleh kokkk tenang sajah. USG itu gapake radiasi, tapi gelombang suara .. Jadi amannnnn buat si baby yahhh (niy sempet terjadi perdebatan hebat ma the eyangs XDD)

Tidur terlentang? #boleh tapi jangan kelamaan ya, lebih baik miring kiri supaya suplai oksigen lebih banyak krn tdk menjepit pembuluh vena

Tidur pagi atau siang? Hah?? Kenapa ga boleh ih? Khan tidur enak dan bisa istirahat… mitos ya ibu2.. Jadi #boleh

Mandi malem2? Hadeuhhh sama aja ini mitos juga.. #boleh kok mandi malem2 asal ga ketiduran sambil berendem, nanti keriput

Potong rambut? Eits… jangan deh… jangan ragu2.. Persiapan biar cantik jelita pas foto lahiran nanti khan? #boleh bangeetttt

Naik pesawat? #boleh asalkan kondisi sehat dan disarankan trimester 2 aja, atau minta surat dokternya dulu yahhh

Pake blackberry/telepon genggam? #boleh lah, radiasi sinyal GSM/3G/GPRS itu sangat kecil dan aman buat manusia kok

Pake komputer ber wifi? #boleh juga kok.. Ini amannn.. Sama aja kayak sinyal yg dikeluarin oleh microwave kok

Ngelewatin metal detector di security gedung atau bandara? #boleh ini aman ga pake radiasi juga asal ga masuk mesin xray-nya. Ga muat

Naik motor? Selama nggak ada masalah sakit pinggang atau keluhan lain, #boleh kok tapi jaga postur biar nggak pegel ya

Berendem di bak mandi? Waaahhh enaknyaaa.. Boleh kok asal dijaga temperatur airnya maksimal 37 derajat ya biar ngga overheat

 sekarang bahas yg ga boleh ya ^^

Ngerokok? Sangat #gaboleh karena bisa menyebabkan cacat janin, prematur, ketuban pecah dini (baca aja deh di kemasan rokoknya)

Jadi secondhand smoker? Sama aja atuh #gaboleh .. Makanya disini kalo merasa perokok dan ngeliat bumil, matiin tu rokok atau telen asepnya

Alkohol? #gaboleh yah… kenapa min? Ya pokoknya bisa bikin bayi ga sehat aja secara keseluruhan.. Detilnya mah tanya dokter *ihihihi*

Ngecat rambut? Rebonding? Keriting? Pokoknya urusan rambut yg pake bahan kimia mending #gaboleh dulu yah takut masuk via pori2 ke plasenta

Makan kerang? #gaboleh dulu soalnya si kerang paling gampang menyerap merkuri diantara smua binatang laut. Apalagi di laut dangkal Indonesia

Gendong anak yang beratnya >10 kg? wedewww.. Bumil udah berat jangan ditambahin beban ntar gampang varises. #gaboleh yaaa

Menghirup bau cat atau lem? Ini sama aja teorinya membiarkan bau kimiawi mengalir di tubuh, ntar sakaw dong… #gaboleh dulu yak

Makan pake mayones? #gaboleh kalo mayones-nya dari telur mentah.. Kuatir ada salmonella lohhhh.. Yakinkan mayones-nya mateng dulu

Makan lalapan? #gaboleh kalo langsung dari pohonnya.. Cuci bersih dulu biar yakin udah kinclong yah, bahaya kalo ada parasit dan kuman loh

Makan tape singkong? Kalo yg ini #gaboleh soalnya hasil fermentasi yang sebenernya mengandung alkohol loh ibu-ibuuuu

Minum jamu kunyit? #gaboleh banget karena kunyit olahan yg udah jadi jamu gini bisa menggugurkan kandungan

Minum rendaman air rumput fatimah? Wew… bahaya banget nih #gaboleh ih..rasa kontraksinya terlalu kenceng bisa resiko robek rahim/pendarahan…rasa mulenya yg dahsyat daong yg berasa, pembukaannya ga nambah2

Rontgen pake mesin xrray? Sebaiknya #gaboleh dulu karena ada radiasi yg cukup tinggi. Tapi kalo kepepet, harus pake baju pelindung

Ngebersihin kotoran kucing? Resiko tinggi kena parasit toxoplasma dehhh… jadi#gaboleh dulu ya

Mandi sauna? Bumil itu udah gampang kepanasan, dan jangan sampe overheat jadi sauna ini #gaboleh dulu ya bisa bikin overheat

Deket2 dan menghirup pestisida? Well… ini khan racun, tau dong? Jadi gampang aja pokoknya #gaboleh.. Pake raket nyamuk aja

Olahraga berat? Lari maraton? Ebuset kalo pengen si baby jadi atlit olimpiade ga usah gitu2 amat kali.. Bumil #gaboleh over capek ya

Stress? Sebisanya #gaboleh karena banyak yg bisa terjadi ke bumil-nya (spt prematur) dan juga si baby

Pijat refleksi? #gaboleh dulu terutama yg <37w karena ada bumil yg titik2 akupresurnya sensitif dan gampang memicu kontraksi

Makan telor mentah yang katanya ngelancarin? Eeeeaaaalahhhhh itu awas ada salmonella-nyaaa #gaboleh yaa… stengah mateng jg jangan

Makan mie instant? Sebaiknya #gaboleh krn banyak MSG dan pengawet tuh, ga sehat sama skali. Kalo kepepet ya udah 1 aja sampe lahir
Megang kepala orang botak? #GABOLEH ntar marah! | Tapi khan lagi ngidam min… :( | ya udah botakin aja kepala suami sendiri
 semoga bermanfaat^^
Source : InfoHamil

One thought on “Yang BOLEH dan TIDAK selama hamil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s